JA Teline V - шаблон joomla Форекс

EKONOMI
Typography
DENPASAR - fajarbali.com | Holding Ultra Mikro yang melibatkan tiga entitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM resmi terbentuk.

Hal ini seiring dilakukannya penandatanganan Akta Inbreng saham pemerintah pada Pegadaian dan PNM sebagai penyertaan modal negara kepada BRI selaku induk holding di Jakarta, 13 September 2021. Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir bersama dengan Direktur Utama BRI Sunarso, dan dihadiri oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, dan Direktur Utama PNM Arief Mulyadi serta Wakil Direktur Utama BRI yang sekaligus sebagai Ketua PMO (Project Management Office) Tim Privatisasi BRI Catur Budi Harto.



Milestone bersejarah bagi UMKM ini tidak mengubah porsi kepemilikan pemerintah atas saham pengendali di BRI. Di sisi lain, setelah holding terbentuk, negara tetap memiliki satu lembar saham merah putih seri A atau golden share di Pegadaian dan PNM.

Sebelumnya pembentukan Holding Ultra Mikro telah mendapat persetujuan dari Komite Stabilitas Sistem Keuangan pada 5 Februari 2021, Ketua Komite Privatisasi pada 17 Februari 2021, dukungan dari parlemen yakni Komisi XI dan Komisi VI DPR RI pada 16 Maret & 18 Maret 2021, dan telah diikuti dengan penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) No 73/2021 tentang Penyertaan Modal Negara (PMN) BRI, 2 Juli 2021, lalu. Holding juga didukung pula dengan Keputusan Menteri Keuangan tentang nilai PMN BRI pada 16 Juli 2021, persetujuan dari RUPS-LB BRI pada 22 Juli 2021, serta persetujuan OJK Bank serta OJK Pasar Modal pada 24 Agustus & 30 Agustus 2021.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan hal ini menjadi tonggak bersejarah berdirinya Holding Ultra Mikro yang memiliki visi ekonomi kerakyatan. “Saya berterima kasih atas komitmen tiga BUMN mewujudkan Holding Ultra Mikro dan ini merupakan momentum kebangkitan ekonomi nasional melalui penciptaan lapangan kerja baru dan penyerapan tenaga kerja,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Fajar Bali di Denpasar, Senin (13/9/2021).

Holding Ultra Mikro, tambahnya, akan memberikan berbagai kemudahan dan biaya pinjaman dana yang lebih murah dengan jangkauan yang lebih luas, pendalaman layanan, dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan. “Tentunya pemerintah secara keseluruhan memiliki solusi besar untuk menunjukkan keberpihakan kepada sektor ultra mikro. Ketika pemerintah berbicara tentang Indonesia Maju, maka di dalamnya ada kemajuan segmen ultra mikro, melalui penguatan ketahanan ekonomi dan pertumbuhan berkualitas, mengurangi kesenjangan, dan meningkatkan kualitas SDM terutama pengusaha Ultra Mikro dengan pemberdayaan melalui holding ini,” imbuh Erick. Erick menekankan bahwa hadirnya holding akan memperkuat model bisnis masing-masing perseroan.

Menurutnya, BRI, Pegadaian dan PNM akan saling melengkapi memberikan layanan keuangan yang terintegrasi untuk keberlanjutan pemberdayaan usaha ultra mikro. “Kehadiran holding ultra mikro ini akan meningkatkan pemberdayaan dan menyediakan pembiayaan yang lebih lengkap dan lebih murah, karena itu salah satu tujuan dari hadirnya Holding UMi melalui sinergi ketiga BUMN. Melalui co-location jejaring layanan BRI ke depan akan dilengkapi pula dengan loket untuk Pegadaian, maupun pos para account officer (AO) dari PNM Mekaar. Bahkan melalui berbagai simulasi, co-location mampu mencatatkan efisiensi karena menekan biaya operasional dan biaya dana (cost of fund),” ujarnya optimistis.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama Bank BRI, Sunarso mengamini Erick. Menurutnya, Holding Ultra Mikro akan menghasilkan lembaga pemberdayaan mikro termasuk ultra mikro terbesar yang memiliki ekosistem keuangan terlengkap. Ekosistem ultra mikro yang dibangun berdasarkan sinergi model bisnis BRI, Pegadaian, dan PNM akan mampu memberikan journey layanan keuangan yang terintegrasi bagi pelaku usaha di segmen tersebut. “Journey-nya dimulai dengan fase Empower dimana PNM melalui model bisnis Group Lending-nya memberikan program pemberdayaan kepada nasabah yang unfeasible dan unbanked untuk menjadi pengusaha ultra mikro yang lebih independen. Selanjutnya, pada fase Integrate, saat nasabah PNM sudah menjadi feasible dengan kapasitas bisnis yang meningkat, dapat ditawarkan produk Ultra Mikro BRI dan Pegadaian.

