Potensi Jadi Penghasil Retribusi, Uji Tera Terkendala Pegawai Fungsional

AMLAPURA-fajarbali.com | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karangasem terus berupaya mengoptimalkan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) dari sector uji tera ulang. Hanya saja, meski sudah memiliki Kepala Unit Pelayanan Terpadu (KUPT), Disperindag belum bisa melaksanakan uji tera di Karangasem lantaran belum memiliki pegawai fungsional khusus.

Kepala Disperindag, I Wayan Sutrisna, Minggu (4/4/2021) menyampaikan, keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) membuatnya belum bisa mengoptimalkan pendapatan retribusi dari sector uji tera ulang ini. Dikatakannya, saat ini pihaknya masih bekerjasama dengan kabupaten Buleleng dan Kodya Denpasar yang terlebih dahulu memiliki pegawai bersertifikasi khusus tersebut.

“Kita belum bisa karena masih terbatas dengan SDM, sementara kerjasama dengan kabupaten Buleleng dan Kodya Denpasar,” ujarnya.

Baca Juga :
Meningkat, 38 Orang Dinyatakan Covid-19, Satu Orang Meninggal Dinyatakan Terkonfirmasi
Bibit Pemain Sepakbola Nasional, Diharapkan Muncul dari Madenan Soccer Academy

Secara potensi, Kabupaten Karangasem memiliki potensi yang cukup besar sebagai salah satu pendapatan retribusi menambah pundi-pundi PAD. Selain ada galian C, uji tera ulang juga kerap dilakukan oleh truk tanki BBM.

“Truk pengangkut galian C kan ada,mereka harus melakukan uji tera pada timbanganya, termasuk truk tanki itu kan potensi untuk penghasilan cuma kita belum bisa melaksanakanya,” ujarnya lagi.

Prospek potensi untuk pendapatan retribusi cukup besar, namun pihaknya  belum menghitung pengeluaran yang harus disiapkan. Selain itu, sebagai kesiapan, pihaknya sendiri telah memiliki KUPT. Namun, yang belum ada yakni  fungsional tera. Pihaknya juga sudah mengusulkan untuk rekrutmen CPNS yang khusus memilki keahlian uji tera.

“Sudah kita usulkan dalam rekrutmen CPNS tahun ini,  sebelumnya sudah ada tetapi bertugas di OPD lain,” ujarnya lagi. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Rekrutmen Tenaga Guru Tidak Lagi Lewat CPNS,Diarahkan Melalui P3K

Sen Apr 5 , 2021
AMLAPURA-fajarbali.com | Tahun 2021 ini, Pemkab Karangasem berencana merekrut ratusan tenaga pendidik. Hanya saja, perekrutan guru tersebut tidak lagi melalui testing Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), namun diarahkan melalui rekrutmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjiaj Kerja (P3K). Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM),  I Gusti Gede Rinceg, […]