JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KESEHATAN
Typography

NEGARA - fajarbali.com | Badan POM Loka Buleleng melakukan sidak pengawasan penjualan makanan dan minum serta bahan makanan di swalayan Negara, Kamis (19/12/2019). Sidak yang dilakukan Badan POM tersebut berkaitan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang. Siang kemarin dua swalayan terkenal menjadi sasaran sidak yang juga melibatkan dari unsur Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Jembrana dan Dinas Kesehatan Jembrana.

 

 

Pada sidak pertama, petugas BPOM di salah satu swalayan, menemukan pengembang kue dan soda kue menggunakan ijin edar produk lain. Pengemasan kembali produk pangan dengan menggunakan merk yg beda. Bahan pangan tersebut dikemas menjadi lebih kecil, yang semula 5 kilo menjadi ukuran 50 gram, 100 gram dan 250 gram, dengan ijin edar merk yang berbeda.

 

Usai sidak di swalayan kedua di Kota Negara, Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan Kabupaten Buleleng, Made Ery Bahari Hantana kemarin mengatakan pengawasan makanan dan bahan makanan ini dilakukan menjelang Natal dan Tahun Baru. Dari dua swalayan di Kota Negara, pihaknya banyak menemukan bahan makanan dan pangan yang produk ijinnya tidak sesuai. "Kami menemukan bahan pangan yang produksi yang ijin edarnya tak sesuai dengan kemasan ulang , kemudian menggunakan produk aslinya.Tak hanya itu, ada juga yang ijin edarnya palsu dan juga ada ijin edarnya sudah mati," terangnya. Pihaknya masih menelusuri apakah sudah ada proses perpanjangan, karena terlihat masa berlakunya masih berlaku. "Apa yang kita lakukan untuk mengamankan konsumen dan kita harus tetap mengawasi. Ada beberapa yang kita amankan dan ada juga yang kita sisihkan lalu diretur serta dikembalikan," terangnya. Ada juga yang menggunakan ijin edarnya menggunakan PIRT dan bisa dipastikan palsu. Jika produk bahan pangan seperti pengembang kue yang merupakan bahan makanan tambahan harus menggunakan ijin BPOM , bukan PIRT. Jenis produk bahan pangan yang ditemukan yakni bahan makanan pengembang kue, terasi dan juga soda kue serta bahan pangan beberapa lainnya, dengan jumlah banyak.(prm).