JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KESEHATAN
Typography
DENPASAR - fajarbali.com | Di tengah meningkatnya kasus Covid-19 di banyak negara, para ahli telah mengimbau agar masyarakat terus menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Cara menjaga kesehatan sistem imun termasuk dengan mengonsumsi variasi makanan sehat dan bergizi tinggi.

Ahli gizi dr. Rita Ramayulis menyebutkan, salah satu nutrisi yang menopang kesehatan sistem imun adalah vitamin D. Kekurangan vitamin D pun bisa meningkatkan risiko Covid-19 yang parah pada penderitanya. "Vitamin D merupakan salah satu nutrisi kunci untuk sistem imun yang sehat. Vitamin ini memiliki kemampuan melawan peradangan di tubuh, berperan dalam regulasi imun, serta membantu mengaktifkan pertahanan sistem imun," ujarnya, Selasa (6/10).

Dokter Rita mengatakan, bahwa vitamin D membantu mendorong fungsi sel-sel imun, seperti sel T dan makrofag. Vitamin D berperan dalam mekanisme yang esensial untuk imun yang normal. "Apabila tubuh kekurangan vitamin D, respons imun pun bisa terganggu dan meningkatkan risiko infeksi dan penyakit yang berkaitan dengan imun. Bahkan, kekurangan vitamin D dikaitkan dengan penyakit pernapasan, seperti TBC, asma, dan penyakit paru obstruktif kronis," jelasnya.

Lanjut dr Rita, defisiensi atau kekurangan vitamin D juga bisa menurunkan fungsi paru-paru, yang berisiko memengaruhi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi saluran pernapasan.

Studi terkait hubungan vitamin D dengan Covid-19 sebagai penyakit baru masih sangat terbatas. Hanya saja, karena vitamin D menopang kesehatan sistem imun, mencukupi kebutuhan vitamin ini sangat dianjurkan dan boleh jadi berperan krusial dalam respons imun terhadap virus corona.

"Seperti yang mungkin Anda ketahui, orang lanjut usia menjadi salah satu kelompok yang rentan terinfeksi virus corona dan komplikasinya. Temuan-temuan tersebut mengindikasikan bahwa vitamin D harus dipenuhi kecukupannya demi imun yang sehat. Imun yang sehat pun dilaporkan berperan dalam perlawanan terhadap virus corona," terangnya.

Disinggung soal cara menjaga imun tetap sehat untuk lawan Covid-19, dr Rita menegaskan ada beragam cara untuk mencukupkan kebutuhan vitamin D, termasuk dengan mendapatkan sinar matahari dan mengonsumsi makanan sehat. "Vitamin D menjadi salah satu nutrisi yang esensial untuk sistem imun. Untuk mencukupkan kebutuhan vitamin D, Anda bisa berjemur sebentar di bawah sinar matahari di teras rumah. Tak lupa pula, konsumsilah makanan sehat seperti kuning telur, jamur, ikan, hingga keju," pungkasnya.(dar).