JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Operasi Sikat Agung 2019 yang digelar jajaran Polda Bali selama 16 hari berhasil menggulung 74 tersangka yang terlibat kasus pencurian dan pemberantan (curat), pencurian kekerasan (curas) dan curanmor.

Menurut Direktur Ditreskrimum Polda Bali Kombespol Andi Fairan, Operasi Sikat Agung 2019 digelar selama 16 hari dari tanggal 27 Maret hingga 12 April. Operasi ini dilakukan dalam rangkan cipta kondisi menuju masa tenang dan paska hari pencoblosan Pemilu Serentak 2019.

Diungkapkanya, Operasi Sikat Agung yang berlangsung selama 16 hari ini menyasar kasus curanmor, curat dan curas. Dalam catatan selama Operasi Sikat Agung, jajaran Polda Bali dan Polres se Bali berhasil mengungkap kasus curat sebanyak 53 kasus, 3 kasus curas, dan 14 kasus curanmor. “Untuk jumlah tersangka, ada 56 kasus curat, curaas 5 tersngka dan curanmor 13 tersangka. Total 74 tersangka,” ungkapnya.

Kombes Andi menegaskan, untuk kasus yang paling menonjol selama Operasi Sikat Agung 2019 adalah kasus Transnasional Crime tindak pidana Skimming. Kasus ini diungkap oleh Tim Resmob Ditreskrimum Polda Bali, Selasa (9/4) sekitar pukul 08.00 Wita di ATM minimart Nirmala Kuta Selatan. Pelakunya 4 orang bule asal Bulgaria, yakni Calayon, Lugumonir, Nicolai dan Valentin.

Empat tersangka ini beraksi dengan modus pencurian data nasabah yang sudah divalidasi ke kartu putih mirip ATM. Kartu putih itulah yang digunakan untuk menguras uang para nasabah bank. “Pada saat diamankan, kami mengamankan hasilnya 2 juta,” ungkanya.
Dalam aksi pencurian data ini, para tersangka sebelumnya sudah mengetahui nomor pin nasabah, setelah meletakkan kamera tersembunyi di panel ATM. Setelah datanya divalidasi dan ditransfer ke kartu putih dan nomor PIN diketahui, kartu putih itu digunakan empat tersangka menguras isi tabungan nasabah.

“Jadi mereka ini menggunakan kartu putih itu kadang-kadang saja, kalau ada perlu membeli sesuatu, ambil uang di ATM,” pungkas mantan Direktur Ditsabhara Polda Sumatera Utara ini.
Sebagai ganjaran atas perbuatannya, empat tersangka melanggar tindak pidana sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses kompoter atau elektronik milik orang lain dengan cara apapun di ATM tanpa seijin pemiliknya.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 46 ayat 1 junto Pasal 30 ayat 1 UU nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan 363 ayat 1 dan 4 KUHP ancaman 5 tahun penjara. (hen)

HUKUM & KRIMINAL

Grid List

DENPASARfajarbali.com | Keseriusan Kejari Denpasar dalam menangani kasus dugaan penyelewengan dana desa di Desa Dauh Puri Klod  nampaknya tidak perlu diragukan lagi.

DENPASAR-fajarbali.com | Direktur PT. Panorama Bali I Made Anom Antara (48),yang diduga menipu seorang pengusaha bernama Njoo Daniel Dino Dinata,  Kamis (20/6/2019) tunntut hukuman satu tahun enam bulan (1,5 tahun). 

DENPASAR-fajarbali.com | Pedagang obat tradisional atau jamu bernama Juwarni (40) asal Situbondo, Jawa Timur, yang diadili karena menjual obat atau jamu yang tidak dibekali dengan izin edar, Rabu (18/6/2019) dituntut hukuman empat bulan penjara. 

DENPASAR-fajarbali.com | Setelah menyelidiki kasus penganiayaan di rumah kos di Jalan Kapten Japa Gang XVIII No.10 A Denpasar Timur, Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Denpasar Timur berhasil menangkap tersangka Adi Aprianto (32) di rumah pamannya di Jalan Tukad Pakerisan nomor 95 Denpasar Selatan, Kamis (13/6/2019) sekitar pukul 17.00 Wita.

DENPASAR-fajarbali.com | Pria kelahiran Amarasi, Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Yustinus Mulianto Jegalut alias Into yang diseret ke pengadilan sebagai terdakwa karena melempar anak usia 15 tahun berinisial I Komang JS, divonis lima bulan penjara. 

DENPASAR-fajarbali.com | Bermaksud merayakan ulang tahun bersama teman-temannya, anggota Polri Bripka Made Agus Darmayana (40) dikeroyok di Biliyard Queen di Jalan Gunung Andakasa, Denpasar Barat, Minggu (16/6/2019) dinihari.

DENPASAR-fajarbali.com | Berkas dua bule Rusia perampok Money Changer, Georgii Zhukov (39) dan Robert Haupt (32) sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Denpasar. Hanya saja, Polisi belum berhasil mengungkap keberadaan senpi laras panjang SS1 milik anggota Brimob Polda Bali yang dikeroyok di Hotel Ayana Nusa Dua Selasa, akhir tahun 2018 lalu.

GIANYAR-fajarbali.com|Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Bali Wayan Koster, melakukan peninjauan ke lokasi Proyek Revitalisasi Pasar Sukawati di Gianyar pada Jumat (14/6/2019).

DENPASAR-fajarbali.com | Selama tiga hari berturut-turut dari Rabu (12/6) hingga Jumat (14/6) besok, Polresta Denpasar melakukan pemeriksaan terhadap ratusan pucuk senjata api (senpi) milik anggota Polresta Denpasar.

DENPASAR-fajarbali.com | Masih teringat dengan I Nyoman Tinggal (45), pria yang mabuk dan mengacung-acungkan pedang di Jalan Pulau Batanta, 26 Maret 2019 lalu dan sempat viral si media sosial (medsos).  

DENPASAR-fajarbali.com | Aksi jambret yang terjadi di depan Masjid AL Rahmat Jalan Raya Kuta, menimpa pasangan suami istri asal Singapura, Uegene Aathar (25) diungkap tim gabungan Jatanras Ditreskrimum Polda Bali, Resmob Polresta Denpasar dan Polsek Kuta.

DENPASAR-fajarbali.com | Warga Negara (WN) Rusia bernama Andrei Zhestkov yang ditangkap di Bandara Ngurah Rai karena hendak membawa atau menyelundupkan orangutan, Rabu (12/6/2019) diadili di PN Denpasar.