JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography

DENPASAR - fajarbali.com | Meski tidak mengalami masa penahanan di Lapas Kerobokan sebagaimana terdakwa kasus korupsi lainnya, mantan Perbekel Desa Pemecutan Kaja, AA Ngurah Arwatha (47) tetap saja dinyatakan terbukti bersalah dan menuntut agar dihukum selama 1 tahun dan 4 bulan penjara. 

 

 

Ini terungkap dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (2/6) kemarin. Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Denpasar menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak sebagaimana tertuang dalam pasal 3 Jo Pasal 18 UU Topikor. 

 

Sebelum sampai pada amar tuntutannya, jaksa terlebih dahulu mempertimbangkan hal hal yang memberatkan dan meringankan. Yang meringankan terdakwa sudah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 190.102.000. 

 

"Sedangkan hal memberatkan terdakwa selama proses persidangan tidak mengakui perbuatannya,"sebut jaksa dalam surat tuntutannya yang dibacakan dihadapan majelis hakim Tipikor pimpinan Angeliki Handajani Day. 

 

Kasi Pidana Khusus (Kasi Pidus) Kejari Denpasar I Nengah Astawa mengatakan, andai saja terdakwa mengakui perbuatannya bisa saja tuntutan akan lebih ringan dari 1 tahun 4 bulan mengigat kasus ini sudah tidak ada kerugian karena terdakwa sudah mengembalikan kerugian. 

 

Menanggapi tuntutan jaksa, terdakwa melalui penasehat hukumnya menyampaikan keberatan dan akan mengajukan pembelaan secara tertulis pada agenda sidang selanjutnya.

 

Sebagaimana disebutkan dalam dakwaan bahwa uang yang diembat oleh terdakwa itu berasal dari uang pungutan dari pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Jaba Puri Agung dan pengusaha/pemilik toko.

 

Pada 2017 hasil pungutan dari PKL dan pengusaha toko tidak dimasukkan ke dalam APBDes. Demikian pula dengan pungutan yang sama tidak dianggarkan sebagai penerimaan pendapatan desa tahun anggaran 2018.

 

Dimana terdakwa menduduki jabatan sebagai perbekel sekaligus sebagai pemegang kekuasaan pengelolaan desa, dalam memperoleh pendapatan desa dengan melakukan pungutan pada pedagang yang ada di pasar desa terletak di Jalan Sutomo, Denpasar.

 

Masih dalam dakwaan, Petugas linmas memberikan pungutan dengan cara memberikan karcis senilai Rp 3.000 jika pengunjungnya ramai. Jika pengunjungnya sepi diberi karcis senilai Rp 2.000.

 

Karcis bertuliskan punia BUMDes itu dipungut setiap hari. Hasil pungutan kemudian disetorkan ke bendahara desa. Selain melakukan pungutan pada pedagang pasar, juga melakukan pungutan pada pengusaha toko dengan karcis kisaran Rp 15.000 – 250.000 tiap bulan per toko, tergantung jenis usaha. Petugas melakukan pungutan terhadap 27 – 30 pedagang dengan setoran Rp 125.000/hari atau sekitar Rp 3.000.000 per bulan.

 

Berdasar hasil audit keuangan negara dari BPKP Perwakilan Provinsi Bali ditemuakn potensi penerimaan sebesar Rp 190.102.000. setelah dilakukan pemeriksaan pada APBDes 2017 tidak terdapat laporan penerimaan pendapatan asli desa dari PKL dan pungutan pengusaha toko.

 

Uang penerimaan hasil desa dipotong dan dibag-bagikan kepada kepala desa, aparatur desa, dan BPD desa, sebesar Rp 117 juta. Dan, disetorkan ke dalam kas BUMDes sebagai penyertaan modal Rp 72 juta.

 

"Terdakwa telah mengabaikan asas-asas keuangan desa sebagaimana disebutkan dalam Pasal 2 ayat (3) Permendagri Nomor 113/2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang diatur berdasar asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif, disiplin, dan tertib anggaran," sebut JPU.

