JA Teline V - шаблон joomla Форекс

POLITIK
Typography
DENPASAR - fajarbali.com | Usai ditetapkan sebagai Ketua Komisi III DPRD Bali, Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana langsung tancap gas. Hal ini terbukti dengan melakukan pengecekan terkait beroperasinya Teman Bus. Gung Adhi didampingi para anggota Komisi III lainnya Kadek Setiawan, Made Suardana, Nyoman Laka, Kadek Diana, dan Ni Luh Yuniati mengawali sidak tersebut dengan menaiki Teman Bus di Parkir GOR Ngurah Rai Denpasar. 




Didampingi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali-NTT Muiz Thohir, rombongan Komisi III DPRD Bali menuju Bandara Ngurai Rai Badung. Sesampainya disana mereka berdiskusi mengenai proyeksi Teman Bus yang merupakan program dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI tersebut.





Ketua Komisi III DPRD Bali Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana menyampaikan, pihaknya menilai adanya Teman Bus yang di-launcing oleh Gubernur Bali beberapa waktu yang lalu sangat bagus bagi Bali. Apalagi, indeks kemajuan suatu wilayah atau kota salah satunya didasarkan pada moda transportasi. "Ini adalah program yang sangat luar biasa, jadi menuju bagaimana indeks suatu daerah dikatakan maju, tentunya dimana ditandai dengan adanya transportasi publik yang baik," ujarnya, Selasa (13/10/2020).





Program Teman Bus yang dicanangkan oleh Kementrian Perhubungan RI di Bali itu diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memilih transportasi darat. "Mudah-mudahan bisa memberikan nilai dan tatanan baru dalam bertransportasi publik," tambahnya.




Meski demikian, Komisi III memandang perlu adanya fasilitas penunjang dan regulasi agar Teman Bus bisa semakin berkembang dan berkelanjutan. Pihaknya juga sedikit memberikan evaluasi terhadap transportasi yang sama dengan Trans Sarbagita tersebut. "Kalau infrastruktur, ada beberapa marka-marka dan tanda-tanda 'stop' masih belum (banyak yang terpasang). Aplikasi Teman Bus, juga berharap adanya estimasi waktu kedatangan dan tempuh," katanya.




Gung Adhi mengakui jika Teman Bus hampir sama dengan Trans Sarbagita yang sebelumnya sudah ada lebih dulu. Hanya saja, ada beberapa kelemahan dari Trans Sarbagita dibandingkan Teman Bus. Contohnya saja dari ukuran Bus. "Size kendaraan (Trans Sarbagita) cukup besar, sehingga mengakibatkan mungkin dinamika untuk mereka yang bertransportasi hanya pada jalur-jalur besar. Seperti By pass dan tol, itu saja bisa dilalui," tandasnya.




Ia juga menyarankan agar Teman Bus bisa menggandeng aplikasi penyedia layanan transportasi berbasis online. Sehingga menjadi satu aplikasi. Terakhir, saat disinggung apakah di Bali memungkinkan dibuat jalur khusus untuk Teman Bus seperti Trans Jakarta. Menurutnya, dengan kondisi jalan di Bali, dirasa sangat sulit. "Saya kira itu mungkin agak sulit. Tapi mengkombinasikan, karena sekarang Kota Denpasar sedang menuju Denpasar Maju. Dimana, sebelumnya sudah menyiapkan jalur sepeda, jalur ini mungkin bisa dikombinasikan dengan Teman Bus," tutup dia. Intinya, kendaraan publik itu bukan masalah kecepatan, melainkan ketepatan yang mengacu pada estimasi waktu.




Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali-NTB Muiz Thohir menyatakan, kedepan pengelolaan dan operasional dari Temen Bus sendiri bisa dilakukan oleh Pemprov Bali. Bukan di Bali saja, beberapa daerah lainnya di Indonesia seperti Kota Solo, Palembang, Surabaya, dan Medan juga mendapat program yang sama dari Kementrian Perhubungan RI. "Diharapkan bisa berkelanjutan secara mandiri," akunya.




