JA Teline V - шаблон joomla Форекс

OLAHRAGA
Typography
DENPASAR-fajarbali.com l Segudang prestasi atlet panjat tebing di kejuaraan bertaraf internasional menjadikan Indonesia menjadi sorotan dunia. Maka, tak heran jika pada perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 ini, banyak yang menanyakan ketidakikutsertaan Indonesia. Meski demikian, Indonesia kini tengah menyusun langkah untuk menggapai medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid mengungkapkan ia memiliki optimisme yang tinggi atlet Indonesia bisa bersinar di Olimpiade 2024. "Olimpiade 2024 nanti bisa jadi momen bagi insan panjat tebing kita, terutama para atlet kita untuk bisa berjaya, untuk bisa kembali merajai, dan menjadi paling the best," kata dia, Rabu (4/8/2021).

Optimisme itu didukung fakta nomor speed akan dipertandingkan secara terpisah pada Olimpiade 2024 sehingga Indonesia memiliki peluang lebih besar untuk lolos dan meraih medali. International Olympic Committee (IOC) telah menyetujui masuknya panjat tebing dalam Olimpiade Paris 2024. Persetujuan tersebut diputuskan melalui voting dalam pertemuan sesi ke-134 IOC di Lausanne, Paris, Selasa (25/6/2019). Kemudian, pada 7 Desember 2020, Dewan Eksekutif IOC secara resmi memastikan panjat tebing dimasukkan dalam salah satu cabang olahraga yang digelar di Olimpiade Paris 2024. 

Berbeda dengan Olimpiade Tokyo 2020, nomor yang diusulkan untuk cabor panjat tebing adalah speed dan combined lead-boulder. Sehingga nantinya akan ada empat nomor yang dipertandingkan yakni speed putra-putri serta combined lead-boulder putra-putri. Adapun jumlah atlet yang ditargetkan untuk cabor panjat tebing sebanyak 72 orang yang terdiri dari 36 putra dan 36 putri.

Indonesia pun akan memanfaatkan peluang ini untuk mencetak prestasi tertinggi di dunia olahraga. Yenny mengungkapkan untuk nomor speed, atlet Indonesia memang terkenal di mata dunia. Selain berhasil menjadi juara di kompetisi tingkat dunia, atlet Indonesia juga membuktikan kualitasnya dengan beberapa kali mencetak rekor dunia untuk nomor speed world record.

Sebut saja kiprah dua atlet muda Indonesia yakni Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin yang mampu mencetak rekor dunia di ajang IFSC Climbing World Cup, Salt Lake City (USA) 2021.

Dalam ajang itu, Veddriq yang melawan rekan senegara Kiromal mampu mencatatkan waktu 5,208 detik. Catatan waktu ini sekaligus menjadi rekor baru setelah sebelumnya dipecahkan oleh Kiromal Katibin di babak kualifikasi dengan 5,258 detik. Terpaut 0,050 detik.

"Indonesia diakui, dihormati, dan dianggap sebagai lawan yang berat di mata dunia untuk kategori speed," ungkap Yenny.

Yenny tak memungkiri jika peluang Indonesia di Paris akan besar untuk meraih medali. Menurutnya, target yang dipasang harus tinggi dan bisa meraih emas. Oleh karena itu, target tersebut harus didukung dengan persiapan yang matang.

FPTI pun sudah menyusun langkah strategis yakni melakukan pembinaan secara intensif dari sekarang. Ia melihat banyak atlet muda yang sudah kelihatan potensinya dan diyakini masih bisa beraksi pada 2024 karena secara usia masih prima. 

"Karena apapun namanya, massa otot itu penting. Kalau udah agak senior, pasti massa ototnya akan otomatis menurun sehingga berpengaruh ke performa. Jadi, usia sangat penting. Kita punya stok atlet muda yang bagus. Potensinya luar biasa karena mereka juga menang di kejuaraan dunia," tutur dia.

Atlet potensial itu misalnya Rahmad Adi Mulyono dari Jawa Timur. Adi menorehkan namanya dalam sejarah panjat tebing dengan menjadi pemenang IFSC Connected Speed Knockout yang baru digelar untuk pertama kalinya. Kompetisi ini digelar pada 2 Agustus 2020.

