JA Teline V - шаблон joomla Форекс

POLITIK
Typography

MANGUPURA-fajarbali.com | Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta tengah mengejar tambahan Dana Alokasi Umum (DAU) ke Pusat untuk pembayaran gaji pegawai ASN lantaran menurunnya pendapatan Badung. Hal tersebut pun mendapat respon positif dari Ketua DPRD Badung I Putu Parwata.

Menurut Parwata, jika ada tambahan DAU dari pusat, APBD yang selama ini mensubsidi gaji ASN bisa diarahkan untuk bidang prioritas, seperti pembangunan infrastruktur, membangkitkan ekonomi kerakyatan, stimulus UMKM dan prioritas lainnya.

"Sebelum pandemi kemampuan keuangan daerah masih sangat baik, sehingga kita memiliki celah fiskal negatif. Oleh sebab itu untuk pembayaran gaji ASN sebagian disubsidi oleh APBD Badung," katanya, Minggu (28/2/2021). 

Sesuai ketentuan undang-undang kata Parwata, gaji ASN sebetulnya sepenuhnya tanggungjawab pemerintah pusat yang dialokasikan melalui DAU. 

 “Nah, dengan kondisi sekarang dimana terjadi penurunan pendapatan daerah, jadi sangat wajarlah Bapak Bupati meminta pusat agar memberikan tambahan DAU untuk membayar gaji ASN yang selama ini disubsidi oleh APBD,” jelas Parwata.

Apabila DAU sepenuhnya menanggung pembiayaan gaji ASN, dana APBD yang selama ini mensubsidi bisa diarahkan untuk lima bidang prioritas seperti yang disampaikan Bupati pada pidato saat sidang paripurna beberapa waktu lalu. 

“Jadi langkah bupati ini sangat bagus, APBD yang selama ini mensubsidi gaji ASN, bisa diarahkan untuk kegiatan prioritas,” tegas Parwata.  

Sebelumnya, Bupati Giri Prasta menyampaikan persoalan gaji pegawai (ASN) memang menjadi kewajiban pemerintah pusat lewat DAU. “Ini sebagai wujud regulasi,” ungkapnya, usai rapat paripurna istimewa, Jumat (26/2) lalu.

Namun karena celah fiskal negatif, ujarnya, Badung dipandang sudah bisa untuk mandiri. Maka kebutuhan di Kabupaten Badung Rp.717 miliar untuk gaji pegawai diberikan hanya Rp 300 miliar. Sisanya diambilkan dari pendapatan asli daerah (PAD).

Pihaknya berharap pusat dapat memberikan DAU sesuai dengan kebutuhan anggaran khususnya dalam pembayaran gaji pegawai.

"Mudah-mudahan sesuai dengan kebutuhan pegawai negeri yang ada di Badung mendapatkan bantuan,” pungkasnya. (put)