JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography

DENPASAR - Fajarbali.com | Setelah beberapa kali batal memberikan kesaksian karena masih di luar negeri, Hedar Giacomo Boy Syam yang menjadi korban dalam kasus dugaan menyuruh memberikan keterangan palsu di dalam akta otentik dengan terdakwa Zainal Teyeb, Selasa (12/10/2021) hadir memberikan keterangannya.

Dalam sidang yang masih digelar secara daring, dihadapan majelis hakim pimpinan I Wayan Yasa, saksi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Imam Ramdhoni dan kawan-kawan soat diwarnai perdebatan antara saksi dengan tim kuasa hukum terdakwa. 

Apa yang menjadi perdebatan antara saksi dengan kuasa hukum terdakwa memang tidak terdengar dengan jelas mengingat perdebatan terjadi dalam sidang yang gelar secara daring (dalam jaringan) sehingga suara kedua belah pihak saling bertabrakan. 

Dalam sidang yang digelar secara daring ini, juga kembali membuat beberapa pertanyaan, baik dari jaksa maupun kuasa hukum terdakwa harus diulangi. Belum lagi sempat terjadi putus koneksi internet sehingga saksi sama sekali tidak mendengarkan apa yang ditanyakan. 

Sementara itu di awal kesaksiannya, saksi minta olah jaksa untuk menceritakan atau memberikan kesaksian terkait peristiwa hukum yang dialami, mulai dari pembuatan hingga penandatanganan akta nomor 33 yang ada beberapa poin dianggap tidak sesuai dengan fakta.

Saksi pun lalu bercerita bahwa, sebelum kasus ini bergulir di Pengadilan, pada tanggal 27 September 2017 saksi dipanggil oleh terdakwa di rumahnya di Jalan Majapahit, Kuta. "Di rumah terdakwa ini ada kesepakatan yang muncul yang dibacakan oleh notaris sebagaimana tertuang dalam akta nomor 33," jelas saksi memulai keterangannya. 

Dalam kesepatakan yang tertuang dalam akata nomor 33 itu, terdakwa menyatakan bahwa dia memiliki tanah selua 13.700 M2 yang terdiri dari 8 sertifikat yang dihargai Rp 4,5 juta per meter persegi. Saksi lalu sepakat untuk membayar semua itu dengan 11 cek. 

"Dari 11 cek itu, dalam kesepakatan itu juga disebutkan jika salah satu dari 11 cek saya itu ada yang tidak cair, maka seluruh uang yang sudah terbayar hangus dan seluruh objek tanah dan bangunan diatasnya kembali ke terdakwa Zainal, " terang saksi. 

Pada saat itu pula, saksi langsung menyanggupi apa yang menjadi permintaan terdakwa sebagaimana tertuang dalam akta nomo 33 itu."Kemudian notaris membacakan akta dan saya bersama terdakwa sama-sama mendengarkan, dimana dalam akta dan dikuatkan di dalam akta bahwa luas tanahnya adalah 13.700M2,"uangkap saksi. 

Dilanjutkan saksi, setelah mendengar isi akta, kedua belah pihak setuju dan saat itu pula langsung dilakukan penandatanganan."Seiring berjalannya waktu, kami meminta salinan atau foto copy sertifikat, tapi tidak diberikan oleh notaris," aku saksi. 

Padahal, notaris mengatakan bahwa pada saat penandatanganan akta, semua sertifikat sudah ada padanya dan sudah dilakukan pengecekan. "Baru setelah kami akan melakukan pelunasan, baru muncul salinan aktanya, dan saat itu langsung dilakukan pengecekan oleh staf saya yang bernama Ardika dan Citra," terang saksi. 

Nah, hasil pengecekan yang dilakukan oleh kedua stafnya ini ternyata dari 8 SHM (sertifikat hak milik) yang tertuang dalam akta No 33 luasnya tidak sampai 13.700 M2. Mengetahui itu, saksi langsung berkomunikasi dengan notaris. 

