JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Program Bangkit menjadi salah satu wadah bagi para pesertanya untuk mengembangkan ide dan kreativitas mereka. Salah satunya adalah melalui tugas akhir yang berupa proyek pengembangan sebuah aplikasi secara berkelompok.

Pada angkatan 2020 ini, terpilih empat kelompok dengan proyek terbaik yang berasal dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Denpasar.

 

Lestarikan bahasa dengan aplikasi Aksara Jawa dari Jakarta

Tim Aksara Jawa (ki-ka) Ray Antonius, Fiona Vidra, dan Laode M. Fauzan
Tim Aksara Jawa (ki-ka) Ray Antonius, Fiona Vidra, dan Laode M. Fauzan

Ray Antonius (22), Laode M. Fauzan (22), dan Fiona Vidra (25) merupakan kelompok asal Jakarta dengan proyek terbaik pada program Bangkit melalui aplikasi Aksara Jawa. Aplikasi ini dirancang dengan harapan dapat mengembalikan minat masyarakat Indonesia dalam mengenali beragam bahasa daerah di Indonesia yang perlahan mulai terlupakan.

Pemilihan aksara Jawa sebagai bahasa yang ingin dikembangkan di proyek ini dikarenakan dataset yang digunakan cukup unik dan belum banyak proyek pengenalan aksara Jawa yang memanfaatkan machine learning. Hal itu pun memberikan ruang eksplorasi dan belajar yang cukup besar bagi tim ini.  

Proyek Aksara Jawa dibuat dengan mengintegrasikan manfaat interaktivitas dari hands-on learning approach dengan model machine learning untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Pada aplikasi ini, pengguna akan diberikan gambar aksara yang perlu digambar oleh pengguna. Apabila mereka berhasil menggambar dengan baik, maka akan mendapatkan poin. Saat ini, tingkat akurasi proyek Aksara Jawa telah mencapai 85%.

 

Jaga fokus pengendara dengan aplikasi Distracted Driver Detector dari Yogyakarta

Tim Distracted Driver Detector (ki-ka) Muhammad Dany Alfikri, Joko Eliyanto,  dan Kadhana Reya Wisinggya
Tim Distracted Driver Detector (ki-ka) Muhammad Dany Alfikri, Joko Eliyanto,  dan Kadhana Reya Wisinggya

Joko Eliyanto (26), Muhammad Dany Alfikri (23), dan Kadhana Reya Wisinggya (22) ketiganya adalah mahasiswa yang mengikuti program Bangkit cohort Yogyakarta. Mereka menciptakan aplikasi Distracted Driver Detector, sebuah aplikasi yang akan membantu pengemudi tetap fokus saat menyetir kendaraan. 

Aplikasi ini dibuat berangkat dari keresahan ketiganya melihat angka kecelakaan di Indonesia yang jumlahnya semakin bertambah, diantaranya adalah kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian pengemudi. Kelalaian tersebut salah satunya disebabkan oleh pengemudi yang tidak fokus ketika berkendara. 

"Dalam membangun aplikasinya, kami memanfaatkan beberapa pelajaran yang diperoleh di Bangkit seperti Machine Learning, penerapan Dropout Layer yang dapat mengoptimalisasi model, dan Transfer Learning yang didapat dari Coursera serta hands-on langsung dari developer partner Bangkit" ungkap tim asal Yogyakarta ini.

Cara kerja aplikasinya sederhana, setelah menginstall aplikasi pada Android, pengguna dapat langsung menggunakannya dengan mengarahkan kamera ke pengemudi. Selanjutnya program akan melakukan identifikasi aktivitas apa yang sedang dilakukan oleh pengemudi. Nantinya program akan memberikan peringatan dalam bentuk alarm kepada pengemudi tersebut jika terdeteksi pengemudi sedang tidak fokus berkendara. Teknologi untuk mengenal wajah/face recognition dimanfaatkan oleh  Joko Eliyanto, Muhammad Dany Alfikri, dan Kadhana Reya Wisinggya dalam mendeteksi pengendara yang tidak fokus. 

 

Temukan ide masakanmu lewat bantuan aplikasi Ingredients Classification dari Bandung

Tim Ingredients Classification (ki-ka) Natasha Yulian, Rizvan Dwiki Firdaus, Daniel Alexander, Rizal Dwi Prayogo
Tim Ingredients Classification (ki-ka) Natasha Yulian, Rizvan Dwiki Firdaus, Daniel Alexander, Rizal Dwi Prayogo

Daniel Alexander, Natasha Yulian, Rizvan Dwiki Firdaus, dan Rizal Dwi Prayogo membuat aplikasi Ingredients Classification sebuah aplikasi yang akan membantu penggunanya mendeteksi bahan makanan dan merekomendasikan resep masakan dari bahan makanan yang dimiliki.

