Lawan Covid-19, Bupati Bangli Ajak Masyarakat Implementasikan Nilai-NIlai Pancasila

BANGLI-fajarbali.com | Nilai-nilai luhur Pancasila yang dirumuskan Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno harus diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, sebagai warga Negara Indonesia yang baik, tentu tidak boleh melupakan sejarah jaman dulu.


Sejarah itu harus diaktualisasikan dengan tindakan untuk mengisi kemerdekaan. Demikian ditegaskan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE usai memimpin upacara pengibaran bendera dalam rangka Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2021 di Halaman Kantor Bupati Bangli, Selasa (01/06/2021).

Karena masih dalam situasi pandemic covid-19, apel saat itu hanya diikuti oleh pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli. Menurut Bupati Sedana Arta, sebagai warga Negara Indonesia yang baik harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila yang terkandung mulai dari sila ke 1 sampai sila ke 5 sehingga Bangsa Indonesia tetap bersatu.

“Mari kita implementasikan nilai-nilai luhur Pancasila itu dalam kehidupan kita sehari-hari sesuai dengan swadharma atau kewajiban kita masing-masing,’ ujar Sedana Arta.

Baca Juga :
Tingkatkan Pengetahuan PHBS, Dinkes Bali dan Klungkung Gelar Pelatihan PKP
Pemkab Gianyar Peringati Hari Lahir Pancasila, Tantangan yang Dihadapi Pancasila Semakin Bera

Bupati asal Desa Sulahan ini juga menambahkan, nilai-nilai Pancasila yang digali dan digagas oleh Presiden pertama  Indonesia, bukan hanya sebagai dasar Negara Republik Indonesia, bukan hanya sebagai pemersatu Bangsa. Tetapi Pancasila adalah pandangan hidup bagi seluruh Bangsa Indonesia. Maka di situasi Covid 19 yang melanda kita semua, sebagai anak Bangsa harus mempererat persatuan dan kesatuan diantara sesama warga Bangsa Indonesia.

“Tanpa persatuan negara kita tidak akan kuat tetapi dengan persatuan Indonesia menjadi Negara yang tangguh. Kita yakini dengan bersatunya Negara Indonesia kita bersama sama akan bisa melewati pandemi covid-19 ini” tegas Sedana Arta.

Untuk itu, lanjut Sedana Arta, semangat hari lahirnya Pancasila ini hendaknya terus kita gelorakan di seluruh masyarakat Kabupaten Bangli, di kalangan ASN Pemkab Bangli untuk benar-benar bisa membawa Pancasila di dalam bekerja menjalankan tugas sebagai ASN.

“Pancasila bukan hanya diucapkan tetapi dilakukan dan dihayati. Untuk kalangan ASN Pemerintah Kabupaten Bangli harus tetap menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila di dalam menuntaskan program Pemerintah Kabupaten Bangli dan Visi Misi Kabupaten Bangli yakni Nangun Sad Kertih Loka Bali menuju Bangli Era Baru” pungkasnya. (ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Geliatkan Pariwisata Bali, BBTF Akan Digelar 8-12 Juni 2021 di Nusa Dua

Sel Jun 1 , 2021
Mangupura-fajarbali.com | Pameran perjalanan dan wisata internasional Bali and Beyond Travel Fair (BBTF), akan digelar Selasa (8/6/2021) hingga Sabtu (12/6/2021) di Bali International Convention Center (BICC), The Westin Resort Nusa Dua Bali secara luring maupun daring.
BPD BALI