JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

DENPASAR-Fajarbali.com | Sebagai upaya mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Brahma Widya (FBW) IHDN Denpasar melaksanakan pengabdian masyarakat kepada umat Hindu di daerah transmigrasi, Desa Adat Eka Sari, Desa Ranombayasa, Kecamatan Mowila, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, 3-5 Desember 2018.

Kegiatan tersebut diikuti lima tenaga pendidik FBW IHDN Denpasar. Adapun kegiatannya, yakni orientasi kepada para pemangku dan serati se Desa Adat Eka Sari difasilitasi I Made Dwitayasa, S.Ag., M.Fil.H. dan Poniman, S.Ag., M.Fil.H.; pembinaan kepada anak2 Pasraman Saraswati Desa Adat Eka Sari dalam pembelajaran dasar Bahasa Sanskerta difasilitasi I Ketut Gunarta, S.Ag., MAg.;  dan Dharma Wacana dan Dharma Tula kepada krama Desa Adat Eka Sari difasilitasi Dr. Drs. I Made Sugata, M.Ag. dan Drs. I Wayan Nerta, M.FOr.

Dekan FBW IHDN Denpasar dalam sambutannya diwakili Dr. Drs. I Made Sugata, M.Ag mengatakan pengabdian ini merupakan salah satu program mendekatkan diri antara perguruan tinggi dengan umat. Kegiatan turun lapangan ini sekaligus memotret permasalahan yang ada, sehingga selanjutnya dapat dijadikan kajian penelitian. Kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi warga desa adat dalam peningkatan Sradha dan Bhakti umat ke hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan sosialisasi keberadaan kampus berkaitan penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020 dan temu kangen dengan para alumni IHDN Denpasar yang tersebar di Kabupaten Konawe Selatan. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan buku-buku agama dan kenang-kenangan kepada pihak Desa Adat serta pengelola perpustakaan pasraman.

Sementara itu, Ketua Pasraman Saraswati I Ketut Danayasa, S.Ag., didampingi Bendesa Adat Eka Sari dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan pengabdian menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. Pihaknya berharap program ini berkelanjutan. Dalam kesempatan ini disampaikan pula peran alumni IHDN Denpasar sangatl signifikan dalam pembinaan umat, dibuktikan dibentuknya perpustakaan untuk umum yang diprakarsai I Nyoman Suiyanta, S.Ag. (rls/eka)