"Kami berpikir untuk membuat aplikasi yang mudah dimengerti dan bisa dipakai oleh semua orang dengan praktis. Ditambah lagi, saat membuat Ingredients Classification sedang maraknya Covid-19 sehingga banyak orang yang takut makan di luar atau di restoran. Tetapi masalahnya, orang - orang yang dulunya sering makan di luar itu adalah orang yang jarang masak di rumah, jadi mereka tidak tahu caranya memasak" ungkap tim Ingredients Classification.

Ingredients Classification sendiri menerapkan teori yang didapat oleh keempatnya saat mengikuti Bangkit. Machine Learning diterapkan untuk membuat model klasifikasi gambar, dan menerapkan pengembangan  paper riset YOLOv3 untuk deteksi.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu mengambil foto bahan makanan yang dimiliki, aplikasi akan mendeteksi bahan apa saja yang dimiliki dan resep apa saja yang bisa dibuat, alternatif lainnya pengguna juga bisa mengetikkan bahan makanan yang dimiliki.

 

Lindungi bumi dengan kelola sampah dengan bantuan aplikasi Garbage Image Classification dari Bali

Tim Garbage Detection (ki-ka)Julius Sintara, Fatma Janna, Yohanes Perdana, dan Putri Cinto
Tim Garbage Detection (ki-ka)Julius Sintara, Fatma Janna, Yohanes Perdana, dan Putri Cinto

Dimulai dengan rasa ingin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang kepedulian lingkungan, terutama pentingnya mengkategorikan sampah yang masih bisa di daur ulang. Membuat Fatma Janna (28), Putri Cinto Buliah M. Eza (22), Yohanes Perdana Putra (30), dan Julius Sintara (22) memutuskan membuat Garbage Image Classification, sebuah sistem untuk mengelompokkan dan mengolah sampah menggunakan metode machine learning.

"Pada dasarnya, sampah non-organik seperti plastik, metal dan kaca sangat bisa didaur ulang. Masalah yang sering dihadapi di ranah pengelolaan sampah adalah karena sampah yang ada bercampur satu dengan sampah lainnya. Sehingga biaya daur ulang cukup tinggi. Dari 1 miliar ton sampah daur ulang yang dihasilkan di dunia, baru 13.5% yang didaur ulang. Sisanya berakhir di laut maupun di daratan menjadi onggokan atau gunung sampah," Ungkap tim Garbage Detection.

Dengan menggunakan Garbage Image Classification, masyarakat cukup membawa sampah ke mesin daur ulang yang berbentuk seperti reverse vending machine atau from trash to cash, nantinya bisa di pasang di pemukiman warga atau tempat umum. Lalu, secara otomatis mesin akan mengklasifikasikan sampah, sehingga ketika sampah dihantarkan ke pusat daur ulang, sampah sudah rapi terpilah dengan baik dan bisa mengurangi biaya pengolahan sampah daur ulang.

Jika telah melakukan proses ini, orang tersebut mendapatkan imbalan berupa uang atau voucher. Misalnya, satu kaleng minuman ringan yang ditukarkan di mesin ini akan mendapatkan Rp 1.000 sebagai bentuk terima kasih karena telah membantu proses daur ulang. Selain itu, cara ini juga memberikan dorongan kepada masyarakat agar lebih semangat melakukan daur ulang. (dj/rls)

BERITA TERKINI

Grid List

NEGARA -fajarbali | Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2021, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna melakukan peninjauan hewan qurban di UD. Santana, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jumat (16/7). Bupati Tamba mengatakan peninjauan ini guna memastikan hewan kurban tersebut aman dan sehat menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2021.  “Kita ingin pastikan bahwa hewan qurban itu sehat dan sudah memenuhi persyaratan untuk di qurbankan. Maka dari itu, kami mengirim tenaga dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana agar dicek betul-betuk kesehatan hewan secara menyeluruh," ujar Tamba.

DENPASAR-fajarbali.com | Pemkot Denpasar bersama Komunitas Eco Enzyme Nusantara melaksanakan penyemprotan eco enzyme di seluruh wilayah Kota Denpasar untuk menekan penyebaran Covid-19.

