JA Teline V - шаблон joomla Форекс

EKONOMI
Typography

DENPASAR-fajarbali.com | Dalam sambutannya Gubernur Bali Wayan Koster diacara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia  (BI) Provinsi Bali di Kantor perwakilan BI Provinsi Bali, Renon, Jumat (23/8). Pihaknya akan terus menggenjot pertumbuhan ekonomi Bali lebih baik dari sebelumnya. Bahkan harus tumbuh di kisaran angka 7 persen.

Pertumbuhan ekonomi itu diharapkan dampaknya justru akan lebih dinikmati manfaatnya oleh kelompok masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Menurut Gubernur Koster, pertumbuhan ekonomi Bali selama ini sudah cukup baik, namun sebetulnya secara potensi dan peluang masih dapat lebih ditingkatkan lagi. “Masih ada potensi besar yang bisa diakselerasi, dipercepat. Pola ekonomi di Bali selama ini sebenarnya masih lebih banyak disebabkan faktor alamiah, belum sepenuhnya didukung dengan intervensi kebijakan dari pemerintah daerah,” ungkapnya.

Supaya mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi Bali semakin lebih baik, dengan mengoptimalkan segala potensi dan peluang yang dimiliki, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pemetaan yang dilanjutkan dengan pembuat desain.

Hal yang sama dikatakan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menyebutkan acara ini merupakan gambaran bahwa BI akan terus melakukan sinergi dengan stakeholder, mitra, Pemda, dinas dan lembaga terkait serta pelaku usaha. Harapannya ialah untuk memberikan kontribusi yang lebih baik bagi perekonomian Bali. “Tugas pemerintah yang semakin berat, ekonomi global yang kondisinya semakin melambat. Perang dagang China dengan US (Amerika Serikat) meluas. Dampaknya, koreksi pertumbuhan ekonomi di banyak negara. Pertanyaannya, seberapa lama kebijakan makro ekonomi bisa menahan itu?” urainya. 

Ditambahkannya, isu resesi ini masih santer terdengar, dan beruntung perekonomian Indonesia masih bisa tumbuh di kisaran angka 5 persen dalam situasi tersebut. “Apa bisa lebih tinggi?  Kita harus realistis. Dengan berbagai usaha yang dilakukan, kita masih bisa berkisar di angka 5,2 persen. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Pendapatan masyarakat menurun, menahan tingkat konsumsi. Berdampak di sektor manufaktur dan lainnya. Kita bersyukur Indonesia bisa bertahan dan di jajaran negara-negara G-20 termasuk pada pertumbuhan tinggi,” papar Dody.

Namun demikian Dody menyebut Bali masih bisa menjadi yang terdepan dalam pertumbuhan ekonomi yang disebabkan bertumpu pada sektor pariwisata.  Sementara itu dalam prosesi pengukuhan, Trisno Nugroho dilantik  sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali. Trisno sendiri sebelumnya adalah Kepala Grup Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan pejabat sebelumnya Causa Iman Karana selanjutnya menempati posisi baru sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tokyo, Jepang. (kdk)