JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Gede Raka Arimbawa akhirnya menghadirkan Putu Pasek Sandoz Prawirottama, anak mantan Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika sebagai saksi dalam kasus penipuan pelebaran Pelabuhan Benoa dengan terdakwa Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra, Selasa (17/7/2019).

Sebelumnya, Sandoz disebut-sebut ikut menerima aliran dana dari korban, Sutrisno Lukito Disasatro yang diberikan melalui terdakwa. Dalam kesaksiannya di hadapan majelis hakim pimpinan Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi, Sandoz mengaku menerima uang dari terdakwa.

Terungkap pula bahwa, Sandoz menerima uang pemberian terdakwa senilai 80.000 dolar dan Rp. 7,5 miliar. Hanya saja, menurut Sandoz, uang yang diberikan oleh terdakwa kepadanya dianggap fee alias upah kerja sebagai konsultan dari saksi korban, Sutrisno Lukito Disasatro.

"Sebagai konsultan apa yang anda sampaikan kepada korban," tanya Hakim Adnya Dewi yang dijawab memberikan saran dan masukan. "Realnya saya sampaikan kalau mau mengurus izin buat perusahaan terlebih dahulu," jawab Sandoz.

"Apakah saran atau masukan saksi didengar dan dilaksanakan oleh korban?," tanya hakim lagi yang dijawab dilaksanakan. "Dari mana saksi tahu kalau sarannya dijalankan oleh korban, apa saksi juga tahu ada PT. Bangun Segitiga Mas?," cecer Hakim.

"Saya tahu dari Made Jayantara. Setahu saya saat Pak Sutrisno konsultasi dengan saya PT. Bangun Segitiga Mas belum ada," jawab Sandoz. Hakim kembali menanyakan kepada saksi, apa saran yang diberikan kepada korban setelah PT. BSM berdiri.

Dijawab olah saksi Sandoz, setelah membuat perusahaan, disarankan untuk membuat surat perkenalan atau audiensi dengan Pemberian Provinsi (Pemprov) Bali. Saksi Sandoz juga mengatakan pernah mendengar ada audiensi dengan pihak Bappeda Bali.

"Saya tidak ikut dalam audensi itu, dan saya tahu ada audensi dari pak Candra (Candra Wijaya)," ungkap Sandoz yang mengatakan bahwa Candra Wijaya adalah partner dari saksi korban.

Sandoz juga mengakui bahwa terdakwa pernah disomasi oleh saksi korban. Dalam somasi itu, saksi korban meminta kembali uang yang pernah diberikan kepada terdakwa yang belakangan diketahui uang itu juga diberikan kepada saksi.

"Lalu kenapa saksi tidak mengembalikan uang yang diberikan oleh terdakwa," tanya hakim yang dijawab saksi tidak mengembalikan karena uang itu dianggap fee atau upahnya sebagai konsultan.

"Saya dimintai untuk mengembalikan uang. Tapi saya bilang saya sudah kerja. Dan saya juga tidak tahu ada masalah apa," terang Sandoz.

Sementara Jaksa Raka Arimbawa menanyakan kepada Sandoz apakah benar terdakwa ini adalah anak angkat dari Made Mangku Pastika dan dijawab tidak benar. Sandoz dalam kesaksiannya mengaku tidak mengetahui tentang pertemuan antara saksi korban dan juga terdakwa dengan Gubernur (Mangku Pastika) di rumah Gubernur. "Saya tidak pernah tahu ada pertemuan itu," ujar Sandoz.

Selain itu, dalam kesaksiannya, Sandoz juga banyak menjawab tidak tahu dan lupa. Pun soal pertemuannya dengan korban di Jakarta yang menurut terdakwa ada membahas soal pembagian tugas dalam pengurusan izin tersebut.

Sementara terdakwa usai sidang menjelaskan bahwa ada beberapa kesaksian Sandoz yang tidak lengkap. Salah satunya adalah terkait pertemuan dengan saksi korban di Jakarta. Padahal menurut terdakwa, dalam pertemuan itu dibahas pembagian tugas dalam pengurusan izin tersebut.

Selain itu, dalam pertemuan dengan Gubernur di rumah Gubernur, terdakwa mengatakan jika saksi Sandoz juga ada bersamanya. "Pertemuan dengan Gubernur itu terjadi setelah saya menyerahkan uang 80.000 dolar kepada Sandoz," pungkas terdakwa. (eli)

HUKUM & KRIMINAL

Grid List

 

DENPASAR -fajarbali.com | Tim Basarnas Bali masih melakukan pencaharian terhadap pelajar SMA asal  Banjar Buaji, Jalan Siulan, Penatih Dangin Puri yang dilaporkan tenggelam di Tukad (sungai) Batu Penyu di Jalan Siulan Gang Flamboyan, Kamis (2/7/2020) petang. 