DENPASAR-fajarbali | Guna memastikan percepatan Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 12-17 tahun, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa terus melaksanakan pemantauan secara langsung dan berkala, yang kali ini dilaksanakan di SMPN 7 Denpasar, Kamis (15/7/2021).

GIANYAR-fajarbali.com | Kejari Gianyar melakukan pemusnahan barang bukti narkoba dan tindak pidana umum lainya. Pemusnahan dilakukan di halaman kantor Kejari Gianyar, Kamis (15/7/2021) kemarin dihadiri  Kapolres Gianyar AKBP Made Bayu Suta Suartha, Dandim Gianyar, Kepala Rutan Gianyar, Kepala BNNK Gianyar dan kepala Pengadilan Negeri Gianyar. 

GIANYAR-fajarbali.com | Selain hampir keseluruhan toko souvenir di Kecamatan Ubud memilih tidak berjualan, pedagang di Pasar Ubud juga melakukan hal yang sama. Memilih tutup sementara akibat PPKM darurat dan sepinya pembeli. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Tewasnya Gede Budiarsana (24) asal Kubutambahan Buleleng di tangan para debt colector Mata Elang tidak berlaku surut. Polresta Denpasar terus melakukan pendalaman di TKP. 

 

Setelah meringkus 6 tersangka dengan pelaku utama Wayan Sinar, Polisi menemukan 7 bilah pedang yang disembunyikan di kantor markas Mata Elang di PT. Beta Mandiri Multi Solition di Jalan Gunung Patuha VII nomor 9 C Monang Maning Denpasar Barat. 

 

Barang bukti sajam itu ditemukan pada Jumat 23 July 2021 sekitar pukul 15.00 Wita, setelah kejadian. Barang bukti lain yang diamankan yakni sepeda motor berbagai merek. 

 

"Jadi barang bukti yang diamankan yakni 7 bilah pedang dan 1 sajam yang digunakan menebas korban (Gede Budiarsana) di dekat tower dan beberapa sepeda motor berbagai merek," ungkap sumber. 

 

Sementara itu, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan kasus perkelahian di Jalan Simpang Subu Monang maning masih didalami untuk mencari bukti bukti lain. Sementara ini sudah ada 6 tersangka yang diamankan dengan pelaku utama Wayan Sinar dan 5 lainnya sudah menyerahkan diri. "Kasusnya masih dikembangkan," tegasnya saat dihubungi wartawan, Minggu 25 July 2021. 

 

Diterangkanya, pihaknya berencana akan merilis kasus yang menewaskan Gede Budiarsana (34) asal Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, ini dalam waktu dekat. "Pelaku 6 orang dan masih didalami. Rencananya Senin kita pressrilis," terangnya.

 

Seperti diberitakan, insiden bentrok antar kelompok terjadi di perempatan Jalan Patuha VI - Jalan Kalimutu, Banjar Sanga Agung, Desa Tegal Arum, Monang Maning, Kecamatan Denpasar Barat, Jumat 23 July 2021 sekitar pukul 15.00 Wita. 

 

Anggota ormas Gede Budiarsana tewas dibacok oleh Wayan Sinar diduga gara gara finance tarikan motor macet. Tidak hanya Budiarsana, para pelaku berjumlah 6 orang ini menganiaya adik korban dengan sajam dan batu, namun berhasil meloloskan diri. 

 

Peristiwa itu berawal dari markas Mata Elang di PT. Beta Mandiri Multi Solition di Jalan Gunung Patuha VII nomor 9 C Monang Maning Denpasar Barat hingga aksi kejar kejaran di TKP dan menewaskan korban Budiarsana dengan luka bacok di kepala leher dan tangan putus. (Hen)

GIANYAR-fajarbali.com | Berlangsungnya PPKM Darurat, selain toko-toko dilarang untuk beroperasi maksimal, harga sembako juga mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan harga sembako jauh melebihi harga eceran tertinggi (HET). Kondisi ini selain memberatkan pedagang karena sepinya pembeli. 

NEGARA - fajarbali.com | Sebanyak 114  paket sembako disalurkan kepada warga yang terdampak situasi pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Si jago merah mengamuk di rumah Ida Bagus Krisna Prastya (50) yang terletak di Jalan Werkudara nomor 5 Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara, pada Sabtu 24 July 2021 sekitar pukul 22.15 Wita. 

SINGARAJA – fajarbali.com | Guna mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaksanakan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat terdampak Covid-19, PT. Pos Indonesia kembali mendukung penyaluran BST kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Buleleng.

Buleleng- fajarbali.com | Selain bidang kesehatan, dampak sosial yang terjadi akibat pandemi Covid-19 juga menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali dalam penanganannya.

