JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

SINGARAJA-fajarbali.com | Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum dan Kewarganegaraan, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, menggelar suksesi bertema "New Leader New Story” (Pemimpin Baru, Ceritra Baru) bertempat di kampus setempat, Jumat (21/2) lalu. Suksesi tersebut bertujuan memilih pemimpin HMJ masa bakti 2020-2021.

Tiga kandidat calon Ketua HMJ Hukum dan Kewarganegaraan yakni Gede Sastrawan, Kadek Diva Hendrayana dan Kadek Desy Pramita bertarung sengit dengan balutan demokratis. Ketiganya diberi kesempatan memaparkan visi-misi dihadapan presidesium, anggota HMJ serta ratusan mahasiswa perwakilan dari tiap kelas.


Setelah melewati tahapan yang alot, Kadek Diva Hendrayana terpilih memimpin HMJ Hukum dan Kewarganegaraan Undiksha 2020-2021. Pertarungan perebutan posisi wakil ketua juga tak kalah seru, dan akhirnya Venny Rika berhasil menduduki wakil ketua setelah menyingkirkan kompetitor tunggalnya, Saverinus Darmin.


Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M. yang sekaligus membuka kegiatan memuji semangat demokrasi 'anak asuhnya'. Sesuai tema suksesi yang diusung, Dewa Mangku berharap dengan penggabungan dua program studi yaitu Ilmu Hukum dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan kepengurusan generasi kedua bisa memberikan cerita baru pada kepemimpinan yang baru. "Tetaplah menjaga kekeluargaan antar-kedua prodi," pintanya.


Menurutnya, proses pemilihan pimpinan HMJ berjalan sangat demokratis dan jujur. Hal ini ditandai dengan sesi tanya jawab sebanyak dua kali, sesi pertama melibatkan 7 penanya dan sesi kedua 5 orang penanya.   Setelah itu, dilanjutkan sesi penguatan dan rasional yang melibatkan 10 orang penguat. Sedangkan ketiga calon ketua diasingkan di ruangan berbeda.


Namun proses tersebut belum cukup melahirkan pimpinan baru HMJ, sehingga dilakukan "lobbying" antara para penguat dan 3 pimpinan presidium. "Proses ini menandakan kita lebih mengedepankan nilai demokrasi bermusyawarah ketimbang votting suara terbanyak. Semoga proses yang jujur ini, mengahasilkan pemimpin terbaik," kata Dewa Mangku, menambahkan.


Apresiasi juga dilontarkan Pembimbing Kemahasiswaan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan I Wayan Budiarta, S.Pd., M.Pd. Ia berpesan untuk tetap menjaga kekompakan kepengurusan, menjalin koordinasi antara HMJ dengan PK, ketua jurusan dan dosen lainnya, serta meningkatkan nilai dari demokrasi dan kesakralan suatu sidang yang telah dibuat oleh leluhur pengurus HMJ sebelumnya.


Sedangkan Ketua HMJ Hukum dan Kewarganegaraan periode 2019-2020 Gusti Lanang Aghistanaya Yogie, berharap para penerusnya mampu memberikan yang terbaik, serta menyempurnakan kepemimpinan sebelumnya. "Tentu kami berharap pengurus baru bisa lebih baik lagi dari kami. Kami berpesan tetap menjaga semangat persatuan meneruskan kepengurusan selanjutnya," ujarnya.


Kegiatan suksesi diawali dengan sambutan ketua panitia, Ni Kadek Satyam Krisna, kemudian penetapan susunan acara, tata tertib penetapan presidium sidang tetap yang dipimpin oleh 3 presidium yaitu I Gusti Lanang Aghistanaya Yogie, Gusti Made Suhartana dan I Wayan Ariawan. Disusul pelaporan program kerja dari tiap bidang, termasuk keuangan dan inventaris. Suksesi diakhiri serah terima jabatan secara simbolis dengan penyerahan bendera HMJ Hukum dan Kewarganegaraan Undiksha dari ketua HMJ 2019/2020 kepada ketua HMJ 2020/2021. gde