Disebutkan bahwa sebelumnya ada kegagalan dari Pemerintah dengan memberikan bantuan berupa Bus untuk Trans Sarbagita. "Berdasarkan hasil evaluasi ya, dulu kita pendekatannya memberikan bantuan beberapa Bus kepada Pemda. Dan ternyata dianggap gagal, karena Pemda sendiri tidak mampu mengeluarkan anggaran," jelas dia.




Dengan mengusung konsep BTS (Buy The Service), Pemerintah hanya membayar layanan yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan. "Ini untuk peningkatan kualitas layanan," pungkasnya. (her).

BERITA TERKINI

Grid List

NEGARA - fajarbali.com | Sejumlah pedagang kecil yang terdampak penerapan PPKM Darurat mendapat bantuan berupa beras dari Pemkab Jembrana. Bantuan yang dibagikan secara simbolis pada masing masing kecamatan itu diserahkan Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wabup Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna , Kamis (15/7/2021). 

MANGUPURA-fajarbali.com | Setelah melalui beberapa tahapan Sidang Paripurna Dewan serta Rapat Kerja antara Dewan dan Pemerintah Daerah. Dalam masa Sidang Paripurna kedua DPRD Badung, Kamis (15/7/2021), Bupati Badung Nyoman Giri Prasta bersama-sama pimpinan DPRD Kabupaten Badung menandatangani persetujuan bersama atas 2 (dua) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yakni Ranperda Kabupaten Badung tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Badung Tahun Anggaran 2020 dan Ranperda Kabupaten Badung tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Kabupaten Badung tahun 2021-2026.

BANGLI-fajarbali.com | Berbagai upaya terus dilakukan untuk menurunkan mobilitas masyarakat, pasca kabupaten Bangli masih ditetapkan masuk zona hitam dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Salah satu dengan menerapkan penyekatan dua lapis. Yang mana, pengetatan penyekatan tidak hanya dilakukan di perbatasan kabupaten Bangli saja. Penyekatan kini juga diterapkan di kota Bangli hingga desa dengan mengaktifkan kembali Satgas Gotong Royong Desa Adat.   

BANGLI-fajarbali.com | Pembenahan terhadap kondisi Pasar Hewan Kayuambua, Susut yang selama ini cukup memprihatinkan, tampaknya segera akan bisa terwujud. Mengingat, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli telah mendapat tambahan anggaran Rp 500 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bangli tahun 2021.

BANGLI-fajarbali.com | Semburan belerang yang terjadi dari dasar Danau Batur, Kintamani, berangsur-angsur mulai reda. Terbukti, bau belerang di kawasan Danau Batur tidak menyengat lagi, Kamis (15/7/2021). Hanya saja, seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya, pasca semburan belerang tersebut kematian ribuan ikan tampaknya tidak bisa terelakkan. Kondisi ini tak pelak semakin menyebabkan para petani budidaya ikan nila dengan system keramba jala apung kian ketar-ketir.

AMLAPURA-fajarbali.com | Untuk merubah stigma buruk sebagai mantan warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Karangasem berupaya memberikan keterampilan kepada warga binaan. Sehingga nantinya saat keluar dari LP, warga binaan memiliki keterampilan yang bisa dibawa ke masyarakat. Salah satunya, LPKA Karangasem memfasilitasi para warga binaanya untuk mengembangkan keterampilan untuk bekal setelah lepas dari LPKA.

AMLAPURA-fajarbali.com | Pasca di keluarkanya kebijakan yang dikeluarkan bupati Karangasem, I Gede Dana pelarangan pungutan untuk kepentingan pembelian pakaian, tas, uang gedung maupun sumbangan komite lainya saat  (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022, pihak sekolah yang sudah terlanjur memungut uang dari orang tua siswa diminta agar di kembalikan. Hal itu dikatakan bupati I Gede Dana, pada Kamis (15/7/2021) kemarin. 