 

MENGWI -fajarbali.com |Sebulan lebih dikejar, Wayan Rano yang terlibat kasus pencurian handphone dibekuk Tim Opsnal Reskrim Polsek Mengwi, pada Kamis 22 July 2021. Terungkap, tersangka kedapatan mencuri di warung makan babi guling Men Alit, Banjar Celuk, Kelurahan Kapal, Mengwi, Badung, pada 2 Juni 2021 lalu. 

BANGLI-fajarbali.com | Pengawasan keluar masuk masyarakat di pos penyekatan yang ada di sejumlah perbatasan di wilayah Kabupaten Bangli terus diperketat di masa pelaksanaan PPKM Darurat yang telah diperpanjang hingga 25 Juli 2021 mendatang. Uniknya, dalam pelaksanaan penyekatan kali ini petugas justru menghadiahi pengendara yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan vaksin dengan paket sembako.   

BANGLI-fajarbali.com | Lonjakan kasus positif covid-19, terjadi di Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli. Tak tanggung-tanggung, dalam sehari jumlahnya mencapai 33 orang warga setempat yang terkonfirmasi terpapar virus corona.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Hanya karena sakit pusing dan asam lambung yang tidak kunjung sembuh, Ni Wayan MR (54) pernah mencoba bunuh diri sebanyak dua kali, tapi gagal. 

BANGLI-fajarbali.com | Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bangli dan para pengusaha di Kabupaten Bangli melakukan gerakan gotong royong guna meringankan beban masyarakat ditengah penerapan PPKM Darurat yang kini diperpanjang hingga 25 Juli 2021.

KARANGASEM-fajarbali.c om | Pemerintah secara resmi melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat hingga 26 Juli mendatang.

TABANAN-fajarbali.com | Bupati Tabanan Dr I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM didampingi oleh Sekda Tabanan, melakukan Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program PKH & Program Sembako Dimasa PPKM Darurat, di Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Rabu (21/7/2021).

Denpasar-fajarbali.com | Pengamat ekonomi, M. Setyawan Santoso berpendapat, bahwa Bali harus bertransformasi mencari sektor potensial menjadi penggerak perekonomian selain pariwisata. Meskipun demikian, transformasi pada sektor di luar pariwisata seperti pertanian, industri, dan perdagangan juga perlu dilakukan.

Karangasem-fajarbali.com | Untuk memperingati perayaan Hari Idul Adha, sekaligus di hari jadi  yang ke-10, DPW Garda Pemuda NasDem Bali merayakanya dengan melakukan bakti sosial penyerahan bantuan ke yayasan Yasa Kerthi, Karangasem, Rabu (21/7/2021) kemarin. Pemberian bantuan juga sebagai bentuk empati dengan masa sulit di masa pandemi covid-19. 

Karangasem-fajarbali.com | Sejak dibuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sampai saat ini baru 2.500 orang yang mendaftar. Pemerintah juga memperpanjang pendaftaran hingga (26/7/2021) mendatang untuk memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat. Hal itu dikatakan Kepala BKPSDM, I Gusti Gede Rinceg, Rabu (21/7/2021) kemarin. 

GIANYAR-Fajar Bali | Seluruh fraksi di DPRD Gianyar sampaikan pandangan umun terkait LPJ Pelaksanaan APBD 2020 melalui sidang paripurna dengan metode daring. Hadir dalam penyampaian PU, Bupati Mahayastra didampingi Wabup AA Gde Mayun dan OPD melalui daring. Sidang dipimpin Ketua DPRD Wayan Tagel Winarta didampingi Wakil Ketua Gusti Ngurah Anom Masta, Rabu (21/7/2021) kemarin. 

GIANYAR-Fajar Bali | Karena diputusin cintanya, I Gede Mindra alias Mandrak (32) harus mempertanggung jawabkan perbuatanya. Setelah putus dengan mantan pacar pria asal Denpasar Timur ini malah membobol rumah mantan pacar. Dari membobol ini, Mandrak mendapatkan sepeda motor lengkap denga surat-surat. 

DENPASAR-fajarbali.com | Kasus sembuh Covid-19 di Kota Denpasar secara konsisten terus mengalami peningkatan. Pada Rabu (21/7/2021) kasus sembuh Covid-19 di ibukota Provinsi Bali ini mulai melejit di angka 390 orang. Meski demikian, kasus positif juga melonjak tajam di angka 544 orang dan kasus meninggal dunia dengan status terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami penambahan sebanyak 7 orang.