BACA JUGA :
Bupati Tamba Paparkan Pengembangan Pelabuhan Perikanan Swasta di Perancak
Diterjang Hujan lebat, Plafon Gedung Baru RSD Mangusada Jebol

"Adi itu usianya baru 19 tahun dan pada 2024 dia masih bisa jauh itu (dalam berprestasi). Masih bisa ikut," ujar dia.

Atlet potensial lainnya yakni Veddriq Leonardo dari Kalimantan Barat dan Kiromal Katibin dari Jawa Tengah. Selain itu, ada atlet putri potensial misalnya Desak Made Rita Kusuma Dewi dari Bali. 

"Rita itu bisa lebih lagi prestasinya. Pada prakualifikasi angkanya nomor tiga. Kadang pas pertandingan agak enggak mujur, enggak bisa sampai atas. Tergelincir. Ini nasib. Tetapi, secara hitungan angka dia sudah dapat waktu. Sudah bisa memecahkan itu," jelas dia.

Ia mengungkapkan FPTI sedang menyiapkan lini dua dan lini tiga untuk diambil sebagai persiapan menggapai prestasi di Olimpiade 2024. Para atlet pun mulai dipantau sejak di taraf kejuaraan junior misalnya di usia 13 hingga 15 tahun. FPTI akan melihat potensi yang ada secara jeli.

"Makin muda saat mendalami olahraga ini, makin terbentuk muscle memorynya atau memori ototnya. Misalnya Katibin, dia mulai dari usia 8 tahun. Penting sekali. Kalau betul-betul ada bakat dan minat dan ketemu dengan kita, pasti bisa kita fasilitasi."

Selain potensi, ia juga kagum dengan motivasi setiap atlet yang masuk pemusatan latihan nasional. Setiap atlet memiliki target sendiri yang selalu dijadikan motivasi setiap harinya sehingga semangat saat berlatih. 

Bahkan, meskipun mereka bersahabat di pelatnas, setiap atlet terpacu untuk mengalahkan rekan sejawatnya dan menjadi yang terbaik. Mereka termotivasi untuk berada di podium tertinggi sehingga Bendera Merah Putih berkibar dan Lagu Indonesia Raya berkumandang di dunia.

Lead dan Boulder

Sementara itu, untuk nomor lead dan boulder, Yenny mengakui Indonesia masih memiliki kelemahan. Menurutnya, untuk menciptakan atlet dengan kemampuan di lead dan boulder dan dari sisi combined, memerlukan banyak faktor pendukung. Faktor tersebut harus dilihat secara sistematik yang berarti tak bisa dilihat dari sisi atletnya saja.

"Kita harus bisa menciptakan sistem yang lebih baik untuk mendukung prestasi mereka. Nah, bukan cuma atlet yang dilatih, tetapi termasuk pembuat jalur. Di situlah atlet bisa berlatih dengan berbagai macam kreasi atau berbagai macam jalur yang berbeda sehingga mereka bisa lebih terbiasa untuk bertanding dalam model apapun."

Ia menyebutkan, untuk nomor lead dan boulder tidak bisa sekadar bicara soal kecepatan dan kekuatan otot atlet. Dalam nomor ini juga dibutuhkan IQ yang cukup tinggi karena atlet harus bisa mengambil keputusan tepat dalam waktu singkat. 

"Dia harus cepat ambil keputusan strategis, buat mapping, jalur akan seperti apa, rute mana yang akan diambil. Itu kan split second. Terjadi dalam hitungan seperberapa detik. Itu memerlukan intelektualitas, intelegensia yang cukup tinggi."

Yenny mengatakan, saat ini FPTI sedang mencoba untuk menjaring bibit baru untuk lead dan boulder yang tidak hanya memenuhi syarat secara fisik, tetapi juga mental serta kemampuan otak yang cukup tinggi. Ia mengakui untuk menemukan bibit tersebut tidaklah mudah. Ia pun berharap kepada masyarakat untuk proaktif berkomunikasi dengan FPTI jika menemukan bibit unggul di lapangan.

Mengenai absennya Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo, putri Gus Dur ini mengungkapkan pandemi menjadi salah satu penyebabnya. "Sebetulnya bukan atlet kita tidak mengikuti kejuaraan prakualifikasi Olimpiade. Tetapi, yang terjadi sendiri adalah kejuaraannya sendiri tidak bisa diadakan karena pandemi sehingga IFSC, induk panjat tebing seluruh dunia, memutuskan pemenang di kejuaraan sebelumnya ditentukan menjadi peserta Olimpiade," ujar dia.

