Longsor, 96 Warga Demulih Terisolir

Hujan lebat di Bangli membuat tebing berketinggian 20 meter, Minggu (31/12/2017) longsor.

BANGLI-fajarbali.com | Ambrolnya tebing ini juga menyeret tembok  rumah milik I Nyoman  Suryawan, warga Desa Demulih, Susut, Bangli. Lantaran tebing yang longsor merupakan jalan setapak, yang selama ini dimanfaatkan sekitar 96 jiwa penduduk ikut jebol, mengakibatkan warga tersebut kini terisolir.

Pantauan di lokasi,  ambrolnya tanah dan tembok rumah ini mengakibatkan gerase mobil milik pengusaha jamu tradisional I Wayan Widana hancur. Material tembok juga menimpa mobil korban sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah.  Masih beruntung lokasi dalam keadaan kosong sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Korban, Nyoman Suryawan, menuturkan, kejadiannya sekitar pukul 11.00, dimana saat kejadian  sempat terdengar suara gemuruh. Setelah dilakukan pengecekan, suara itu ternyata berasal dari banguannnya yang terseret longsor kemudian menimpa grease beratap seng  dibawahnya. “Saat kejadian memang tidak turun hujan, namun tiba-tiba tanah longsor. Kemungkinan ambrol tanah ini  akibat dampak hujan sebelumnya,”ujar Suryawan.

Dijelaskan, tebing diskitar lokasi bangunannya  memang sangat labil. Pasalnya, beberapa kali tanah sempat longsor namun ukuranya kecil. “Beberapa hari lalu tanah disebelah utara lokasi juga jebol,”jelasnya. Lanjut menambahkan, untuk mengatasi ambrol sebelumnya pihaknya telah melakukan pembetonan dan membuat anak tangga, yang dananya bersumber dari reses  mantan anggota DPRD Bangli IB. Santosa.  

“Nah jalan inilah yang kini ambrol,”ujar Suryawan. Terkait dengan kejadian ini, Suryawan berharap ada perhatian dari Pemkab Bangli. Mengingat jebolnya jalan ini membuat 12 KK menjadi terisolir. Karena tidak ada jalan alternatif untuk menuju rumahnya masing-masing. Kalau pun ada di sebelah utara, lokasi pemukinan itu adalah tanah milik orang lain sehingga masih memerlukan proses panjang. “Untuk membuat senderan membutuhkan biaya tinggi. Jadi kami sangat berharap ada perhatian pemerintah,”pintanya. (sum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Gianyar Kalah Jualan Paket Holiday

Sen Jan 1 , 2018
Akhir Tahun 2017 hujan dengan intensitas rendah terjadi di Kabupaten Gianyar. Seperti halnya Senin (1/1/2017), kawasan wisata Ubud diguyur hujan, padahal pagi harinya sempat cerah. Aktifitas di jalan raya di kawasan Ubud juga tidak terlampau padat dan karyawan penyedia jasa transportasi pariwisata terlihat duduk-duduk menunggu wisatawan. Beberapa restauran terdapat juga […]