Tujuan akhir dari Integrated Journey dalam Ekosistem Ultra Mikro ini adalah fase Upgrade, dimana nasabah UMi telah berkembang menjadi pengusaha dengan kapasitas bisnis yang lebih matang dan siap naik kelas ke segmen Mikro,” ujar Sunarso. Lebih lanjut, Sunarso menjelaskan potensi holding dari segi bisnis. Dari data yang dimiliki pihaknya, usaha ultra mikro yang membutuhkan pendanaan tambahan mencapai 45 juta nasabah pada 2018. Dari jumlah itu, yang sudah tersentuh lembaga keuangan formal baru sekitar 15 juta nasabah.

“Pembentukan ekosistem ultra mikro akan memperkuat perjalanan BRI dalam mencapai aspirasi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion, dan terus memberikan value berkelanjutan bagi seluruh stakeholders,” ujar Sunarso. Sementara itu, Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menambahkan jika sinergi ekosistem Ultra Mikro yang yang terbentuk karena holding akan memberikan akses layanan keuangan yang lebih luas dan lebih mudah kepada pelaku usaha di segmen tersebut.

Seiring dengan perkembangan usaha, kebutuhan pendanaan tambahan dapat dilayani juga oleh Pegadaian untuk produk gadai serta layanan investasi dalam bentuk Tabungan Emas juga dapat menjadi tambahan akses layanan keuangan kepada nasabah ultra mikro. Pegadaian akan melanjutkan peran pemberdayaan PNM melalui akses produk berbasis gadai dan layanan keuangan lainnya yang lebih luas kepada nasabah ultra mikro yang feasible dan bankable sehingga naik kelas. Ini menjadi momentum bagi Pegadaian untuk terus tumbuh bersama masyarakat. Langkah ini sejalan dengan latar belakang perusahaan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan ekonomi. Selain itu juga sesuai dengan visi Pegadaian, menjadi The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan sebagai agen inklusi keuangan pilihan utama masyarakat.

Optimisme senada diungkapkan Direktur Utama Permodalan Nasional Madani Arief Mulyadi. Menurutnya, ketiga entitas sudah melakukan integrasi terutama dalam sumber daya, infrastruktur dan data. Dengan integrasi ekosistem UMi melalui holding, kami pun optimistis program PNM Mekaar akan semakin memberikan manfaat bagi masyarakat kecil karena dapat mengoptimalkan peran pemberdayaan PNM dengan penurunan biaya overhead. Kami tentunya lebih yakin ke depan dengan sinergi dan penguatan ekosistem UMi melalui holding akan semakin terakselerasi, dan ini tentunya sebuah kebanggaan bagi kami. Selain sebagai pemacu pertumbuhan, holding UMi ini akan memberikan nilai tambah untuk nasabah.

Tercapainya sinergi ultra mikro ini tak lepas dari dukungan pemerintah, termasuk diantaranya regulator, parlemen, dan pemegang saham serta seluruh manajemen dan karyawan dari ketiga entitas holding. “Oleh karena itu, dengan ditandatanganinya akta inbreng pada hari ini, kami persembahkan Holding UMi ini khususnya untuk pelaku usaha ultra mikro dan umumnya bagi pelaku UMKM yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional serta bagi seluruh stakeholder,” pungkas Catur. (RL/GDE).

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR -Fajarbali.com| Kasus dugaan penipuan dan penggelapan dengan terdakwa Stephanus Wirawan alias Tommie Liem (44) telah masuk pada agenda tuntutan, Selasa (21/9) lalu. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fajar Said menjatuhkan tuntutan 5 bulan penjara.