Di sinilah, ujar Yenny, Indonesia berada di posisi yang tidak diuntungkan sehingga tidak bisa mengirimkan atletnya berlaga di Tokyo. (rls)

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR -Fajarbali.com| Kasus dugaan penipuan dan penggelapan dengan terdakwa Stephanus Wirawan alias Tommie Liem (44) telah masuk pada agenda tuntutan, Selasa (21/9) lalu. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fajar Said menjatuhkan tuntutan 5 bulan penjara.

DENPASAR – fajarbali.com  I Dalam rangka memperingati hari jadi atau anniversary Honda ADV Indonesia Bali Chapter yang ke 2, serangkaian kegiatan seru dilaksanakan 18-19 September 2021. Dengan mengangkat tema “Ride & Camp yang memiliki arti berkendara lalu camping atau menginap yang dimana tujuan utamanya itu bisa mempererat kualitas tali persaudaraan antar member dan bisa menyaring seluruh aspirasi dari member.

DENPASAR - Fajarbali.com | Zidang kasus dugaan menyuruh memasukan keterangan palsu ke dalam akta ontentik dengan terdakwa Zaenal Tayeb, Selasa (21/9/2021) kembali dilanjutkan.

SINGARAJA-fajarbali.com  I Pembangunan Taman Bung Karno (TBK) di Kelurahan Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali pada minggu ke 18 mengalami deviasi positif sebesar 9,61 persen. Dari target sebesar 47,47 persen menjadi 57,08 persen. Selain itu, patung Bung Karno telah dipasang sehingga menambah kemajuan pembangunan sebesar lima persen menjadi 62,08 persen.”Hari ini juga telah dipasang patung Bung Karno yang telah lama kita tunggu-tunggu,”ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng Gede Melandrat saat ditemui usai meninjau pemasangan patung Bung Karno, Selasa (21/9).

SINGARAJA – fajarbali.com I Guna memberikan Pelayanan yang maksimal  terhadap masyarakat di masa pandemi Covid-19, Tiga kantor pelayanan publik di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Buleleng menerapkan pencegahan penyebaran melalui aplikasi peduli lindungi.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Aloisius Gonzaga Tasi (39) tidak pernah kapok jadi begal. Dia acap beraksi setelah keluar dari Lapas Kerobokan Juli 2021 lalu. Begal asal Flores NTT ini dikenal sadis karena setiap beraksi sering bawa senjata tajam (sajam). 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Kasus salah input data pasien terpapar covid-19 yang sembuh tapi dinyatakan sudah meninggal, masih didalami Polisi. Setelah memeriksa sejumlah saksi termasuk saksi kunci penginput data dari Satgas Covid-19 Dinas Kesehatan (diskes) Kota Denpasar berinisial Kadek MS, Polresta Denpasar saat ini tengah membidik pejabat berwenang atau yang bertanggungjawab dalam pengawasan input data tersebut. 

DENPASAR – fajarbali.com  I Pengumuman pemenang event Honda School Olympic Competition untuk area Bali sudah diumumkan secara virtual yang diselengarakan pada Sabtu, (18/9) dan di tayangan melalui account official resmi Instagram @hondafansbali.

Ajang kreatifitas siswa yang menampilkan bakatnya sebagai bentuk penyampaian pesan edukasi secara kreatif melalui  “Road To Honda School Olympic” sebelumnya telah berhasil memilih 5 finalis perkategori yang diumumkan di account official resmi Instagram @hondafansbali.

DENPASAR – fajarbali.com  I Pengumuman pemenang event Honda School Olympic Competition untuk area Bali sudah diumumkan secara virtual yang diselengarakan pada Sabtu, (18/9) dan di tayangan melalui account official resmi Instagram @hondafansbali.Ajang kreatifitas siswa yang menampilkan bakatnya sebagai bentuk penyampaian pesan edukasi secara kreatif melalui  “Road To Honda School Olympic” sebelumnya telah berhasil memilih 5 finalis perkategori yang diumumkan di account official resmi Instagram @hondafansbali.

