JA Teline V - шаблон joomla Форекс

DPRD Bali Minta Pelamar CPNS Tak Gunakan Jasa Calo

POLITIK
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selama ini rentan dimanfaatkan oleh sebagian oknum untuk meraih keuntungan.

Terlebih, saat ini pemerintah akan membuka lowongan bagi masyarakat untuk mendaftar sebagai CPNS yang dimulai pada tanggal 19 september mendatang.

Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama meminta kepada masyarakat yang ingin mendaftar sebagai CPNS tak menggunakan Calo. Apapun yang dikatakan oleh calo dihimbau tak mempercayai begitu saja.

Sudah banyak korban kasus penipuan rekrutmen CPNS yang dilakukan oleh Calo. Dimana, para pelamar dijanjikan akan diterima menjadi PNS dengan meminta imbalan. "Jangan mudah percaya dengan janji manis calo CPNS. Sudah banyak yang jadi korban janji calo CPNS. Jangan buang sia-sia uang untuk membayar calo CPNS. Calo tidak bisa membantu kelulusan CPNS. Kelulusan ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar CPNS," ujarnya, Senin (17/9/2018).

Menurutnya, sistem rekrutmen CPNS saat ini sudah canggih dan berbasis online. Sehingga, calo tidak bisa menjanjikan ataupun menjamin kelulusan CPNS. Pasalnya, rekrutmen CPNS yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

"Soal ujian dikerjakan langsung di layar komputer yang terkoneksi ke server BKN. Peserta ujian langsung mengetahui hasilnya sesaat setelah ujian berlangsung. Beda kalau ujian dengan sistem manual, ada peluang calo untuk bermain. Sekarang tidak bisa karena tes menggunakan CAT, hasilnya bisa langsung diketahui," terangnya.

Dengan system CAT, hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung tanpa perlu menunggu lama. Nilai hasil ujian akan langsung keluar setelah selesai mengikuti ujian. Disamping itu,, hasil ujian dengan CAT dapat dipertanggungjawabkan. Aksi peserta pada setiap soal termonitor dalam sistem yang memudahkan dalam audit jika terjadi hal tak terduga selama ujian berlangsung. Dan juga, proses ujian dengan CAT dapat dipantau oleh semua pihak. Pergerakan nilai dari awal pengerjaan sampai dengan selesai dapat diikuti dan jawaban peserta dapat dilacak. "Jangan ada lagi yang jadi korban calo CPNS," tutupnya. (her)