Bupati Artha Hadiri Bhakti Penganyar Pura Penataran Sasih Pejeng Gianyar

NEGARA – fajarbali.com | Bupati Jembrana I Putu Artha menghaturkan bhakti penganyar serangkaian karya pedudusan Pura Penataran Sasih Pejeng Tampak Siring Kecamatan Gianyar, Sabtu (10/3/2018).

Persembahyangan turut dihadiri pejabat serta staf dilingkup Pemkab Jembrana. Rangkaian Karya padudusan di pura yang kaya akan peninggalan sejarah ini berlangsung dari tanggal 1 maret dan ditutup dengan upacara penyineban pada 11  maret 2018.

Menurut Bupati Artha, ngaturang bakti penganyar merupakan kewajiban Pemkab Jembrana dalam memperkokoh spiritual umat. Harapannya, Pemkab Jembrana senatiasa diberikan tuntunan untuk melaksanakan tugas, menyejahterakan masyarakat. “Penganyar  ini diharapkan mampu menciptakan kerahayuan jagat Jembrana dan Bali pada umumnya,” ujar Bupati Artha, yang hampir selalu ikut hadir dalam setiap pelaksanaan bakti penganyar bersama rombongan Pemkab Jembrana.

Pada kesempatan ngaturang bakti penganyar di Pura yang ditetapkan sebagai  cagar budaya itu , Bupati Artha juga menghaturkan punia upakara senilai Rp 12,5 juta dari Pemkab Jembrana. Punia yang terkumpul itu diterima ketua panitia, Dewa Ngakan Nyoman Suardita.

Dewa  Ngakan Nyoman Suardita mengatakan pada prosesi puncak yang jatuh pada purnama kesanga , 1 maret lalu  melibatkan ribuan  krama desa setempat. Di Pura ini dipuja adalah Ida Bhatara Ratu Sasih. Pura yang tergolong kahyangan jagat dipercaya untuk memohon keteduhan sekaligus turunnya hujan. (prm)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Banjir, Puluhan Rumah Warga Gerokgak Terendam 

Ming Mar 11 , 2018
SINGARAJA-fajarbali.com | Akibat hujan deras mengguyur Kabupaten Buleleng, membuat beberapa kawasan yang ada di Kota Pendidikan itu terjadi banjir. Seperti yang terjadi di dua lokasi yakni di Dusun Yeh Biu, Desa Panatas dan Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak, Sabtu (10/3/2018).   Save as PDF

Berita Lainnya