SINGARAJA – fajarbali.com  I Guna menjaga imunitas rekan-rekan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di tengah pandemi Covid-19, Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra mengimbau kepada para rekan-rekan ODHA untuk betul-betul rutin dalam mengkonsumsi obat. Dimana, obat Antiretroviral (ARV) telah disediakan oleh pemerintah secara gratis. Hal tersebut disampaikannya usai menyerahkan paket sembako kepada rekan-rekan ODHA yang terdapat di Kecamatan Banjar dan Kecamatan Seririt beberapa hari yang lalu.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Tuntas sudah karier panas "selegram bugil" yang akrab dipanggil Kuda Poni alias Bintang Live. Wanita cantik bertubuh mulus yang kerap manggung di media sosial Mango Live dan Bingo pernah bekerja sebagai Ladies Company atau Pemandu Lagu di salah satu karaoke di Denpasar. 

SINGARAJA – fajarbali.com I Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengapresiasi penuh Perkumpulan Atau Persatuan Ibu- Ibu tunggal di Desa Sawan yang bernama Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). PEKKA merupakan perkumpulan kegiatan Ibu-ibu yang bersifat sosial. Suradnyana menyampaikan, Ibu-Ibu berperan sentral mencetak generasi muda berkarakter dalam menyambut bonus demografi Indonesia. ”Bagi saya ibu – ibu merupakan orang yang bisa membentuk karakter keluarga. Para ibu-ibu dapat membentuk karakter anak yang baik,”tutur Suradnyana.

SINGARAJA –fajarbali.com   I  Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Buleleng berhasil meraih dua penghargaan bergengsi di tingkat Provinsi Bali. Penghargaan itu yakni Juara I Lomba Perpustakaan untuk Umum (Desa/Kelurahan) dan Juara Harapan II Lomba Bertutur bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD).

 

DENPASAR -fajarbali.com |Polresta Denpasar hingga kini belum berhasil mengungkap pelaku pelempar bom molotov yang meneror Kantor LBH Himpunan Penerus Pejuang Pembela Tanah Air milik John Korassa Sonbai di Jalan Pidada XIII Nomor 22, Banjar Sari, Ubung, Denpasar Utara, pada Kamis 16 September 2021 sekitar pukul 00.30 Wita. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Tim Unit Judi Susila Satreskrim Polresta Denpasar masih mendalami keterangan Rani alias RR, selegram cantik yang ditangkap karena mempertontonkan aurat saat live di aplikasi Mango Live. Dalam kasus ini, selegram RR akan dikenai UU Pornografi dan UU ITE. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Wabah pandemi Covid-19 yang terus berkelanjutan membuat sejumlah warga negara asing (WNA) yang tinggal di Bali hengkang ke Australia. Dilaporkan, hingga Sabtu 19 September 2021 sekitar pukul 01.10 Wita, tercatat 172 penumpang asal berbagai negara dan ada juga dari Indonesia, keluar dari Bali dengan menumpang pesawat Qantas Airways (QF108) dengan rute Denpasar-Darwin Australia. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Nana Juhariah terpidana kasus narkotika yang sudah divonis hukuman 3 tahun penjara oleh hakim tingkat kasasi pada tanggal 3 Januari 2015 silam, hingga berita ini ditulis belum juga dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar. 

Denpasar-FajarBali.com | Pemda Provinsi Jabar dan Pemda Provinsi Bali meluncurkan program Beli Bali di Rumah Sanur, Bali, Jumat (17/9/2021). Beli Bali merupakan program  kolaborasi untuk saling memajukan UMKM dengan memasarkan produk-produk unggulan melalui platform aplikasi borongdong.id.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, program Beli Bali diharapkan mampu mendorong pemulihan ekonomi di Bali maupun Jabar yang terpuruk akibat pandemi COVID-19. Menurutnya, kolaborasi menjadi faktor penting untuk mengatasi situasi serba sulit di tengah pandemi. 

"Kami ke sini atas nama solidaritas daerah. Kami ekonomi sudah happy, kalau Bali belum happy, kami juga enggak happy. Kurangi kata kompetisi, perbanyak kata kolaborasi," kata Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil. 

Kang Emil berharap semakin banyak pelaku UMKM Bali yang memasarkan produk unggulannya kepada warga Jabar via borongdong.id. Apalagi, Jabar yang berpenduduk hampir 50 juta jiwa dapat menjadi pasar bagi pelaku UMKM Bali. 

Menurut Kang Emil, penjualan produk UMKM dan ekraf Bali di borongdong.id sudah mencapai Rp500 juta sebelum program Beli Bali diluncurkan. "Kalau tidak salah gabungan yang sudah masuk ke saya lebih dari Rp500 juta walaupun belum di-launching, produk sudah dibeli," katanya.

