JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Direktur Reskrimum Polda Bali Kombespol Andi Fairan menegaskan, penangkapan lima bule asal Bulgaria sebagai pelaku penjahat skimming sudah keempat kalinya dilakukan jajaran Ditreskrimum Polda Bali.

Para tersangka ini khusus menyasar wisatawan asing yang berlibur ke Bali.  “Kami sudah keempat kalinya mengungkap kasus skimming dari kelompok Bulgaria ini. Mereka ini penjahat transnasional,” tegas Kombes Andi, Kamis (6/2/2019). 

Kelima tersangka, kata Kombes Andi, datang ke Bali secara terpisah dengan tujuan untuk mencuri data nasabah Bank secara eletroknik. “Dari keterangan lima tersangka, ada yang sudah setahun beraksi. Bahkan ada yang datang Bulan Maret, Agustus dan akhir Desember 2018 lalu. Para pelaku ini mencari tempat tinggal tersendiri untuk menghindari pemantauan petugas kepolisian,” ujarnya. 

Diterangkannya, dalam aksi pencurian ini, kerja kelima tersangka cukup rapi. Setelah selesai beraksi di Bali, ada yang pulang membawa hasil ke negaranya. Selanjutnya, jaringan lainnya datang ke Bali untuk melakukan aksi yang sama. “Mereka menggunakan sistem sirkulasi, ada yang datang, ada yang pulang membawa hasil kejahatan. Nah jaringan lain masuk melakukan aksi yang sama,” ucapnya. 

Herannya, kata Kombes Andi, jaringan skimming ini tidak pernah beraksi di negaranya sendiri. Mereka datang ke Bali sudah direncanakan dan membawa alat alat perlengkapan skimming seperti kartu ATM warna putih dan penutup PIN kamera. “Mereka tidak pernah beraksi di negaranya, tapi beraksi di Bali karena disini banyak wisatawan asing yang berlibur,” terang perwira melati tiga di pundak itu. 

Ditambahkannya, pemasangan peralatan skimmer di mesin ATM membutuhkan waktu 10 menit saja. Selanjutnya mereka memantau siapa yang masuk ke ATM untuk bertransaksi. Dalam sekejab saja, ratusan juta uang nasabah diambil para tersangka dengan melakukan pencurian data elektronik secara illegal di kartu debit atau kartu kredit. 

Dari hasil interogasi, kelima pelaku mengaku sudah beraksi di beberapa TKP yakni di ATM di Jalan Labuan Sahid Pecatu Kuta Selatan, ATM Pecatu, ATM SPBU Teras Ayung, ATM Bank Mandiri Padangbay Karangasem, Bank Mandiri di Jalan Imam Bonjol dan ATM di Batubolong Canggu Kuta Utara. (hen)

HUKUM & KRIMINAL

Grid List

DENPASAR-fajarbali.com | Penyidik Ditreskrimsus Polda Bali terus menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi dana bantuan sosial (dana bansos) yang dilaporkan Wayan Udiana dengan terlapor Ketua DPRD Klungkung I Wayan Baru.

DENPASAR-fajarbali.com | Siapa yang tidak sedih melihat suaminya ditimpa masalah hukum, bahkan sampai dijebloskan dalam sel tahanan.

DENPASAR-fajarbali.com | Mencoba menghalau aksi trek-trekkan di Jalan Kerta Petasikan Gang Buntu, Suwung, Denpasar Selatan (Densel), Jumat (12/4) dinihari, dua anggota kepolisian Polsek Densel baku hantam dengan para pelaku.

DENPASAR-fajarbali.com | Ratusan driver taksi online mendatangi kantor hukum "Panglima Hukum" Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P. dan juga Managing Partner Law Office Togar Situmorang & Associates di Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Denpasar Bali, Jumat (12/4).

DENPASAR-fajarbali.com | Wayan Muka Udiana, tokoh masyarakat Nusa Penida Klungkung yang melaporkan Ketua DPRD Klungkung, Wayan Baru, dalam kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) di sejumlah pura di Klungkung, kembali bikin gebrakan terbaru.

DENPASAR-fajarbali.com | Operasi Sikat Agung 2019 yang digelar jajaran Polda Bali selama 16 hari berhasil menggulung 74 tersangka yang terlibat kasus pencurian dan pemberantan (curat), pencurian kekerasan (curas) dan curanmor.

DENPASAR-fajarbali.com | Tuntas sudah pengejaran Tim Resmob Polresta Denpasar dalam mengejar satu tahanan kabur yang belum tertangkap, yakni Jemmy Sinaga.

DENPASAR-fajarbali.com | Akibat perbuatannya mencekik pegawai salah satu Restauran, wanita kelahiran Mulago, Uganda bernama Kalungi Shamilah (32), Kamis (11/4/2019) diseret ke PN Denpasar untuk diadili. 

DENPASAR-fajarbali.com | Pengusaha asal Tanzania, Abdul Rahman Asuman (43) yang ditangkap menyelundupkan narkotika jenis sabu sabu seberat 1.130,96 gram yang disimpan perutnya ke Bali, Kamis (11/4/2019 disidangkan. 

DENPASAR-fajarbali.com | Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Bali, Anak Agung Alit Wiraputra yang diduga terlibat kasus dugaan penipuan perizinan proyek pelebaran Pelabuhan Benoa senilai Rp 16.1 miliar, tiba di Mapolda Bali, Kamis (11/4/2019) sekitar pukul 11.35 Wita.

DENPASAR-fajarbali.com | Berdasarkan hasil penyidikan Ditreskrimsus Polda Bali terungkap tersangka Sudikerta membagi-bagikan uang hasil penjualan tanah Pelaba Puri Jurit Luhur Uluwatu kepada dua tersangka sebesar Rp 26 miliar.

DENPASAR-fajarbali.com | Dua pekan ditetapkan sebagai tersangka (28/3/2019) lalu, terkait laporan Alim Markus Boss Grup Maspion, penyidik Ditreskrimsus Polda Bali akhirnya menahan tersangka Wayan Wakil dan Anak Agung Ngurah Agung, sejak Rabu (10/4) pagi.