JA Teline V - шаблон joomla Форекс

HUKUM & KRIMINAL
Typography


DENPASAR -fajarbali.com |Direktur Lalulintas Polda Bali Kombes Pol Indra SIK mengatakan kecelakaan lalulintas di Bali cukup tinggi dan didominasi usia produktif dari kalangan pelajar. Tingginya kecelakaan ini akibat faktor kelalaian orang tua memberikan sepeda motor yang seharusnya tidak boleh dilakukan. 


Kombes Indra menerangkan, dilihat dari angka kecelakaan di usia produktif sangat mendominasi, yakni usia 16 tahun sampai 30 tahun. Namun, di usia 16 tahun yang tergolong masih dibawah umur ini, masih ada juga usia dibawah itu sudah diberikan orang tuanya naik kendaraan. 


"Pihak orang tua jangan bangga berikan motor ke anaknya. Jangan bangga anak kita sudah bisa naik motor keliling bolehlah, tapi belum waktunya dia. Kebanyakan kita ini bisa mengendarai tapi tidak paham aturan. Inikan bahaya," ungkapnya Rabu (23/9/2020).  


Untuk mencegah tingginya angka lakalantas di Bali, tegas Kombes Indra, pihak Ditlantas Polda Bali akan melakukan sosialisasi di sekolah sekolah dan diteruskan kepada orang tua murid. Hanya, karena saat ini masih masa pandemi, pihaknya akan memanfaatkan jejaring media sosial sebagai langkah awal sosialisasi. 


"Saya kan baru seminggu disini menjabat situasi masa pandemi. Kami akan memanfaatkan dulu media sosial sebagai bahan sosialisasi kedepannya," tegas mantan Ka.SPN di Polda Jatim ini. 


Sejalan sosialisasi di media sosial, Kombes Indra menegaskan, pihaknya juga sudah memerintahkan anggotanya dilapangan untuk melakukan sosialisasi pada saat pengaturan di jalan, sambil membawa tulisan berupa himbauan. 


"Kami juga berharap masyarakat melihat juga himbauan itu. Himbauan itu merupakan implementasi dari peraturan yang ada, agar masyarakat bisa paham bahwa tertib lalulintas itu penting. Karena tertib lalulintas merupakan cermin budaya bangsa dan cermin peradaban. Kita harus menyelamatkan generasi muda kita agar tidak jadi korban dan jangan dibiarkan," terangnya.  


Disinilah, kata Kombes Indra, betapa pentingnya peran orang tua di rumah untuk mencegah agar anaknya tidak mengendarai motor. Namun terkadang orang tua cenderung mengabaikan anaknya dilepas begitu saja. 


"Nah, kalau sudah anaknya tabrakan baru nangis nangis, kalau motornya ditahan baru merengek rengek. Beli motor kan pakai duit, bukan untuk dirusak atau ditabrakkan begitu saja," ujarnya lagi. 


Diakuinya, di era "jaman now" ini orang orang selalu merasa dikejar-kejar waktu. Tapi kondisi ini bisa membahayakan keselamatan diri sendiri. Dimana masyarakat mengabaikan keselamatan hanya untuk mengejar waktu. 


Semestinya, kata Kombes Indra, masyarakat bisa meminits waktu saat melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sehingga terkesan tidak terburu buru di jalan namun bisa berakhir dengan kecelakaan. 


"Ini juga yang sering diabaikan masyarakat. Alasan buru-buru ngebut lalu kecelakaan. Sebaiknya masyarakat bisa mengatur sekejul aktifitas agar tidak kebut kebutan dijalan," tuturnya. 


Sebagai garda terdepan keselamatan masyarakat, pihak kepolisian akan terus melakukan himbauan dan sosialisasi ke masyarakat. Tujuannya adalah untuk melindungi jangan sampai masyarakat jadi korban karena kelalaian. 


