JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA - fajarbali.com | Di kala fokus menangani pandemi Covid-19, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta tak lupa pada 'nasib' para petani. Selasa (14/7/2020), bupati meninjau sejumlah Koperasi Unit Desa (KUD) untuk memastikan gabah yang dihasilkan petani bisa dibeli dengan harga yang pantas. Untuk memastikan kualitas gabah di musim hujan, pemkab pun berencana untuk memberikan bantuan alat RMU (Rice Milling Unit) dan Dryer.


Bupati Suwirta yang didampingi Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana meninjau KUD yang ditunjuk sebagai mitra program Beli Mahal Jual Murah (Bima Juara). Mengingat saat ini program inovasi Pemkab Klungkung tersebut sudah dua tahun bergulir. Selama itu pula, KUD mitra pemkab diwajibkan untuk membeli gabah petani dengan harga lebih tinggi, kemudian dijual dalam bentuk beras dengan lebih murah daripada harga pasar.

"Program ini sejalan dengan program pemerintah pusat, yakni bagaimana cara pemerintah daerah menjaga kedaulatan pangan di daerahnya sendiri”, ujar Bupati Suwirta usai meninjau KUD Panca Satya Desa Dawan Klod, KUD Jaya Werdhi Desa Takmung dan KUD Artha Wiguna Desa Gelgel.

Di hari yang sama, Bupati Suwirta juga meninjau sekaligus memberikan motivasi kepada pengurus KUD Sedana Rata Desa Bakas dan KUD Sri Sedana Desa AAN agar turut berperan aktif dalam menyerap gabah petani. Hal ini sebagai bentuk nyata untui membantu menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung.

“Pemkab Klungkung akan terus memberdayakan KUD yang ada di Kabupaten Klungkung dalam hal menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung. Ke depan KUD akan dibantu Dryer dan RMU untuk membantu memberdayakan petani,” ungkapnya.

Disampaikan, pemberian bantuan RMU (Rice Milling Unit) dan Dryer ini kepada KUD bertujuan agar gabah petani tetap dapat diserap dan mencegah kerusakan pada gabah petani akibat musim hujan.   
“Semoga dengan bantuan yang diberikan dapat menciptakan kesejahteraan bagi para Petani di Kabupaten Klungkung," imbuhnya. (dia).