JA Teline V - шаблон joomla Форекс

DENPASAR
Typography

DENPASAR - fajarbali.com | Menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama yang harus dilakukan setiap masyarakat di tengah pandemi virus corona saat ini. Dalam hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengimbau beberapa upaya yang harus dilakukan untuk mencegah penularan virus yang semakin meluas di masyarakat.

Seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, melakukan etika batuk dan bersin yang benar, menjaga asupan nutrisi yang baik, serta melakukan olahraga secara rutin.

 

Pakar Olahraga, Zaenal mengungkapkan, Kegiatan berolahraga secara rutin, menjadi salah satu upaya efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, seseorang menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang bakteri, kuman maupun virus penyebab penyakit.

 

"Selama pandemi virus corona, masyarakat bisa melakukan berbagai macam olahraga untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Terdapat dua jenis olahraga yang bisa dilakukan, yaitu olahraga persarafan dan olahraga fisik. Pada prinsipnya dua jenis olahraga tersebut bisa dilakukan di rumah," terangnya.

 

Lebih lanjut, Zaenal menjelaskan, olahraga persarafan dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu pernapasan, vokalisasi dan postur. Olahraga penapasan yang biasanya dilakukan adalah yoga. Olahraga persarafan yang dilakukan secara rutin dapat membuat tubuh lebih sehat serta dapat mengurangi risiko stres selama pandemi Covid-19.

 

"Saat ini kita kan dianjurkan menjalani physical distancing, berdiam diri di rumah. Karenanya, sangat tepat melakukan olahraga persarafan yang bisa dilakukan kapanpun," ucapnya.

 

Di samping olahraga persarafan, olahraga fisik juga bisa dilakukan. Dengan melakukan olahraga fisik bisa membantu tubuh tetap bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Olahraga fisik mendorong otot besar bisa bekerja secara aktif. Dengan begitu kebugaran tubuh bisa ditingkatkan.

 

"Olahraga fisik ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik menggunakan peralatan fitness, maupun dengan melakukan gerakan olahraga mandiri seperti jalan cepat, jogging, senam maupun berenang. Namun dalam olahraga fisik, tidak dilanjutkan untuk melakukan secara berlebihan. Sebab dengan latihan yang berlebihan tidak bisa mendapatkan kebugaran, justru dapat mengganggu kondisi kesehatan akibat kelelahan," paparnya.

 

Zaenal menambahkan, apabila olahraga dilakukan di luar ruangan atau luar rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan selama pandemi virus corona. Hal pertama diperhatikan adalah pastikan tubuh dalam kondisi yang fit untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Kemudian, hal yang kedua adalah wajib mematuhi aturan menjaga jarak fisik dengan dengan orang-orang di sekitar. Terakhir, tentu saja tetap menggunakan masker ketika berolahraga.

 

"Ketiga hal tersebut penting diperhatikan, agar kegiatan olahraga di luar ruangan dapat berjalan dengan baik, aman dan sehat. Bukan hanya itu, beberapa langkah tersebut juga dapat menghindarkan diri dari risiko penularan virus dari orang lain," tegasnya. (dar).