"Masyarakat jadi korban karena kesalahan sendiri dan karena pelanggaran yang mereka lakukan. Apalagi banyak yang meninggal. Kami berharap kesadaran masyarakat untuk selalu terus tertib lalulintas," pungkasnya. (hen)

HUKUM & KRIMINAL

Grid List


DENPASAR -fajarbali.com |Oknum pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Denpasar berinisial RR (18) diciduk anggota Satresnarkoba Polresta Denpasar, Rabu (14/10/2020) malam. Remaja yang tinggal diseputaran Jalan Pulau Buru Denpasar itu dibekuk karena kepemilikan daun ganja kering. 

 

TUBAN -fajarbali.com |Tim Satuan Tugas Cepat Tanggap (Satgas) Bandara Ngurah Rai yang terdiri dari anggota TNI AU, Polisi dan security Bandara melakukan penertiban Layang-layang di area Bandara International I Gusti Ngurah Rai, Selasa (20/10/2020). 


MANGUPURA -fajarbali.com |Dalam mengantisipasi demo susulan, jajaran Polres Badung menyiagakan 3 Pleton Dalmas bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Wakapolres Badung, Kompol Ni Putu Utariani mengecek langsung kesiapan pasukan itu di lapangan apel Polres Badung, Selasa (20/10) pagi. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Sidang kasus dugaan ujaran kebencian dengan terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx, Selasa (20/10/2020) kembali dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi meringankan yang dihadirkan oleh Jerinx. 


KEROBOKAN-Setelah menjalani rapid tes massal, puluhan napi Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Kerobokan Klas IIA Kerobokan terpapar covid-19. Guna mengantisipasi agar penularan tidak meluas, Lapas terbesar di Bali itu pun seketika Lockdown hingga kini. 


DENPASAR -fajarbali.com |Selama 15 Bulan bertugas menjalankan misi perdamaian dan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afrika Tengah, 8 personel Polda Bali yang tergabung dalam Satgas Garuda Bhayangkara II FPU 11 UNAMID (United Nation and African Union Mission in Darfur) dan FPU I Minusca kembali ke tanah air. 


DENPASAR -fajarbali.com |Penyebaran wabah covid-19 tidak pandang bulu, semua bisa terjangkit virus yang mematikan itu. Bahkan, tercatat ada 14 anggota Polresta Denpasar yang terpapar dan kini masih menjalani karantina di rumah sakit. 


DENPASAR -fajarbali.com |Kasus pembobolan mesin ATM di wilayah Mengwitani Badung, diungkap jajaran Ditreskrimum Polda Bali. Empat pelaku asal Palembang Sumatera Selatan dibekuk tanpa perlawanan, pada Kamis (15/10/2020). 

DENPASAR - Fajarbali.com | Pernyataan pihak Kejaksaaan yang menyebut Ida Bagus Surya Bhuana alias Gusnik terpidana 5 tahun dalam kasus korupsi pada PT. Dapen Pupuk Kaltim yang ditangkap di Bali, Kamis (15/10/2020) masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) diprotes oleh tim kuasa hukumnya. 

DENPASAR-Fajarbali.com | Vonis hukuman percobaan yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar terhadap Ciaran Francis Caulfield bule asal Irlandia yang didakwa menganiaya karyawannya sendiri mendapat komentar pedas dari tim kuasa hukum korban.


DENPASAR -fajarbali.com |Guna mengantisipasi demo Omnibus Law susulan di Jakarta, Polda Bali mengirimkan 100 personel BKO atau Satuan Setingkat Kompi (SSK) Dalmas Polda Bali dan 2 petugas medis dalam rombongan tersebut. Mereka diberangkatkan dari halaman mako Polda Bali, Senin (19/10/2020), dipantau langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose. 


DENPASAR -fajarbali.com |Menyikapi situasi adanya demo disejumlah daerah di tanah air belum lama ini, jajaran Polda Bali menyelenggarakan silaturahmi dengan tokoh agama dan tokoh pemuda untuk menjaga Bali aman dan damai yang berlangsung di sebuah hotel di Denpasar, Senin (19/10/2020) .