 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Cari bambu untuk membuat layang-layang, nasib tragis dialami seorang pelajar kelas XII, Wayan Sukrayasa, 17. Pelajar ini terpeleset dan tenggelam di Tukad (sungai) Batu Penyu di Jalan Siulan Gang Flamboyan, Penatih Dangin Puri, pada Kamis (2/7/2020) petang. 

 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Peredaran narkoba menggunakan modus cairan liquid vape (rokok elektrik) bercampur tembakau gorilla diungkap jajaran Satresnarkoba Polresta Denpasar. Seorang pelakunya berhasil ditangkap di Jalan Persada Sari Denpasar

 

DENPASAR -fajarbali.com |Mara Elise Worford warganegara Amerika Serikat (51) ditemukan meninggal dunia di rumah kontrakanya di Jalan Siligita Gang Jambu no 28A Kelurahan Benoa Kuta Selatan. Belum diketahui penyebab kematian korban namun diduga karena sakit. 


BENOA -fajarbali.com |Dua hari dilakukan pencaharian, Kadek Dika (19) yang tenggelam usai sampannya terbalik, ditemukan Tim Basarnas gabungan, pada Kamis (2/7/2020). Pria asal Jimbaran itu awalnya ditemukan nelayan dan dilaporkan Tim SAR. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Setelah kurang lebih 4 bulan tidak menerima tahana baru, Lapas kelas II A Kerobokan akhirnya kembali menerima tahanan titipan dari Kejaksaan.


DENPASAR- fajarbali.com |Kesal di PHK di tempat kerjanya di Toko Roda Tehnik di Jalan Imam Bonjol Denpasar Barat, pria bernama Ahmad Baihagi (25) nekat membakar warung, toko dan dua unit mobil di wilayah Denpasar. 

 


Salah satu mobil yang dibakar yakni mobil Dahatsu Xenia warna silver DK 1182 FG di Jalan Gunung Karang Gang Kubu Padi Monang Maning Denpasar Barat. Dari hasil penyelidikan Polisi berhasil menangkap tersangka Ahmad tak jauh dari lokasi. 


Menurut Kanitreskrim Polsek Denpasar Barat AKP Andi Muhamad Nurul Yaqin, pihaknya menyelidiki kasus terbakarnya mobil Xenia milik korban, Beni Setiabudi (34). Mobil korban sebelumnya diparkir di tempat penyewaan mobil di TKP, pada Minggu (28/6/2020) sekitar pukul 17.00 Wita. 


Setelah itu, dia pulang ke rumahnya di Jalan Imam Bonjol Gang Imbora nomor 19C, Denpasar Barat. Paginya, Senin (29/6/2020), korban asal Jakarta itu mengetahui mobilnya yang diparkir sudah terbakar dan melaporkanya ke Polsek Denbar.  


"Kami menduga kuat mobil korban dibakar oleh orang lain dan melakukan penyelidikan," ungkap perwira asal Makassar Sulawesi Selatan itu, Kamis (2/7/2020). 


AKP Yaqin mengatakan pihaknya kemudian melakukan penyelidikan, memeriksa keterangan saksi saksi dan kamera CCTV di lokasi kejadian. Tapi sayang tidak ada CCTV diseputaran lokasi. "Jadi, kami hanya memperdalam keterangan saksi-saksi di TKP," beber mantan Kanitreskrim Polsek Kuta Selatan itu. 


Hasil pengembangan, pihaknya berhasil mendapatkan identitas pelakunya yang tinggal tak jauh dari TKP. Selanjutnya tersangka Ahmad Baihagi ditangkap tanpa perlawanan, pada Rabu (1/7/2020). "Pelaku pembakaran kami tangkap di kosnya dekat TKP," ujar AKP

DENPASAR - Fajabali.com | Pria berkebangsaan Irlandia, Ciaran Francis Caulfield yang diseret ke pengadilan dalam kasus penganiayaan menumpahkan kegundahannya atas persoalan yang menimpanya.


MANGUPURA -fajarbali.com |Selama Bulan Januari hingga Juni 2020, kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Badung cukup tinggi. Dimana, dalam kecelakaan selama 6 bulan itu menewaskan 27 pengendara dengan mayoritas pelanggaran tidak mengenakan helm. 

 


DENPASAR -fajarbali.com |Unit Perlindungan dan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Denpasar saat ini masih memeriksa tersangka I Made Yusa alias De Onte (54), mertua yang memperkosa menantunya NMS (14). Ternyata tersangka ini merupakan saudara sepupu ayah korban yang juga seorang Jro Mangku. 

 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Denpasar akhirnya merilis kasus mertua I Made Yusa alias De Onte (54) yang memperkosa menantunya sendiri NMS (14). Terungkap dari hasil pemeriksaan, De Onte membekap mulut korban di dalam kamar dan kemudian memperkosanya sebanyak 1 kali. 

 

MANGUPURA | Fajarbali.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Badung yang selama ini sepi pengungkapan kasus korupsi, dibawah pimpinan Hary Wibowo mulai tancap gas. Bahkan, belum lama ini Kejari Badung merilis satu perkara korupsi yang sedang ditangani.