DENPASAR – fajarbali.com  I Dalam rangka memperingati hari jadi atau anniversary Honda ADV Indonesia Bali Chapter yang ke 2, serangkaian kegiatan seru dilaksanakan 18-19 September 2021. Dengan mengangkat tema “Ride & Camp yang memiliki arti berkendara lalu camping atau menginap yang dimana tujuan utamanya itu bisa mempererat kualitas tali persaudaraan antar member dan bisa menyaring seluruh aspirasi dari member.

DENPASAR - Fajarbali.com | Zidang kasus dugaan menyuruh memasukan keterangan palsu ke dalam akta ontentik dengan terdakwa Zaenal Tayeb, Selasa (21/9/2021) kembali dilanjutkan.

SINGARAJA-fajarbali.com  I Pembangunan Taman Bung Karno (TBK) di Kelurahan Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali pada minggu ke 18 mengalami deviasi positif sebesar 9,61 persen. Dari target sebesar 47,47 persen menjadi 57,08 persen. Selain itu, patung Bung Karno telah dipasang sehingga menambah kemajuan pembangunan sebesar lima persen menjadi 62,08 persen.”Hari ini juga telah dipasang patung Bung Karno yang telah lama kita tunggu-tunggu,”ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng Gede Melandrat saat ditemui usai meninjau pemasangan patung Bung Karno, Selasa (21/9).

SINGARAJA – fajarbali.com I Guna memberikan Pelayanan yang maksimal  terhadap masyarakat di masa pandemi Covid-19, Tiga kantor pelayanan publik di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Buleleng menerapkan pencegahan penyebaran melalui aplikasi peduli lindungi.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Aloisius Gonzaga Tasi (39) tidak pernah kapok jadi begal. Dia acap beraksi setelah keluar dari Lapas Kerobokan Juli 2021 lalu. Begal asal Flores NTT ini dikenal sadis karena setiap beraksi sering bawa senjata tajam (sajam). 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Kasus salah input data pasien terpapar covid-19 yang sembuh tapi dinyatakan sudah meninggal, masih didalami Polisi. Setelah memeriksa sejumlah saksi termasuk saksi kunci penginput data dari Satgas Covid-19 Dinas Kesehatan (diskes) Kota Denpasar berinisial Kadek MS, Polresta Denpasar saat ini tengah membidik pejabat berwenang atau yang bertanggungjawab dalam pengawasan input data tersebut. 

DENPASAR – fajarbali.com  I Pengumuman pemenang event Honda School Olympic Competition untuk area Bali sudah diumumkan secara virtual yang diselengarakan pada Sabtu, (18/9) dan di tayangan melalui account official resmi Instagram @hondafansbali.

Ajang kreatifitas siswa yang menampilkan bakatnya sebagai bentuk penyampaian pesan edukasi secara kreatif melalui  “Road To Honda School Olympic” sebelumnya telah berhasil memilih 5 finalis perkategori yang diumumkan di account official resmi Instagram @hondafansbali.

DENPASAR – fajarbali.com  I Pengumuman pemenang event Honda School Olympic Competition untuk area Bali sudah diumumkan secara virtual yang diselengarakan pada Sabtu, (18/9) dan di tayangan melalui account official resmi Instagram @hondafansbali.Ajang kreatifitas siswa yang menampilkan bakatnya sebagai bentuk penyampaian pesan edukasi secara kreatif melalui  “Road To Honda School Olympic” sebelumnya telah berhasil memilih 5 finalis perkategori yang diumumkan di account official resmi Instagram @hondafansbali.

SINGARAJA – fajarbali.com  I Guna menjaga imunitas rekan-rekan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di tengah pandemi Covid-19, Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra mengimbau kepada para rekan-rekan ODHA untuk betul-betul rutin dalam mengkonsumsi obat. Dimana, obat Antiretroviral (ARV) telah disediakan oleh pemerintah secara gratis. Hal tersebut disampaikannya usai menyerahkan paket sembako kepada rekan-rekan ODHA yang terdapat di Kecamatan Banjar dan Kecamatan Seririt beberapa hari yang lalu.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Tuntas sudah karier panas "selegram bugil" yang akrab dipanggil Kuda Poni alias Bintang Live. Wanita cantik bertubuh mulus yang kerap manggung di media sosial Mango Live dan Bingo pernah bekerja sebagai Ladies Company atau Pemandu Lagu di salah satu karaoke di Denpasar. 