DENPASAR-fajarbali | Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengikuti pemaparan Rencana Aksi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Denpasar Tahun 2022-2026 yang dilaksanakan secara daring dari Kantor Walikota Denpasar, Kamis (15/7/2021).

DENPASAR-fajarbali.com | Pemerintah Kota Denpasar menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak dalam percepatan penanggulangan pandemi Covid-19. Berbagai inovasi terkait alat kesehatan dimanfaatkan sebagai upaya membantu penanganan pasien Covid 19. Salah satunya saat Monica Mahindra, Volunter Think Bali dari India berkunjung ke Kantor Walikota Denpasar pada Rabu (14/7/2021) untuk memperkenalkan AgVa Ventilator yaitu ventilator atau alat bantu pernafasan yang dikembangkan oleh para ahli kesehatan dari India.

DENPASAR-fajarbali.com | Wawali Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa bersama kepala BNN Kota Denpasar, Sang Gede Sukawiyasa dan Pejabat terkait di lingkungan pemerintah kota Denpasar mengikuti Visitasi Virtual Kepemimpinan Nasional dengan BNN RI.

NEGARA -fajarbali | Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2021, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna melakukan peninjauan hewan qurban di UD. Santana, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jumat (16/7). Bupati Tamba mengatakan peninjauan ini guna memastikan hewan kurban tersebut aman dan sehat menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2021.  “Kita ingin pastikan bahwa hewan qurban itu sehat dan sudah memenuhi persyaratan untuk di qurbankan. Maka dari itu, kami mengirim tenaga dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana agar dicek betul-betuk kesehatan hewan secara menyeluruh," ujar Tamba.

DENPASAR-fajarbali.com | Pemkot Denpasar bersama Komunitas Eco Enzyme Nusantara melaksanakan penyemprotan eco enzyme di seluruh wilayah Kota Denpasar untuk menekan penyebaran Covid-19.

DENPASAR-fajarbali | Guna memastikan percepatan Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 12-17 tahun, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa terus melaksanakan pemantauan secara langsung dan berkala, yang kali ini dilaksanakan di SMPN 7 Denpasar, Kamis (15/7/2021).

GIANYAR-fajarbali.com | Kejari Gianyar melakukan pemusnahan barang bukti narkoba dan tindak pidana umum lainya. Pemusnahan dilakukan di halaman kantor Kejari Gianyar, Kamis (15/7/2021) kemarin dihadiri  Kapolres Gianyar AKBP Made Bayu Suta Suartha, Dandim Gianyar, Kepala Rutan Gianyar, Kepala BNNK Gianyar dan kepala Pengadilan Negeri Gianyar. 

GIANYAR-fajarbali.com | Selain hampir keseluruhan toko souvenir di Kecamatan Ubud memilih tidak berjualan, pedagang di Pasar Ubud juga melakukan hal yang sama. Memilih tutup sementara akibat PPKM darurat dan sepinya pembeli. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Tewasnya Gede Budiarsana (24) asal Kubutambahan Buleleng di tangan para debt colector Mata Elang tidak berlaku surut. Polresta Denpasar terus melakukan pendalaman di TKP. 

 

Setelah meringkus 6 tersangka dengan pelaku utama Wayan Sinar, Polisi menemukan 7 bilah pedang yang disembunyikan di kantor markas Mata Elang di PT. Beta Mandiri Multi Solition di Jalan Gunung Patuha VII nomor 9 C Monang Maning Denpasar Barat. 

 

Barang bukti sajam itu ditemukan pada Jumat 23 July 2021 sekitar pukul 15.00 Wita, setelah kejadian. Barang bukti lain yang diamankan yakni sepeda motor berbagai merek. 

 

"Jadi barang bukti yang diamankan yakni 7 bilah pedang dan 1 sajam yang digunakan menebas korban (Gede Budiarsana) di dekat tower dan beberapa sepeda motor berbagai merek," ungkap sumber. 