Saat bertemu, notaris menyatakan mungkin ada sertifikat yang lupa dimasukkan, mengingat pembuatan akta nomor 33 hanya dilakukan dalam waktu 24 jam."Notaris sempat mengatakan minta maaf, karena mungkin ada SHM yang belum dimaksukan dan meminta waktu untuk dilakukan perbaikan," beber saksi. 

Namun setelah ditunggu sekian lama, perbaikan yang dijanjikan oleh notaris tidak juga ada kabar beritanya sehingga saksi pun mengirimkan somasi ke pihak terdakwa. Isi somasi itu antara lain menanyakan apakah ada sertifikat lain yang belum masuk sehingga perlu dilakukan adendum (perbaikan) terhadap akta 33. 

Namun, jawaban dari pihak terdakwa menyatakan bahwa bahwa sertifikat yang lain bukan merupakan objek daripada akta. Karena bukan merupakan objek dari pada akta, maka saksi menganggap telah terjadi kelebihan pembayaran. Atas kejadian itu saksi mengatakan sempat melakukan mediasi dengan terdakwa. 

"Mediasi cukup lama hampir satu tahun tapi tidak ada hasil. Mediasi yang kami maksud disini adalah menanyakan apakah ada objek lain, apabila tidak ada maka bisa uang saya dikembalikan, tapi tetap tidak mau juga sehingga saya membuat laporan ke polisi dan kasusnya sampai ke persidangan ini," terang saksi.

Jaksa lalu menanyakan bagaimana terdakwa menyakinkan kepada saksi bahwa SHM yang menjadi objek dalam akta nomor 33 luasnya adalah 13.700M2? Saksi menjawab bahwa, pada saat di rumahnya, terdakwa mengatakan, semua objek tanah di perumahan Ombak Luxury Resident dijual kepada saksi. 

Saksi dalam sidang juga mengatakan, sebelumhya dia tidak pernah tahu adanya draft pembuatan akta nomor 33. Dia baru mengetahui adanya draft dalam pembuatan akta nomor 33 setelah diberi tahun oleh penyidik Polres Badung. 

Selain itu saksi juga mengaku tidak tahu bahwa yang membuat draft adalah saksi Yuri Pranatomo. "Kalau saya tahu yang buat draft adalah Yuri, maka saya tidak akan mau tandatangan," jelas saksi. Akibat perbuatan terdakwa Zainal Tayeb, Hedar mengaku merasa ditipu oleh terdakwa sehingga mengalami kerugian sebesar Rp 21 Miliar.(eli)

HUKUM & KRIMINAL

Grid List

DENPASAR- Fajarbali.com | Dukungan moril yang ditujukan kepada Zainal Tayeb tersakwa kasus dugaan menyuruh menempatkan keterangan palsu di dalam akta otentik terus mengalir. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kasus pencabulan dialami seorang anak berinisial MC yang dilakukan oleh kakek tirinya di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Kasus ini bergulir tanpa kepastian meski peristiwa tersebut berlangsung cukup lama.

 

KUTA -fajarbali.com |Dalam setahun terakhir jajaran Bea Cukai memusnahkan ribuan botol minuman keras, rokok dan jutaan rokok yang nilainya mencapai Rp 1.8 miliar. Pemusnahan barang bukti (BB) hasil penindakan di bidang kepabeanan dan cukai ini dilaksanakan di halaman Kanwil Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara di Jalan Airport Ngurah Rai, Tuban, Badung, Senin 18 Oktober 2021 siang. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka alias DKP akhirnya resmi 'diinapkan' di Rutan Kerobokan, Denpasar sejak, Senin (18/10/2021).