SINGARAJA – fajarbali.com I Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengapresiasi penuh Perkumpulan Atau Persatuan Ibu- Ibu tunggal di Desa Sawan yang bernama Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). PEKKA merupakan perkumpulan kegiatan Ibu-ibu yang bersifat sosial. Suradnyana menyampaikan, Ibu-Ibu berperan sentral mencetak generasi muda berkarakter dalam menyambut bonus demografi Indonesia. ”Bagi saya ibu – ibu merupakan orang yang bisa membentuk karakter keluarga. Para ibu-ibu dapat membentuk karakter anak yang baik,”tutur Suradnyana.

SINGARAJA –fajarbali.com   I  Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Buleleng berhasil meraih dua penghargaan bergengsi di tingkat Provinsi Bali. Penghargaan itu yakni Juara I Lomba Perpustakaan untuk Umum (Desa/Kelurahan) dan Juara Harapan II Lomba Bertutur bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD).

 

DENPASAR -fajarbali.com |Polresta Denpasar hingga kini belum berhasil mengungkap pelaku pelempar bom molotov yang meneror Kantor LBH Himpunan Penerus Pejuang Pembela Tanah Air milik John Korassa Sonbai di Jalan Pidada XIII Nomor 22, Banjar Sari, Ubung, Denpasar Utara, pada Kamis 16 September 2021 sekitar pukul 00.30 Wita. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Tim Unit Judi Susila Satreskrim Polresta Denpasar masih mendalami keterangan Rani alias RR, selegram cantik yang ditangkap karena mempertontonkan aurat saat live di aplikasi Mango Live. Dalam kasus ini, selegram RR akan dikenai UU Pornografi dan UU ITE. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Wabah pandemi Covid-19 yang terus berkelanjutan membuat sejumlah warga negara asing (WNA) yang tinggal di Bali hengkang ke Australia. Dilaporkan, hingga Sabtu 19 September 2021 sekitar pukul 01.10 Wita, tercatat 172 penumpang asal berbagai negara dan ada juga dari Indonesia, keluar dari Bali dengan menumpang pesawat Qantas Airways (QF108) dengan rute Denpasar-Darwin Australia. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Nana Juhariah terpidana kasus narkotika yang sudah divonis hukuman 3 tahun penjara oleh hakim tingkat kasasi pada tanggal 3 Januari 2015 silam, hingga berita ini ditulis belum juga dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar. 

Denpasar-FajarBali.com | Pemda Provinsi Jabar dan Pemda Provinsi Bali meluncurkan program Beli Bali di Rumah Sanur, Bali, Jumat (17/9/2021). Beli Bali merupakan program  kolaborasi untuk saling memajukan UMKM dengan memasarkan produk-produk unggulan melalui platform aplikasi borongdong.id.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, program Beli Bali diharapkan mampu mendorong pemulihan ekonomi di Bali maupun Jabar yang terpuruk akibat pandemi COVID-19. Menurutnya, kolaborasi menjadi faktor penting untuk mengatasi situasi serba sulit di tengah pandemi. 

"Kami ke sini atas nama solidaritas daerah. Kami ekonomi sudah happy, kalau Bali belum happy, kami juga enggak happy. Kurangi kata kompetisi, perbanyak kata kolaborasi," kata Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil. 

Kang Emil berharap semakin banyak pelaku UMKM Bali yang memasarkan produk unggulannya kepada warga Jabar via borongdong.id. Apalagi, Jabar yang berpenduduk hampir 50 juta jiwa dapat menjadi pasar bagi pelaku UMKM Bali. 

Menurut Kang Emil, penjualan produk UMKM dan ekraf Bali di borongdong.id sudah mencapai Rp500 juta sebelum program Beli Bali diluncurkan. "Kalau tidak salah gabungan yang sudah masuk ke saya lebih dari Rp500 juta walaupun belum di-launching, produk sudah dibeli," katanya.

