Implementasi Pembelajaran, SMK Penerbangan Cakra Nusantara Songsong Revolusi Industri 4.0

DENPASAR-fajarbali.com | Kebangkitan baru di Era Industri kini dikenal dengan Revolusi Industri 4.0, dimana terjadi penyatuan berbagai kemajuan teknologi. Inovasi bergerak cepat dan semua serba terkoneksi.

Menjadi era Internet of Things bahkan Internet of Everything. SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah mengimplementasikan hal tersebut ke dalam sistem proses pembelajaran maupun system output diantaranya di www.smkpenerbangan.sch.id, www.koperasisekolah.co.id, www.pedulipendidikan.org, www.sanggartaribali.com, www.bursakerjapenerbangan.com.

Dunia Usaha dan dunia Industri serta berwawasan internasional menjadi tujuan utama sekolah ini. Industri Penerbangan menjadi salah satu industri yang menjanjikan di era transportasi yang makin maju.

Terdapat empat prinsip yang telah diterapkan SMK Penerbangan Cakra Nusantara dalam menyongsong Industri 4.0, diantaranya Interoperabilitas (kemampuan terhubung Internet), Keterbukaan Informasi (salinan virtual dan data sensor), Technical Assistence (bantuan teknis), dan Decentralized decisions.

Implementasi yang telah diterapkan diantaranya e-learning, teleconference, system koordinasi internal, bursa kerja khusus online, koperasi sekolah online, Penerimaan PPDB online.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara menerapkan kurikulum 2013 revisi 2017, dengan 70% Praktik dan 30% teori.

Baik praktek maupun teori, secara keseluruhan mengacu pada industry 4.0 dimana semua fokus menggunakan teknologi terkini dan internet. Praktik dengan menggunakan simulator dengan teknologi terupdate dan pesawat komersil.

Sekolah ini berfokus pada lulusan yang memiliki kinerja yang terbaik, dan berkomitmen membentuk sekolah berbasis industry. Praktek dilakukan tidak hanya di Bali melainkan di bandara, maskapai dan airport yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri.

Adapun 4 jenis jurusan yang tersedia di sekolah ini diantaranya: Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), Teknik Transmisi dan Telekomunikasi (Penerbangan). Menjadi SDM yang unggul, tangguh dan mandiri memang membutuhkan usaha yang keras pula, maka bergabunglah bersama kami di SMK Penerbangan Cakra Nusantara, di Jalan Drupadi No. 27 Denpasar atau hub. (0361) 4742600. (ads)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tugas Berat FPTI Bali

Jum Feb 23 , 2018
DEPANSAR-fajarbali.com | Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Bali menggelar Pelantikan Pengurus periode 2017-2021. Dalam kegiatan yang dihadiri ketua FPTI kabupaten/kota se-Bali berlangsung serta tamu kehormatan lainnya di ruang rapat KONI Bali, juga dirangkai dengan rapat kerja FPTI. Jumat (23/02/2018).  Save as PDF

Berita Lainnya