 

KUTA UTARA -fajarbali.com |Keributan antar warga negara asing terjadi di Jalan Pantai Berawa Desa Tibubeneng Kuta Utara, pada Sabtu 16 Oktober 2011 sekitar pukul 00.50 Wita. Dalam perkelahian satu lawan satu, bule New Zealand berinisial JMJN mengalami luka robek dibagian leher akibat terkena pecahan botol dan dilarikan ke rumah sakit. Sementara pelaku asal Marocco berinisial YEY (25) diamankan di Polsek Kuta Utara. 

DENPASAR-Fajarbali.com | Penyidik Unit PPA Polres Karangasem telah menetapkan I Nengah Kicen sebagai tersangka atas kasus dugaan pembunuhan terhadap anak kandungnya yang masih berusia 13 tahun, I Kadek Sepi.

DENPASAR-Fajarbali.com | Pria berinisial IW yang diduga oknum Jendral bintang satu diadukan ke Polda Bali. Dalam pengadu ini, IW tidak sendiri, dia bersama seorang wanita berinisial AL. Keduanya diadukan oleh I Made Wirawan, Kamis (14/10/2021) sekitar pukul 13.Wita. 

DENPASAR- Fajarbali.com |  Restia Hidayah alias Nino Munaf alias Nino resmi mengadukan  6 selebgram dengan nama akun masing-masing @Si_Zezaaa, @jimmyprayoga10, @alan_darmawan, @wnyoc30, @Idhaflo77, dan @putrijimbo31 ke polisi.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Berdalih faktor ekonomi, pasangan suami istri (pasutri) pengedar narkoba bernama Putri (21) dan Rommy (25) ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polresta Denpasar. Pasutri asal Jakarta yang ditangkap di rumah kos di Jalan Juwet Sari, Denpasar Selatan, itu sebelumnya sempat bekerja sebagai tukang cuci mobil. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Peredaran narkoba di Denpasar seakan tidak pernah surut. Bahkan dalam sebulan terakhir, terhitung dari tanggal 1 September hingga 11 Oktober 2021, Satresnarkoba Polresta Denpasar berhasil mengungkap 36 kasus dengan 51 tersangka. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kuasa hukum Hendra Kurniawan terpidana 15 tahun penjara kasus narkotika yang beberapa waktu lalu di layar ke Lapas Nusa Kambangan, Agus Dwi Hariyanto SH., MH tidak terima kliennya disebut bandar narkoba.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Didampingi kuasa hukumnya R Reydi Nobel SH, I Made Wirawan (48) mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Bali, pada Kamis 14 Oktober 2021, untuk melaporkan oknum pengawai BUMN asal Jakarta dan oknum Polisi bintang satu berinisial IW. Kedua terlapor itu diduga melakukan tindak pidana pengancaman dan pemerasan terhadap kliennya. 

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR- Fajarbali.com | Dukungan moril yang ditujukan kepada Zainal Tayeb tersakwa kasus dugaan menyuruh menempatkan keterangan palsu di dalam akta otentik terus mengalir. 

SINGARAJA-fajarbali.com | Memasuki tahun terakhir pada 2022, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buleleng, Bali 2017-2022 siap dikebut. Ini dilakukan mengingat masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng hanya tersisa sebelas bulan lagi.

SINGARAJA-fajarbali.com | Sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap Covid-19, aplikasi PeduliLindungi sangat wajib untuk diterapkan sebagai alternatif screening awal Covid-19, selain protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan vaksinasi tentunya. Dilihat dari data kemarin, jumlah tempat yang sudah teraktivasi aplikasi PeduliLindungi di Kabupaten Buleleng sebanyak 784 titik. Demikian disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan saat menyampaikan release hariannya, Senin (18/10/20121).

DENPASAR-fajarbali.com | Menindaklanjuti Pemilu yang akan digelar pada Tahun 2024 mendatang, DPRD Bali berupaya untuk melakukan berbagai persiapan, utamanya soal anggaran. Terbukti dengan adanya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif Dewan tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Umum Legislatif, Gubernur, dan Wakil Gubernur Tahun 2024.