Kang Emil menuturkan, program Beli Bali untuk tahap pertama dimulai dengan memasarkan produk UMKM kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jabar. Hal itu dilakukan karena ASN secara pendapatan relatif tidak terpengaruh oleh pandemi COVID-19. 

Setelah itu, produk UMKM Bali pun akan dipromosikan kepada masyarakat Jabar. Selain promosi, Pemda Provinsi Jabar-Pemda Provinsi Bali akan mengupayakan pendanaan untuk menjamin pemasaran produk-produk UMKM Bali. 

"Kita mulai dulu tahap satu ke ASN. Karena ASN-ASN tidak terpengaruh oleh COVID-19 pendapatannya. Sekarang bela negara dengan belanja. Jadi, belanja adalah bela negara. Segmen pertama ASN. Yang kedua adalah masyarakat umum," tuturnya. 

Kang Emil pun meminta kepada bank bjb untuk turut serta memasarkan produk UMKM Jabar dan Bali kepada nasabahnya. Apalagi, nasabah bank bjb sudah mencapai 4 juta nasabah. Jumlah itu bisa membangkitkan gairah pelaku UMKM untuk terus berproduksi. 

Wakil Gubernur Bali  Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik program Beli Bali. Menurutnya, kolaborasi dua provinsi dalam memajukan UMKM dapat menjadi contoh dalam memperkuat perekonomian.

"Antara Bali dan Jabar punya kedekatan yang luar biasa kalau dari menilik ekonomi kreatif. Jawa Barat pusat ekonomi kreatif dan Bali juga cukup maju ekonomi kreatif," ucapnya. 

Sementara itu, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldy mengatakan, pihaknya senang karena turut dilibatkan dalam program-program pengembangan UMKM. 

"Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya karena kami bisa diberikan peran untuk ikut serta dalam pengembangan, baik itu di borongdong maupun Beli Bali," ucapnya. dek

 

DENPASAR -fajarbali.com |Subnit 4 Satuan Reskrim Polresta Denpasar mengamankan artis selegram papan atas berinisial RR di sebuah apartemen di Jalan Taman Pancing Denpasar Selatan, pada Jumat 17 September 2021. Selegram cantik ini diciduk karena kerap mempertontonkan tarian bugil saat live di aplikasi manggo yang ditonton ribuan warganet. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Polda Bali melalui Kabid Humas Kombes Pol Syamsi belum lama ini telah menyita dan mengembalikan dokumen sertifikat hak milik (SHM) bernomor 5048 berlabel "B" milik Pura Luhur/Jurit Uluwatu Pecatu, Jimbaran Kuta Selatan, melalui Notaris Nyoman Sudjarni SH. Sedangkan SHM berlabel "A" yang notabene palsu disita oleh penyidik Ditreskrimum Polda Bali. 

DENPASARFajarbali.com | Pengusaha asal Bugis yakni Zainal Tayeb, 65,  jalani sidah perdana secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (16/9) kemarin. Sidang terhadap lelaki kelahiran Mamasa 25 April 1965 ini, didudukan sebagai terdakwa terkait dugaan tindak pidana menyuruh memasukkan keterangan palsu ke dalam akta autentik, dipimpin Hakim Ketua I Wayan Yasa.

GIANYAR- fajarbali.com | Arus utama lalulintas kendaraan di pusat Kecamatan Sukawati dialihkan sampai Desember 2021 mendatang. Hal ini karena adanya pekerjaan kontruksi pembuatan terowongan menghubungkan Pasar Seni Sukawati dengan Pasat Umum Sukawati. 

GIANYAR-fajarbali.com | Melandainya kasus covid 19 di Gianyar, Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar memutuskan untuk pertemuan tatap muka (PTM). Kegiatan belajar mengajar siswa PAUD-TKK, SD, SMP ini dimulai Senin tanggal 20 September nanti. Hal ini ditegaskan Kadisdik Gianyat, I Wayan Suradnya, Kamis (16/9/2021) 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Peristiwa heboh menimpa Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di Jalan Pidada XIII Nomor 22, Ubung, Denpasar Utara. Kantor pengacara milik Jhon Korassa Sonbai itu dilempar bom molotov oleh 2 pengendara motor matic, pada Kamis 16 September 2021 sekitar pukul 00.30 Wita.