JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography

 
DENPASAR -fajarbali.com |Kurangnya kesadaran masyarakat dalam mendisplinkan tertib lalulintas, kerap menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Kesadaran itu harus dipupuk sejak dini, agar mampu mengimplementasikan sistem nilai etika dan budaya santun berlalulintas, sekaligus bisa menekan tingginya angka kecelakaan. 


Guna meningkatkan kesadaran masyarakat tersebut, jajaran Ditlantas Polda Bali berencana akan memasukkan aturan tertib lalulintas dalam kurikulum pelajaran di sekolah sekolah baik itu ditingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Kurikulum tertib lalulintas ini sedianya akan dimasukkan dalam mata pelajaran PKN. 


"Ya, kami akan pelajari dulu bagaimana  tentang tertib lalulintas bisa masuk ke kurikulum sekolah sekolah bekerjasama dengan Diknas. Peraturan tertib lalulintas ini akan masuk di mata pelajaran PKN," ujar Direktur Lalulintas Polda Bali Kombes Pol Indra SIK, Minggu (27/9/2020). 


Pihaknya pun berharap agar gagasan ini bisa segera diakomodir dengan Dinas Pendididikan di Bali. Ditlantas Polda Bali akan segera berkoordinasi bagaimana metode materinya. 


Dengan masuknya aturan tertib lalulintas dalam kurimulum pelajaran sekolah, jelas Kombes Indra, para pendidik atau guru juga akan diberikan pelatihan-pelatihan tentang keselamatan berlalulintas. 


"Kami juga akan memberikan pelatihan kepada guru guru nanti. Mereka akan kami latih supaya bisa memahami dan menerapkan kepada murid muridnya," terang perwira melati tiga dipundak itu. 


Menurut mantan Ka.SPN di Polda Riau ini, masuknya kurikulum tertib lalulintas dalam pelajaran sekolah sangatlah penting. Tujuannya jelas, agar generasi muda secara dini sadar dan mampu mengedukasi tata cara berlalulintas yang baik, santun dan lancar. 


"Sekaligus bisa mengubah perilaku pengendara agar selalu berhati-hati di jalan. Jika masyarakat sudah disiplin berkendara, kemungkinan bisa menekan tingginya angka kecelakaan," ungkapnya. 


Kombes Indra mengakui program masuk ke sekolah sekolah ini dulunya ada, tapi sekarang ini belum efektif dilakukan karena ditengah wabah pandemi. Seperti Go To Schooll dan Polisi Sahabat Anak. 


Program ini bertujuan untuk mengubah pola pikir anak-anak tentang tata cara keselamatan berlalulintas. "Karena kondisi pandemi sekarang ini belum efektif tapi nanti akan kami giatkan kembali," terangnya. 


Diterangkannya, untuk merubah mainset seseorang sangatlah sulit. Perlu dilakukan secara perlahan-lahan atau secara bertahap. 


"Dimulai dari anak TK ini. Mereka diajarkan supaya dekat dan bersahabat dengan Polisi dan jangan takut sama Polisi. Kesadaran harus tumbuh dimulai dari diri sendiri bukan takut dengan petugas. Takutlah dengan pelanggaran karena pelanggaran itu akan mencelakakan kita," imbuhnya. (hen)

HUKUM & KRIMINAL

Grid List

 

CANGGU -fajarbali.com |Guna mencegah klaster baru Tim Yustisi Kabupaten Badung melakukan sidak masker di Pantai Batubolong Canggu Kuta Utara, Sabtu (24/10/2020) sekitar pukul 18.00 Wit. Sidak masker ini dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Operasi Polres Badung Kompol I Wayan Suana, SH. 

 

CANGGU -fajarbali.com |Tim Opsnal Polsek Kuta Utara berhasil menangkap Muhamad Amin Sanae (20), jambret spesialis turis asing. Pria yang tinggal di Jimbaran, Kuta Selatan ini, ditangkap saat melintas di Jalan Padang Linjong, Canggu, Kuta Utara, Badung, Jumat (23/10/2020). 

DENPASAR-Fajarbali.com | Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Maranatha Denpasar saat ini sedang dihujani sejumlah persoalan hukum yang harus dihadapi.

DENPASAR - Fajarbali.com | Penghuni rumah kos di Jalan Siwa Loka, Keluarahan Padangsambian, Denpasar Barat geger.

 

SANUR -fajarbali.com |Penemuan orok membusuk berlangsung di pinggir parit areal jongging track di Jalan Prapat Baris Sanur Kauh Denpasar Selatan, Jumat (23/10/2020) sekitar pukul 07.00 Wita. 

 

MENGWI -fajarbali.com |Sebuah truk pengangkut minuman softdrink mengalami kecelakaan di Jalan Raya Kapal Mengwi tepatnya di simpang Muncan Mengwi Badung, Jumat (23/10/2020). Akibat kecelakaan out of control tersebut, puluhan krat botol minuman tumpah ruah di jalan dan hanya menyisahkan pecahan kaca. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Jajaran Satuan Lantas Polresta Denpasar melaksanakan sosialisasi Operasi Zebra Lempuyang 2020 yang berlangsung, pada Jumat (23/10/2020). 

 

MENGWI -fajarbali.com |Tim gabungan Yustisi wilayah Kabupaten Badung rutin melaksanakan razia masker agar masyarakat patuh melaksanakan protokol kesehatan (prokes) covid-19. Jika setiap hari banyak ditemukan pelanggaran, namun operasi masker yang berlangsung di Pasar Adat Penarungan nihil pelanggaran. 


DENPASAR -fajarbali.com |Satu Kompi Dalmas Polres Badung  yang lengkap dengan peralatannya  dilepas Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi, SIK menuju Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Kamis (22/10/2020). 


MENGWITANI -fajarbali.com |Razia perut lapar kembali dilaksanakan jajaran Polres Badung. Kalau sebelumnya di Pasar Beringkit kini di selengarakan di jalan Raya Mengwitani, tepatnya jalan masuk menuju terminal Mengwi, Badung, Kamis, (22/10/2020) pagi. 


DENPASAR -fajarbali.com |Menjelang cuti bersama yang jatuh pada akhir Oktober mendatang, jajaran Polda Bali akan memberikan pengamanan di sejumlah tempat wisata dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Hal itu diungkapkan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Kamis (22/10/2020). 

DENPASAR - Fajarbali.com | Aksi demo tolak UU Cipta Kerja oleh mahasiswa dan serikat pekerja di depan Kantor DPRD Provinsi Bali dan depan Kampus Unud Sudirman beberapa waktu lalu berujung ricuh hingga akhirnya polisi menembakkan gas air mata.