JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

Denpasar-fajarbali.com | Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan animo masyarakat dalam mengunjungi perpustakaan. Salah satu perpustakaan yang tengah mengalami peningkatan pengunjung harian di masa pandemi yaitu Taman Baca Kesiman (TBK), Denpasar.

Kendati sempat ditutup karena adanya kebijakan dari pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang serta adanya aturan PPKM, namun kunjungan ke TBK saat ini mulai bergeliat.

  Hal tersebut disampaikan Manager TBK, Ngurah saat ditemui, Selasa (23/2). Ia juga mengatakan bahwa pada saat diterapkannya lockdown, perpustakaan TBK yang sempat ditutup sementara kini kembali dibuka dengan memberikan layanan prima kepada pengunjung selama pandemi Covid-19.

  "Tentu dengan dibukanya perpustakaan TBK saat ini tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dapat dilihat dibeberapa titik yang telah kami disediakan wastafel untuk mencuci tangan serta para pengunjung tetap diwajibkan menggunakan masker," ujarnya.

  Lebih lanjut, Ngurah mengungkapkan bahwa sejak pandemi Covid-19, pengunjung harian TBK ditengah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Walau tak sebanyak sebelum adanya pandemi, namun kunjungan saat ini cukup membawa suasana baru.

  "Kunjungan kurang lebih 20 orang dalam sehari yang datang silih berganti. Tidak seperti dulu sebelum adanya pandemi, kunjungan cukup banyak. Mereka yang datang tak hanya membaca dan mencari buku saja, namun mereka juga menghabiskan waktu dengan bersantai dan menikmati hidangan yang disediakan kantin kami. Kunjungan ini juga dikarenakan adanya rasa jenuh masyarakat selama pandemi dan ingin menikmati suasana yang berbeda," terangnya.

  Ngurah juga menuturkan, hal lain yang mendukung adanya peningkatan pengunjung yakni masih diberlakukannya pendidikan dalam jaringan (daring), serta suasa TBK yang sejuk, hijau dan semi outdoor memberi rasa nyaman untuk belajar. Sehingga tidak menimbulkan adanya kerumunan pengunjung, ini juga sebagai upaya mencegah penularan Covid-19. "meskipun TBK mengalami peningkatan pengunjung harian, namun tetap ada kendala-kendala yang kami alami ditengah pandemi, seperti adanya beberapa event yang tertunda," jelasnya.

  Sementara salah satu pengunjung, Yani sangat mengapresiasi dibukanya kembali TBK. Dirinya menerangkan bahwa TBK memiliki nuansa yang asri dengan rindangnya pepohonan serta suasana tenang serta tepat menghilangkan jenuh di tengah pandemi ini. Sejak pertama kali berkunjung ke TBK, dirinya merasa nyaman dan terpesona dengan desain TBK yang menyatu dengan alam, terutama buku yang disuguhkan TBK sangat beragam.

  "TBK tempat yang menarik untuk dikunjungi membuat tugas, meskipun berada di Kota Denpasar tetapi suasananya asri dan sejuk sehingga mengingatkan suasana desa. Apalagi di pandemi, nuansa outdoor TBK dapat mencegah penularan Covid-19, disekeliling sudah disediakan handsanitizer dan tempat cuci tangan," tutupnya. (dha)