NEGARA -fajarbali.com | Meski serapan anggaran pada APBD Induk yang ada di setiap OPD sudah baik yakni, 67 persen di Jembrana. Bupati Jembrana I Nengah Tamba tetap mengumpulkan seluruh pimpinan OPD dilingkup Pemkab Jembrana serangkaian desk APBD perubahan serta evaluasi serapan anggaran ditahun berjalan di ruang pertemuan lantai dua Gedung Kesenian Ir Soekarno Jembrana. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kasus pencabulan dialami seorang anak berinisial MC yang dilakukan oleh kakek tirinya di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Kasus ini bergulir tanpa kepastian meski peristiwa tersebut berlangsung cukup lama.

 

KUTA -fajarbali.com |Dalam setahun terakhir jajaran Bea Cukai memusnahkan ribuan botol minuman keras, rokok dan jutaan rokok yang nilainya mencapai Rp 1.8 miliar. Pemusnahan barang bukti (BB) hasil penindakan di bidang kepabeanan dan cukai ini dilaksanakan di halaman Kanwil Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara di Jalan Airport Ngurah Rai, Tuban, Badung, Senin 18 Oktober 2021 siang. 

BANGLI-fajarbali.com | Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini usai meninjau pasien korban gempa di RSU Bangli, langsung bergerak  menuju banjar Cemara Landung, Desa Terunyan, Kintamani yang paling parah terdampak bencana longsor hingga menelan 2 korban jiwa.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Pemerintah Kabupaten Klungkung semakin serius berupaya antisipasi penyebaran dan penyalahgunaan narkoba. Apalagi saat ini, kalangan remaja justru menjadi target utama para bandar. Untuk membentengi generasi muda sejak dini, Senin (18/10/20121), dilangsungkan workshop pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di lingkungan pendidikan.

AMLAPURA-fajarbali.com | Menteri Sosial RI,Tri Rismaharini, M.T. turun kelokasi bencana gempa bumi di Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, Senin (18/10/20121). Dalam kunjunganya, Tri Rismaharini, M.T. menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak gempa. Bahkan, Mensos juga turun langsung ke Banjar Dinas Jati Tuhu, lokasi dengan dampak gempa terparah. 

AMLAPURA-fajarbali.com | Sebanyak tiga ton beras, 320 terpal, 300 mie instan, 60 dus kopi dan susu sachet  diserahkan oleh Baguna DPD PDI Perjuangan Bali kepada masing-masing posko penanganan bencana di tiga desa terdampak bencana alam gempa bumi yang terjadi pada Jumat (16/10) lalu. Gempa berkekuatan Magnitude 4.8 merusakan ratusan rumah, serta tiga korban jiwa.

BANGLI-fajarbali.com | Selain menelan korban jiwa dan luka-luka, dampak gempa berkekuatan 4,8 SR yang mengguncang Bali terutama Bangli dan Karangasem, Sabtu (16/10/2021), juga menyebabkan kerugian material mencapai miliaran rupiah.

TABANAN-fajarbali.com | Adanya hari cuti bersama pada Rabu 20 Oktober menyambut Hari Raya Maulid Nabi Muhamad SAW, Perumda Tirta Amertha Buana pada pelayanan kantor dan kasir tutup sementara, sehingga pihak Perumda mengajak pelangganya untuk membayar tagihan melalui transaksi digital melalui mobile banking atau melalui ATM. 

TABANAN-fajarbali.com | Pembahasan atas Kesepakatan Bersama Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2022 dikatakan dapat terlaksana dengan baik, Bupati Tabanan Dr I Komang Gede Sanjaya S.E., M.M sampaikan pendapat pada Rapat Paripurna ke-13 Masa Persidangan III tahun sidang 2021, di TCC kantor Bupati Tabanan, Senin (18/10/20121).

