JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA - fajarbali.com | Bertepatan dengan Hari Purnama Sasih Kasa, Minggu (5/7/2020), Jro Mangku Dalem Pemuteran di Losan, Desa Takmung, Banjarangkan, Klungkung ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Tubuh Jro Mangku ditemukan di dalam kolam di areal Pura Dalem Pemuteran. Kuat dugaan, Jro Mangku yang saat walaka bernama Made Aryana Adhi (60) ini mengalami serangan jantung.


Kadus Losan, Ketut Suetana menyampaikan, peristiwa duka ini kali pertama diketahui oleh pasangan suami istri, AA. Kompiang Witari (40) dan I Made Kariasa (47). Ketika itu, sekitar pukul 07.00 Wita, pasutri yang rumahnya berada di sebelah pura hendak melakukan persembahyangan di Pura Dalem Pemuteran. Sedangkan Jro Mangku sempat dilihat sedang bersih-bersih di area pura tersebut.

Beberapa saat kemudian, AA. Kompiang Witari mebanten di sejumlah Pelinggih. Sesampai di Pelinggih di dekat kolam, tiba-tiba AA. Kompiang Witari terkejut melihat ada kaki yang dibalut celana trening menyembul dari dalam kolam. Saat didekati, ternyata Jro Mangkulah yang terjatuh di kolam tersebut dengan posisi tengadah dan hidung terendam air. Melihat hal tersebut, AA. Kompiang Witari spontan berteriak memanggil suaminya.

Tak berselang lama, kejadian tersebut sudah didengar oleh warga sekitar. Petugas kepolisian kemudian tiba di TKP dan bersama-sama mengevakuasi tubuh Jro Mangku. Setelah berhasil diangkat dari kolam sedalam sekitar satu meter tersebut, Jro Mangku langsung dibawa ke RSUD Klungkung untuk diberi pertolongan. Sayangnya, saat tiba di RSUD, Jro Mangku dinyatakan sudah meninggal dunia.

"Kemungkinan sakit jantungnya kambuh. Memang Jro Mangku sempat opname enam bulan lalu karena sakit jantung," ujarnya seraya menduga, ketika penyakit jantungnya kambuh, Jro Mangku langsung terjatuh ke dalam kolam.

Pasca kejadian tersebut, Ketut Suetana mengatakan pihak keluarga sudah mengikhlaskan kepergian Jro Mangku. Meski demikian, jenazah tidak langsung bisa diupacarai. Mengingat ada upacara nuasen ngodakin pralingga di Pura Khayangan Tiga Desa Adat Takmung. Dengan demikian, jenazah Jro Mangku dititipkan di ruang jenazah RSUD Klungkung selama satu minggu, hingga hari baik untuk upacara Ngaben tiba.

"Nanti pasti ada upacara pecaruan di Pura karena piodalan di Pura Dalem Pemuteran akan berlangsung saat Hari Tumpek Landep," jelasnya seraya mengatakan pihak keluarga dan prajuru akan rapat untuk membahas hal tersebut. (dia).