JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Prodi Ilmu Filsafat Hindu, Fakultas Ilmu Agama, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar menggelar kuliah umum bertema "Cara Mudah Memahami Hindu dalam Mengantisipasi Konversi Agama", Selasa (8/1/2019) di kampus setempat. 

Di hadapan puluhan mahasiswa dan peserta lain, nara sumber Prabhu Dharmayasa mengaku menyayangkan rendahnya minat baca masyarakat, khususnya umat Hindu. Padahal di tengah kemajuan teknologi dewasa ini, sumber bacaan sangat melimpah dan mudah didapatkan.

Untuk mengantisipasi konversi (mengubah nilai suatu sistem) terhadap agama Hindu, menurutnya harus dimulai dari lingkup terkecil, yakni diri sendiri. "Minimal kita merubah diri sebagai penjaga dharma, sebelum orang lain yang merubahnya," kata Prabhu.

Prabhu melanjutkan, sebagai umat Hindu yang taat, minimal dalam setiap aktivitas senantiasa menyebut nama Tuhan. Ia juga menyentil masih maraknya umat Hindu yang salah dalam melafalkan Mantram Gayatri. Meski pun kesalahan itu bisa diperbaiki.

Wakil Rektor I Unhi, Prof. Dr. Putu Gelgel, SH.,MH.,seizin Rektor Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa mengatakan, konversi telah mengalami peningkatan hampir di seluruh wilayah, bukan hanya di Bali. "Mari kita membendung konversi," ajaknya.

Pada kesempatan yang sama,  Dekan Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan Dr. Putu Sarjana, M.Si., menyebut konversi adalah salah satu bagian dari problem agama. Sarjana berpendapat, kinversi bisa diantisipasi denganmemperkuat keyakinan, agar bisa memahami dengan baik dan memahami proses ritual dengang baik. (gde)