Pegawai Rutan Klungkung Dilatih Beladiri

Kerap bersentuhan dengan pelaku tindak pidana, pegawai Rutan Kelas II B Klungkung kini dibekali ilmu beladiri. Senin (27/11) sebanyak 20 pegawai Rutan dilatih beladiri oleh Satuan Binmas Polres Klungkung. Upaya ini diharapkan dapat menunjang kinerja seluruh pegawai Rutan.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Kasat Binmas Polres Klungkung, AKP. I Nyoman Suastana menyampaikan, pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan perorangan pegawai Rutan Kelas II B Klungkung. Lantaran kemampuan beladiri merupakan hal mendasar yang wajib dimiliki setiap pegawai Rutan Kelas II B Klungkung. Utamanya untuk menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari, karena pegawai Rutan kerap bersentuhan dengan para pelaku tindak pidana di dalam rutan.

Di samping itu, dengan kemampuan beladiri yang dimiliki, diharapkan pegawai rutan Kelas II B Klungkung dapat lebih merasa percaya diri dan mampu bila menghadapi suatu permasalahan yang memerlukan kegiatan fisik. AKP Suastana memaparkan, materi pelatihan yang diberikan yaitu berupa mempertahankan diri dari serangan pihak lawan dengan menggunakan teknik-teknik menghindar, menangkis dan bila perlu menyerang balik. Baik dengan tangan kosong maupun dengan alat untuk melumpuhkan lawan.

Selain beladiri, para pegawai Rutan juga dilatih bagaimana cara menggeledah badan yang benar. Pelatihan ini dilaksanakan selain untuk mempertahankan diri dari serangan lawan, juga untuk melindungi orang lain. “ Kemampuan beladiri bagi pegawai Rutan Kelas II B Klungkung sangatlah penting, karena melihat tugas dan juga ancaman di dalam rutan sangat tinggi,” ujarnya.

Latihan ini dilaksakan secara berkesinambungan dan bergantian, guna menciptakan pegawai Rutan kelas II B Klungkung yang profesional. “Melalui latihan beladiri ini, diharapkan anggota kami yang di bagian penjagaan maupun staf bisa lebih akurat dalam melaksanakan penggeledahan,” ujar Kepala Rutan Renharet Ginting. (dia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Klungkung Krisis Air Bersih

Sen Nov 27 , 2017
Berlahan-lahan dampak letusan magmatik Gunung Agung mulai dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Klungkung. Senin (27/11) jaringan gravitasi Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Klungkung terputus. Akibatnya, 15 ribu pelanggan PDAM di wilayah kota Klungkung mengalami krisis air bersih. Sebagai gantinya, PDAM akan mengoptimalkan sumur bor. Namun, karena kapasitasnya yang terbatas, para […]
BPD BALI