 

Terdakwa dinilai telah memperkaya diri sendiri, perangkat desa, kepala dusun, dan anggota BPD sebesar Rp 117.509.500 dan memperkaya BUMDes Rp 72.592.500, yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 190.102.000.(eli)

HUKUM & KRIMINAL

Grid List


DENPASAR -fajarbali.com |Direktorat Polairud Polda Bali mengagalkan aksi penyelundupan 36 ekor penyu dilokasi perairan Serangan, pada Sabtu (11-7/2020). Selain menyita penyu, Polisi juga mengamankan 7 anak buah kapal yang diawaki seorang nakhoda kapal bernama Muhalim. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Seorang bapak bernama Muslim berusaha menyelamatkan anaknya, HD, saat dicabuli pelaku di kamar kos di Jalan Pulau Maluku II Denpasar Barat, Jumat (26/6/2020) malam. Ia mendobrak pintu kamar kos dan mendapati anaknya keluar dari kamar mandi, sedangkan pelaku Komang Murdika alias Jacky (42) sembunyi di atas plafon namun berhasil kabur.  


DENPASAR -fajarbali.com |Pulau Bali kini dijadikan tempat pelarian atau persembunyian para pelaku kejahatan. Setelah sebelumnya warganegara Nigeria, Umeh Tobena Camilo (34), terkait kasus pengeroyokan Polisi, giliran seorang pria berinisial YS ditangkap di tempat persembunyianya di sebuah Hotel di Jalan Teuku Umar Denpasar Barat, Rabu (8/7/2020). 

 

SANUR -fajarbali.com |Pantai Hayat Sanur digemparkan tewasnya seorang pemancing bernama I Made Karma (57) tinggal di sebelah timur Banjar Tewelsar Intaran Sanur, Kamis (9/7/2020) sekitar pukul 19.00 Wita. Hasil penyelidikan aparat kepolisian, korban diduga tewas karena keram perut saat memancing ikan sekitar 50 meter dari bibir pantai. 


DENPASAR -fajarbali.com |Secara resmi, 24 orang narapidana Narkotika Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan dipindahkan ke Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli, pada Kamis (9/7/2020). Pemindahan yang dikawal aparat kepolisian ini dilakukan agar para napi mendapatkan rehabilitasi medis dan sosial di lapas khusus narkotik tersebut. 

 

KUTA -fajarbali.com |Menyambut tatanan baru New Normal ditengah wabah pandemi covid-19, jajaran Bea Cukai Ngurah Rai melaksanakan program "One on One Meeting" dengan sejumlah mitra perusahaan melalui aplikasi video conference, pada Rabu (08/7/2020). 

DENPASAR - Fajarbali.com | Nasib malang dialami bocah berinisial NF (14). Sebab, NF yang merupakan korban pemerkosaan ini kembali diperkosa oleh oknum petugas Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lampung Timur.


MANGUPURA -fajarbali.com |Dalam menyambut era new normal di Bali, Kamis (9/7/2020), jajaran Satuan Reskrim Polres Badung sudah menyiapkan langkah-langkah nyata dalam mengamankan wilayah hukum Badung dari aksi aksi kejahatan. Selain melaksanakan giat patroli siang dan malam, pihak kepolisian akan menindak tegas para pelaku kejahatan jalanan, jika perlu tembak ditempat. 


MANGUPURA -fajarbali.com |Apes dialami perempuan asal Rusia ini, yakni Alena Kartaeva (27). Dia jadi korban jambret di Jalan Braban, Banjar Taman, Kerobokan Kuta Utara, Badung, Selasa (7/7) petang. Bahkan usai Iphone 11 Pro Max miliknya dibawa kabur penjambret, dia langsung menangis di depan warung hingga menjadi perhatian masyarakat. 


KUTA -fajarbali.com-Sebagai area jalur penerbangan lepas landas dan mendaratnya pesawat terbang, Bandara International Ngurah Rai melarang warga untuk menaikkan layang-layang karena sangat mengancam keselamatan penerbangan. Jika tetap membandel akan diberikan tindakan tegas. 

 

DENPASAR, fajarbali.com |Warga yang berdomisili di Jalan Taman Pancing Denpasar Selatan, Selasa (7/7/2020) dinihari kaget. Sebuah mobil pribadi yang diduga Datsun Panca, terguling dan terjatuh karena out of control. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu dan pengemudi mobil dalam keadaan selamat. 

DENPASAR- Fajarbali.com
Masyakarat anti korupsi (MAKI) dibawah pimpinan Boyamin Saiman yang mungkin saja baru dikenal masyarakat Bali saat melakukannya upaya hukum praperadilan terhadap kasus dugaan korupsi di Yayasan AL Ma'ruf Denpasar.