JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography

DENPASAR - fajarbali.com | Mantan Wakil Gubernur (Wabup) Bali I Ketut Sudikerta langsung menyatakan banding atas vonis 12 tahun yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar dalam sidang yang berlangsung, Jumat (20/12/2019) lalu. 

 

 

 

Dalam sidang, majelis hakim pimpinan Hakim Esthar Oktavi menyatakan terdakwa Sudikerta terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan dan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan secara bersama-sama. 

Perbuatan terdakwa Sudikerta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 3 UU RI.No.8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang.

"Menghukum terdakwa I Ketut Sudikerta oleh krena itu dengan pidana penjara selama 12 tahun, denda Rp 5 miliar apabila tidak dibayar diganti dengan hukuman kurungan selama 4 bulan, " demikian bunyi putusan hakim. 

Meski vonis ini lebih ringan 3 tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Eddy Artha Wijaya dkk., namun Sudikerta tetap menyatakan banding. " Terimakasih yang mulia, kami menyatakan banding, " kata Sudikerta merespon putusan tersebut. 

Sementara untuk terdakwa Anak Agung Ngurah Agung yang sebelumnya dituntut hukuman 8 tahun, oleh majelis hakim yang sama divonis 6 tahun penjara. Majelis hakim menyatakan terdakwa Anak Agung juga melakukan tindak pidana penipuan dan pencucian uang.

Atas vonis ini, terdakwa Anak Agung yang didampingi pengacara Agus Sujoko dkk., juga menyatakan banding. “Atas putusan ini, kami mengajukan banding yang mulia,” tegas Agus Sujoko yang juga diamini oleh kedua pengacara lainnya.

Sebagaimana tertuang dalam dakwaan kasus ini berawal pada 2013 lalu saat Maspion Grup melalui anak perusahaannya PT Marindo Investama ditawarkan tanah seluas 38.650 m2 (SHM 5048/Jimbaran) dan 3.300 m2 (SHM 16249/Jimbaran) yang berlokasi di Desa Balangan, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung oleh Sudikerta.

Tanah ini disebut berada di bawah perusahaan PT Pecatu Bangun Gemilang, dimana istri Sudikerta, Ida Ayu Ketut Sri Sumiantini menjabat selaku Komisaris Utama. Sementara Direktur Utama dijabat Gunawan Priambodo.

Setelah melewati proses negosiasi dan pengecekan tanah, akhirnya PT Marindo Investama tertarik membeli tanah tersebut seharga Rp 150 miliar. Transaksi pun dilakukan pada akhir 2013.

Namun beberapa bulan setelah transaksi justru baru diketahui jika SHM 5048/Jimbaran dengan luas tanah 38.650 m2 merupakan sertifikat palsu. Sedangkan SHM 16249 seluas 3.300 m2 sudah dijual lagi ke pihak lain. Akibat penipuan ini, PT Marindo Investama mengalami kerugian Rp 149 miliar.(eli).

HUKUM & KRIMINAL

Grid List

DENPASAR-fajarbali.com | Pria bernama Mukhamad Afifudin alias Udin (25) menjadi pesakitan karena mencabuli anak dibawah umur berinisial YED (13). Kuli bangunan ini terancam pidana penjara selama 15 tahun.

KUTA -fajarbali.com |Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Kuta, menggelar Deklarasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/ WBBM) di Aula Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Selasa (25/2/2020).

DALUNG -fajarbali.com |Pencabulan yang dilakukan oknum Kepala Sekolah (Kepsek) di salah satu SD di Kuta Utara, berinisial IWS terhadap mantan anak muridnya, Mawar (16), ternyata sudah diketahui banyak orang termasuk istri IWS sendiri.

DENPASAR -fajarbali.com |Pasukan Direktorat Pol Air Polda Bali mengobok-obok gudang oplosan gas elpiji di Jalan Mulawarman Abianbase Gianyar, Senin (24/2/2020) siang. Selain mengamankan 4 karyawan yang tertangkap basah sedang mengoplos, Polisi juga mengamankan barang bukti ratusan tabung gas ukuran 3 kg, 12 kg dan 50 kg. 

DENPASAR - fajarbali.com | Wanita 29 tahun asal Cianjur, bernama Putri Indrayani hanya bisa memohon pengampunan saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntutnya hukuman 6 tahun penjara.

DENPASAR - fajarbali.com | 15 pelajar begal dari geng donky memasuki persidanganan akhir pada persidangan tingkat pertama Pengadilan Negeri (PN) Denoasar, Senin (24/2/2020) .

 

DENPASAR - fajarbali.com | Pria bernama I Ketut Gede Arisata (23) diseret ke pengadilan karena melakukan kekerasan terhadap istrinya bernama Ni Gusti Ayu Seriasih hingga meninggal dunia.

 

MENGWI - fajarbali.com | Sosok orok membusuk terbungkus tas kresek ditemukan mengambang di Sungai Celuk Kapal, Mengwi Badung, pada Senin (24/2/2020) siang. Orok malang itu diduga sengaja dibuang oleh ibu kandungnya untuk menutupi aib perselingkuhan.

 

DALUNG - fajarbali.com | Tersangka IWS (43), oknum Kepala Sekolah (Kepsek) di salah satu SD di wilayah Kuta Utara yang mencabuli mantan muridnya, Mawar (16), terus menjalani pemeriksaan petugas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Badung. Ada pengakuan menarik yang disampaikan tersangka di dalam pemeriksaan tersebut. Apa itu ?

KUTA - fajarbali.com | Petugas Bea Cukai Bandara Ngurah Rai menggagalkan aksi penyelundupan 10.004 benih Baby Lobster yang dibawa seorang penumpang, Arha Harianto (24) melalui penerbangan Pesawat Air Asia QZ504 rute Denpasar-Singapura, pada Senin (24/2/2020) pagi. 

 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kasus pelaporan pelanggaran Keimigrasian yang dilakukan oleh bule Belanda,  Vanessa De Vries kembali memasuki babak baru,  setelah dilaporkan ke kantor Imigrasi Kelas I khusus Ngurah Rai karena melakukan bisnis di Bali tanpa ijin jelas,  kali ini Vanessa kembali di rundung masalah. Listing pemasaran villa-nya di blokir agen property di Bali.

DENPASAR - fajarbali.com | Pasukan Direktorat Ditreskrimum Polda Bali meringkus 2 maling khusus kamar kos asal Pengayaman Sukasada Buleleng yakni Syahrul Iman alias Syahrul (20) dan Bari Sobari (23). Kedua maling ini mengaku sudah beraksi di 6 TKP dengan menggasak handphone dan uang tunai di dalam kamar kos.

 

EKONOMI