DENPASAR-fajarbali.com |  Dibukanya pintu pariwisata internasional secara resmi oleh Pemerintah Provinsi Bali pada 14 Oktober 2021 lalu disambut gembira sejumlah pelaku UMKM di Pulau Dewata. Meski begitu, kalangan usaha kecil ini menilai kebijakan tersebut tidak akan serta-merta berdampak signifikan terhadap peningkatan pendapatan omzet atau penjualan usaha.

DENPASAR-fajarbali.com | Duta Bahasa Provinsi Bali yang diwakili I Gusti Made Andrian Sumantri dan Anak Agung Erlika Trisna Dewi atau disebut SUMARLIKA, saat ini sedang mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2021 bertempat di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.

DENPASAR - Fajarbali.com | Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka alias DKP akhirnya resmi 'diinapkan' di Rutan Kerobokan, Denpasar sejak, Senin (18/10/2021).

 

KUTA UTARA -fajarbali.com |Keributan antar warga negara asing terjadi di Jalan Pantai Berawa Desa Tibubeneng Kuta Utara, pada Sabtu 16 Oktober 2011 sekitar pukul 00.50 Wita. Dalam perkelahian satu lawan satu, bule New Zealand berinisial JMJN mengalami luka robek dibagian leher akibat terkena pecahan botol dan dilarikan ke rumah sakit. Sementara pelaku asal Marocco berinisial YEY (25) diamankan di Polsek Kuta Utara. 

BANGLI-fajarbali.com | Setelah sempat vakum beberapa tahun, pelaksanaan Kontes Anjing Kintamani kembali digelar Pemkab Bangli. Pelaksanaan Kontes Anjing Kintamani tersebut dibuka langsung Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Minggu (17/10/2021) yang dipusatkan  di depan Monumen Pahlawan Anak Agung Anom Mudita. Hadir juga saat itu, Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika, Forkompinda Kabupaten Bangli dan pimpinan OPD di Lingkungan Pemda Bangli.

BANGLI-fajarbali.com | Tiga desa di Kecamatan Kintamani, yakni Desa Abang Batudinding, desa Abang Songan dan desa Terunyan hingga Minggu (17/10/2021) sore,pasca gempa dan tanah longsor masih terisolir.

MANGUPURA-fajarbali.com | Guna meningkatkan perekonomian masyarakat melalui peran UMKM, Pemkab Badung dan Pemkot Bandung bekerjasama menggelar Bandung Week Market 2021 di Beachwalk Kuta.

AMLAPURA-fajarbali.com | Sebagai daerah pariwisata, sejumlah infrastruktur terutama jalan dan pendukung lainya masih sangat kurang di wiayah Desa Purwakerthi,Kecamatan Abang, Karangasem. Selama ini, wisatawan kerapmengeluhkan kurangnya infrastruktur sehingga wisatawan merasa kurang nyaman saat beriwisata di wilayah Purwakerthi, terutama Amed. Hal itu dikatakan Perbekel Desa Purwakerthi, I Nengah Kariawan, Minggu (17/10/2021).

DENPASAR-fajarbali.com |  Dibukanya pintu pariwisata untuk wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali, secara perlahan akan kembali meningkatkan geliat kunjungan ke objek-objek wisata di Pulau Dewata. Kendati saat ini kunjungan wisman belum menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, namun pelaku pariwisata tetap optimis geliat sektor pariwisata akan kembali bergerak seperti sediakala.

DENPASAR-fajarbali.com | Dalam rangka memperingati "Hand Hygiene Day" Komite Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI) dan Pengendalian Resistensi Antimikroba (PRA) beserta Humas RSUP Sanglah Denpasar, Jumat (15/10/2021) menggelar sosialisasi dan edukasi kepada siswa-siswi SMPN 7 Denpasar terkait cara menerapkan protokol kesehatan (prokes), sekaligus melakukan penyuluhan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar di masa pandemi Covid-19.