JA Teline V - шаблон joomla Форекс

POLITIK
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | KPU RI telah menerima Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dari kedua Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) beberapa waktu yang lalu. Termasuk juga KPU di daerah. 

Di Bali, dari data yang diterima oleh KPU Provinsi Bali diketahui, LPSDK Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) senilai Rp. 45,5 Juta. Anehnya, untuk Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno (Prabowo-Sandi) nihil. Padahal, LPSDK Pasangan Nomor Urut Dua tersebut di KPU RI tersebut mencapai Rp. 54 Millyar lebih, sedang Pasangan Jokowi-Ma'ruf sebesar Rp. 44 Milyar. 

"Kalau di Bali, Prabowo-Sandi nihil, tidak sumbangan dari manapun," ujar Ketua KPU Bali, Dewa Gede Agung Lidartawan saat dikonfirmasi, Kamis (3/1/2019).

Untuk LPSDK Pasangan Jokowi-Ma'ruf, Lidartawan menjelaskan bahwa dana tersebut berasal dari sumbangan perorangan. Namun, nama penyumbang tak bisa dibeberkan ke publik. "Kalau Jokowi-Ma'ruf Rp. 45.500.000, ada sumbangan dari dua orang tapi maaf tidak bisa di beberkan, nanti kan ada auditor yang mengaudit itu tugasnya nanti, kalau sumbangan kelompok-kelompok dan badan usaha tidak ada," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi Provinsi Bali Ida Bagus Putu Sukarta mengakui jika LPSDK yang disetorkan ke KPU Provinsi Bali nilai 0 alias nihil. Pasalnya, hingga saat ini belum ada sumbangan dari manapun, baik Badan Pemenangan Nasional parpol koalisi ataupun pihak-pihak yang mendukung Prabowo-Sandi. "Kita memang nihil, sampai saat ini kita belum menerima sumbangan apapun baik dari parpol atau BPN," akunya. 

Jika kedepan, lanjut dia, Tim Pemenangan Daerah menerima sumbangan dari berbagai pihak, maka akan dilaporkan pada LPPDK April mendatang.

"Nanti kan bisa di LPPDK, pasti kita junjung tinggi transparansi penerimaan dan pengeluaran kita, jadi jangan khawatir," tambah dia. 

Walaupun nihil dana kampanye, pihaknya tak takut ataupun mempermasalahkan hal tersebut. Dikarenakan, para caleg dari parpol koalisi sudah sering dalam mensosialisasikan Prabowo-Sandi dalam berbagai kampanyenya.

"Kita nggak khawatir, tetap optimis. Para caleg kita di parpol koalisi sudah sering mensosialisasikan Prabowo-Sandi di masyarakat," tandasnya. 

Sementara itu, Tim Kampanye Daerah (TKD) Pasangan Jokowi-Ma'ruf Provinsi Bali hingga malam belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangan terkait LPSDK. (her)