JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Selama 1 Dasa Warsa, Bukti Komitmen Honda Untuk Bali Dukung Festival Omed-omedan

EKONOMI
Typography

DENPASAR- fajarbali.com | Omed-omedan adalah sebuah tradisi unik yang hanya dapat ditemui di Banjar Kaja Sesetan, Desa Sesetan, Denpasar. Omed-omedan, yaitu ritual saling peluk dan tarik-menarik secara bergantian antara dua kelompok muda-mudi yang rutin diadakan setiap tahun pada  hari Ngembak Geni yaitu hari pertama setelah Nyepi. Tradisi omed-omedan sebagai bagian dari wujud masima krama atau dharma shanti (menjalin silaturahmi) antar sesama warga.

 

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen terhadap budaya Bali, Astra Motor selaku Main Dealer Resmi sepeda Motor Honda wilayah Bali, kembali berpartisipasi melalui Corporate Social Responsility (CSR) Honda Untuk Bali dalam festival omed-omedan sebagai rangkaian perayaan Hari Nyepi Caka 1940, yang dilaksanakan oleh Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti, Banjar Kaja Sesetan pada  hari  Minggu (18/3) .

Tradisi omed-omedan tahun ini mengambil tema “Jana Kerti” tegaknya kesucian atau keseimbangan dalam diri sendiri, bertujuan untuk dapat menguatkan vibrasi energi positif pada diri kita sebagai manusia yang merupakan bagian dari sad kerti secara sekala dan niskala dan juga berbagi energy positif demi mencapai kerahayuan, merupakan luapan kegembiraan warga dalam menyambut pergantian tahun saka dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi unik yang perankan oleh pemuda-pemudi warga Sesetan.

Bentuk dukungan yang dipersembahkan Honda dalam festival ini, berupa support seragam pemuda pemudi, membuka booth Honda Mobile Cafe yang tentunya menyediakan berbagai macam fasilitas menarik bagi pengunjung yang dapat menunjukkan kartu Semeton Honda Bali. Fasilitas yang diberikan diantaranya: gratis minuman dingin, snack, dan merchandise menarik yang kesemuanya itu didapatkan dengan mengunjungi booth tersebut. Puluhan pengunjung yang membawa kartu semeton berbondong-bondong datang untuk mendapatkan fasilitas yang ditawarkan tersebut.

Festival Omed-omedan 2018 menampilkan tradisional parade, yang diikuti  banjar-banjar lain seputaran wilayah Sesetan dengan menampilkan keunikan dan keistimewaan masing-masing banjar. Selain itu masyarakat juga di suguhkan dengan aneka makanan khas Bali dalam peken paiketan krama sesetan dengan total pedagang 100 stand selain makanan juga di lengkapi dengan berbagai pakaian bali,lukisan bali, dan pernak-pernik serta perlengkapan sembahyang serta cek kesehatan gratis. Support dan partisipasi seniman lokal  Bali dan dengan bintang tamu tahun ini adalah Lolot Band selain itu performance dari paradigma band,balikustik dan DGO feat Paff band.

Menurut beberapa pengunjung, tradisi unik ini memang dinanti warga kota, termasuk masyarakat luar Bali dan wisatawan yang kebetulan lewat wilayah Sesetan.

“Bali kaya dengan budayanya, kegiatan Omed-omedan ini sangat positif karena merupakan salah satu bagian dari budaya Bali, kehadiran kami disini sebagai wujud komitmen Honda Untuk Bali selama satu dasa warsa mendukung budaya Bali, ungkap Ronaldo Widjaja selaku Region Head Astra Motor Bali.(Sud)