Kang Emil menuturkan, program Beli Bali untuk tahap pertama dimulai dengan memasarkan produk UMKM kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jabar. Hal itu dilakukan karena ASN secara pendapatan relatif tidak terpengaruh oleh pandemi COVID-19. 

Setelah itu, produk UMKM Bali pun akan dipromosikan kepada masyarakat Jabar. Selain promosi, Pemda Provinsi Jabar-Pemda Provinsi Bali akan mengupayakan pendanaan untuk menjamin pemasaran produk-produk UMKM Bali. 

"Kita mulai dulu tahap satu ke ASN. Karena ASN-ASN tidak terpengaruh oleh COVID-19 pendapatannya. Sekarang bela negara dengan belanja. Jadi, belanja adalah bela negara. Segmen pertama ASN. Yang kedua adalah masyarakat umum," tuturnya. 

Kang Emil pun meminta kepada bank bjb untuk turut serta memasarkan produk UMKM Jabar dan Bali kepada nasabahnya. Apalagi, nasabah bank bjb sudah mencapai 4 juta nasabah. Jumlah itu bisa membangkitkan gairah pelaku UMKM untuk terus berproduksi. 

Wakil Gubernur Bali  Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik program Beli Bali. Menurutnya, kolaborasi dua provinsi dalam memajukan UMKM dapat menjadi contoh dalam memperkuat perekonomian.

"Antara Bali dan Jabar punya kedekatan yang luar biasa kalau dari menilik ekonomi kreatif. Jawa Barat pusat ekonomi kreatif dan Bali juga cukup maju ekonomi kreatif," ucapnya. 

Sementara itu, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldy mengatakan, pihaknya senang karena turut dilibatkan dalam program-program pengembangan UMKM. 

"Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya karena kami bisa diberikan peran untuk ikut serta dalam pengembangan, baik itu di borongdong maupun Beli Bali," ucapnya. dek

 

DENPASAR -fajarbali.com |Subnit 4 Satuan Reskrim Polresta Denpasar mengamankan artis selegram papan atas berinisial RR di sebuah apartemen di Jalan Taman Pancing Denpasar Selatan, pada Jumat 17 September 2021. Selegram cantik ini diciduk karena kerap mempertontonkan tarian bugil saat live di aplikasi manggo yang ditonton ribuan warganet. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Polda Bali melalui Kabid Humas Kombes Pol Syamsi belum lama ini telah menyita dan mengembalikan dokumen sertifikat hak milik (SHM) bernomor 5048 berlabel "B" milik Pura Luhur/Jurit Uluwatu Pecatu, Jimbaran Kuta Selatan, melalui Notaris Nyoman Sudjarni SH. Sedangkan SHM berlabel "A" yang notabene palsu disita oleh penyidik Ditreskrimum Polda Bali. 

DENPASARFajarbali.com | Pengusaha asal Bugis yakni Zainal Tayeb, 65,  jalani sidah perdana secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (16/9) kemarin. Sidang terhadap lelaki kelahiran Mamasa 25 April 1965 ini, didudukan sebagai terdakwa terkait dugaan tindak pidana menyuruh memasukkan keterangan palsu ke dalam akta autentik, dipimpin Hakim Ketua I Wayan Yasa.

GIANYAR- fajarbali.com | Arus utama lalulintas kendaraan di pusat Kecamatan Sukawati dialihkan sampai Desember 2021 mendatang. Hal ini karena adanya pekerjaan kontruksi pembuatan terowongan menghubungkan Pasar Seni Sukawati dengan Pasat Umum Sukawati. 

GIANYAR-fajarbali.com | Melandainya kasus covid 19 di Gianyar, Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar memutuskan untuk pertemuan tatap muka (PTM). Kegiatan belajar mengajar siswa PAUD-TKK, SD, SMP ini dimulai Senin tanggal 20 September nanti. Hal ini ditegaskan Kadisdik Gianyat, I Wayan Suradnya, Kamis (16/9/2021) 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Peristiwa heboh menimpa Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di Jalan Pidada XIII Nomor 22, Ubung, Denpasar Utara. Kantor pengacara milik Jhon Korassa Sonbai itu dilempar bom molotov oleh 2 pengendara motor matic, pada Kamis 16 September 2021 sekitar pukul 00.30 Wita.