 

Sementara itu, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan kasus perkelahian di Jalan Simpang Subu Monang maning masih didalami untuk mencari bukti bukti lain. Sementara ini sudah ada 6 tersangka yang diamankan dengan pelaku utama Wayan Sinar dan 5 lainnya sudah menyerahkan diri. "Kasusnya masih dikembangkan," tegasnya saat dihubungi wartawan, Minggu 25 July 2021. 

 

Diterangkanya, pihaknya berencana akan merilis kasus yang menewaskan Gede Budiarsana (34) asal Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, ini dalam waktu dekat. "Pelaku 6 orang dan masih didalami. Rencananya Senin kita pressrilis," terangnya.

 

Seperti diberitakan, insiden bentrok antar kelompok terjadi di perempatan Jalan Patuha VI - Jalan Kalimutu, Banjar Sanga Agung, Desa Tegal Arum, Monang Maning, Kecamatan Denpasar Barat, Jumat 23 July 2021 sekitar pukul 15.00 Wita. 

 

Anggota ormas Gede Budiarsana tewas dibacok oleh Wayan Sinar diduga gara gara finance tarikan motor macet. Tidak hanya Budiarsana, para pelaku berjumlah 6 orang ini menganiaya adik korban dengan sajam dan batu, namun berhasil meloloskan diri. 

 

Peristiwa itu berawal dari markas Mata Elang di PT. Beta Mandiri Multi Solition di Jalan Gunung Patuha VII nomor 9 C Monang Maning Denpasar Barat hingga aksi kejar kejaran di TKP dan menewaskan korban Budiarsana dengan luka bacok di kepala leher dan tangan putus. (Hen)

GIANYAR-fajarbali.com | Berlangsungnya PPKM Darurat, selain toko-toko dilarang untuk beroperasi maksimal, harga sembako juga mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan harga sembako jauh melebihi harga eceran tertinggi (HET). Kondisi ini selain memberatkan pedagang karena sepinya pembeli. 

NEGARA - fajarbali.com | Sebanyak 114  paket sembako disalurkan kepada warga yang terdampak situasi pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Si jago merah mengamuk di rumah Ida Bagus Krisna Prastya (50) yang terletak di Jalan Werkudara nomor 5 Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara, pada Sabtu 24 July 2021 sekitar pukul 22.15 Wita. 

SINGARAJA – fajarbali.com | Guna mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaksanakan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat terdampak Covid-19, PT. Pos Indonesia kembali mendukung penyaluran BST kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Buleleng.

Buleleng- fajarbali.com | Selain bidang kesehatan, dampak sosial yang terjadi akibat pandemi Covid-19 juga menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali dalam penanganannya.

 

MENGWI -fajarbali.com |Sebulan lebih dikejar, Wayan Rano yang terlibat kasus pencurian handphone dibekuk Tim Opsnal Reskrim Polsek Mengwi, pada Kamis 22 July 2021. Terungkap, tersangka kedapatan mencuri di warung makan babi guling Men Alit, Banjar Celuk, Kelurahan Kapal, Mengwi, Badung, pada 2 Juni 2021 lalu. 

BANGLI-fajarbali.com | Pengawasan keluar masuk masyarakat di pos penyekatan yang ada di sejumlah perbatasan di wilayah Kabupaten Bangli terus diperketat di masa pelaksanaan PPKM Darurat yang telah diperpanjang hingga 25 Juli 2021 mendatang. Uniknya, dalam pelaksanaan penyekatan kali ini petugas justru menghadiahi pengendara yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan vaksin dengan paket sembako.   

BANGLI-fajarbali.com | Lonjakan kasus positif covid-19, terjadi di Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli. Tak tanggung-tanggung, dalam sehari jumlahnya mencapai 33 orang warga setempat yang terkonfirmasi terpapar virus corona.