JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA - fajarbali.com | Menyikapi persebaran Virus Corona yang makin menggila, Pemerintah Kabupaten Klungkung langsung menyusun sejumlah strategi. Tak hanya di tingkat kabupaten tetapi juga hingga ke desa. Melalui Surat Edaran Bupati nomor 0412.21/5040/ DPMDPPKB, para Perbekel diimbau untuk proaktif melakukan pencegahan di wilayahnya masing-masing dengan memanfaatkan APBDes. 

 


Selasa (31/3/2020), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Klungkung, I Wayan Suteja menyampaikan, untuk melakukan pencegahan Virus Corona di tingkat desa, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta sudah menerbitkan surat edaran kepada para berbekel se-Kabupaten Klungkung. Ada dua poin yang diutarakan dalam surat edaran tertanggal 23 Maret tersebut. 

Pertama, pihak desa dapat melakukan upaya pencegahan Virus Corona dengan memanfaatkan APBDes masing-masing. Kedua, apabila dalam APBDes tahun 2020 belum dianggarkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, agar segera melakukan pergeseran antar objek belanja melalui mekanisme perubahan peraturan perbekel dengan mengacu pada pasal 49 peraturan Bupati Klungkung nomor 67 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Menindaklanjutii surat edaran tersebut, Suteja mengatakan saat ini pihak desa sudah mulai bergerak. Bagi yang belum mengalokasikan anggaran, maka masing-masing desa akan melakukan penelusuran, terkait anggaran kegiatan yang bisa 'digeser'. "Anggaran yang digeser ini berbeda-beda di masing-masing desa. Jadi masing-masing desa melakukan penelusuran anggaran yang bisa digeser untuk biaya pencegahan Covid-19," jelasnya. 

Sedangkan untuk pemanfaatannya, pejabat asal Kabupaten Karangasem ini menegaskan, pihak desa bisa menggunakan anggaran tersebut untuk membeli alat ataupun bahan yang dibutuhkan untuk tindakan pencegahan. "Anggaran bisa digunakan untuk pembelian disinfektan, dan alat-alat kebersihan yang berhubungan dengan pencegahan penyebaran Virus Corona," imbuhnya. (dia).