JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Di masa kini orientasi pengelolaan pendidikan tidak hanya berfokus pada proses,tetapi juga output. SMK Penerbangan Cakra Nusantara siap menyongsong  Era Industri 4.0, era dimana penyatuan berbagai kemajuan teknologi,  Inovasi bergerak cepat dan semua serba terkoneksi.

 

Dunia Usaha dan Dunia Industri serta berwawasan internasional menjadi tujuan utama sekolah ini. Industri penerbangan menjadi salah satu industri yang menjanjikan di era transportasi yang makin maju.  Berkomitmen membentuk SDM yang  berkompetensi internasional dengan mengadakan program pengkayaan kompetensi internasional secara periodik.

Kali ini SMK Penerbangan Cakra Nusantara mengadakan pengkayaan kompetensi internasional yaitu study visit Singapore Airshow. Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari tepatnya pada tanggal 10 hingga12 Februari 2018.

Singapore Airshow 2018 bertempat di Changi Exebition Center Singapore yang diikuti oleh 12 taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Sebelum mengunjungi Air Show, rombongan terlebih dahulu berkunjung ke museum Airforce Singapura.

Ida Ayu Putu Puspawati, S.Pd selaku guru Bahasa Inggris dan sekaligus sebagai guru pendamping mengatakan melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara terkait dunia penerbangan tidak hanya di indonesia tapi juga internasional.

"Disamping mereka melihat koleksi pesawat-pesawat yang ada di Singapura mereka juga melakukan observasi dan mewancarai pihak pilot yang incharge dalam kegiatan tersebut," ujar Dayu.

Dayu menambahkan “kegiatan Singapore Airshow  menawarkan platform unik untuk kepemimpinan pemikiran industri melalui konferensi tingkat tinggi, forum dan acara bersama. Pelaku industri penerbangan terkemuka, para pemimpin pemerintahan dan militer berkumpul di sini setiap dua tahun untuk berkontribusi dalam dialog, bertukar gagasan dan mencari solusi dan strategi untuk memajukan kepentingan sektor kedirgantaraan dan pertahanan global.

Program yang telah berjalan diantaranya adalah pengkayaan kompetensi ke Fillipina diikuti oleh taruna-taruni berprestasi selama tujuh hari di Cheynair Pilot School, Cebu Filipina. Kemudian pengkayaan kompetensi ke Malaysia diikuti taruna-taruni berprestasi selama tiga hari di Malaysia Airport Training Center, Kuala Lumpur. 

Beberapa program lain yang akan berjalan adalah pengkayaan kompetensi di bandara Taoyuan Taiwan, Sister School dengan Melbourne Aviation Highshool, Australia dan pengkayaan kompetensi di bandara Tan Son Nhat, Vietnam.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara menerapkan kurikulum 2013 revisi 2017 dengan 70% Praktik dan 30% Teori. Baik praktek maupun teori, secara keseluruhan mengacu pada industri 4.0 dimana semua fokus menggunakan teknologi terkini dan internet, praktik menggunakan simulator dengan teknologi terupdate dan pesawat komersil.

Selain itu pihak sekolah telah mengimplementasikan teknologi dan internet dalam sistem proses pembelajaran maupun sistem output diantaranya di e-learning, teleconference, system koordinasi internal, bursa kerja khusus online, koperasi sekolah online, Penerimaan PPDB online yang dapat diakses melalui www.smkpenerbangan.sch.id, www.koperasisekolah.co.id, www.pedulipendidikan.org, www.sanggartaribali.com, www.bursakerjapenerbangan.com. 

Sekolah ini berfokus pada lulusan yang memiliki kinerja yang terbaik, dan berkomitmen membentuk sekolah berbasis industri. Praktek tidak hanya dilakukan di Bali melainkan di Bandara, Maskapai dan Airport yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri.

Ada 4 jurusan yang bisa kalian pilih disini diantaranya Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), Teknik Transmisi dan Telekomunikasi (Penerbangan).

Menjadi SDM yang unggul, tangguh dan mandiri memang membutuhkan usaha yang keras. Jadi, generasi Yuppies,  ayooo gabung  di SMK Penerbangan Cakra Nusantara, kalian bisa datang langsung ke Jalan Drupadi No. 27 Denpasar atau hub. (0361) 4742600. (ad/dj)