JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Placement test atau yang lebih dikenal dengan tes penempatan merupakan suatu tes yang diberikan kepada siswa yang akan memasuki sebuah institusi guna menentukan tingkatan potensi, kemampuan serta ketrampilan siswa dalam bidang tertentu, sehingga diperoleh pengelompokan sesuai dengan kemampuan siswa.

 

Sebelum Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK Penerbangan Cakra Nusantara mewajibkan taruna-taruni untuk mengikuti  plecement test. Bertempat di aula SMK Cakra Nusantara Jalan Drupadi No 25 Renon Denpasar, kegiatan tes penempatan ini rutin dilakukan serta gratis demi tercapainya tujuan dari Placement test itu sendiri.

Wakil Kepala Sekolah SMK Penerbangan Cakra Nusantara bidang kesiswaan, Putu Agus Mahendra mengungkapkan tujuan utama dari placement test ini adalah untuk menentukan tempat yang sesuai berdasarkan bakat minat dan kemampuan taruna-taruni. Sehingga teciptanya  kenyamanan dalam melakukan aktifitas PKL. Di samping juga untuk menghindari judgement negatif tentang “penempatan PKL sesuai titipan orang tua siswa.

"Jadi sebelum melaksanakan PKL di masing-masing tempat, mereka wajib terlebih dahulu mengikuti plecemet test ini. Kami berkomitmen untuk menciptakan kegiatan PKL “right person, right place” di mana kondisi, personal, disiplin dan kompetensi taruna-taruni sesuai dengan tanggung jawab mereka saat bekerja nantinya. Dengan demikian, hasil OJT (On Job Training) menjadi maksimal, " ujar Agus.

Bentuk tes penempatan atau placement test ini berupa tes tertulis, lisan serta wawancara. Tes tertulis ini berupa tes pilihan ganda dan tes uraian yang telah disediakan sebelumnya. Placement test yang dilakukan di SMK Penerbangan Cakra Nusantara diawasi oleh psikolog terlisensi sebagai tim tetap di sekolah ini yang secara berkala juga melakukan kunjungan lapangan, tempat PKL dilakukan.

I Putu Gita Adnyana salah satu peserta test kelas XI ini mengatakan, melalui test placement test ia dapat mengetahui kemampuan serta kekurangan  dirinya yang perlu  tingkatkan.

"Dengan test ini saya mendapat tempat PKL di salah satu maskapai Indonesia, jadi sesuai dengan bakat minat dan kemampuan saya," ujar  taruna jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran bandara ini.

Placement test dalam sebuah institusi sekolah memiliki kedudukan yang penting, dimana dengan dilakukannya placement test taruna-taruni menemukan potensi diri dan kenyamanannya dalam belajar. 

“Melalui kegiatan placement test ini kita dapat mengumpulkan data kompetensi taruna-taruni. Baik potensi maupun kekurangannya sehingga potensi mereka bisa ditingkatkan dan kekurangan  bisa diminimalisir,” ujar Agus.

Placement test dikatakan berhasil karena terbukti dengan banyaknya taruna-taruni mencapai prestasi terbaiknya setelah ditempatkan di lokasi PKL yang tepat, tidak seperti siswa di sekolah lain yang tidak mengadakan placement test.

Agus juga menambahkan banyak diantara taruna- taruni SMK Cakra Nusantara yang belum lulus sekolah sudah ditawari kerja di berbagai instansi yang link and match dengan sekolah. Hal ini terbukti taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara dimana di beberapa instansi mereka dikatagorikan siap kerja sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Menurut Agus, dari berbagai instansi yang link and match dengan sekolah mereka, mengutarakan bahwa taruna-taruni memiliki loyalitas dan tanggung jawab serta kedisiplinan yang tinggi.

Nah bagi pemuda-pemudi yang pengen tamat sekolah langsung dapat kerja dan sekolah dengan biaya yang terjangkau? Kini tak perlu bingung mencari sekolah yang tepat. Di Bali sudah ada SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang merupakan SMK Penerbangan pertama, pelopor  dan satu-satunya di Bali.

Jadi jangan ragu untuk berkarir di dunia Penerbangan, Kebandaraan dan Kedirgantaraan bersama SMK Penerbangan Cakra Nusantara . Call center 081237098090. www.smkpenerbangan.sch.id Tlp  (0361) 4742600 atau bisa datang langsung  ke Jalan Drupadi No. 25 Renon, Denpasar-Bali. (ad/dj)