JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA - fajarbali.com | Sempat 'menghilang', kini aktivitas gelandangan dan pengemis (Gepeng) kembali ramai di wilayah Klungkung. Dengan tempat tinggal yang berpindah-pindah, jajaran Satpol PP Klungkung pun sempat kesulitan melakukan penertiban. Namun, setelah melakukan pengintaian panjang, akhirnya pada Selasa (11/2/2020) malam, tempat persembunyian belasan gepeng tersebut berhasil terendus saat mereka tertidur pulas. 

 


Kepala Pelaksana Satpol PP dan Damkar Klungkung, I Putu Suarta mengungkap, pihaknya cukup kesuliatan untuk mendeteksi tempat persembunyian para gepeng tersebut. Anggota Satpol PP semula ingin melakukan penertiban saat mereka mengemis di seputaran Pasar Seni, Pasar Galiran, serta Senggol. Tetapi, rencana tersebut gagal, lantaran para gepeng yang terdiri atas ibu-ibu dan anak di bawah umur ini berlarian. "Saat mereka menggepeng sulit kami lakukan penangkapan karena mereka berlari dan kami juga tidak ingin menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya Rabu (13/2/2020). 

Gagal dengan strategi pertama, Putu Suarta memastikan jajaranya tidak menyerah. Cara alternatif yang ditempuh adalah dengan mengintai tempat persembunyian para gepeng tersebut. Setelah diikuti, rupanya rombongan gepeng yang terdiri atas 5 orang perempuan dewasa dan 8 orang anak-anak kisaran 4 -10 tahun tersebut tidur di emperan toko di Jalan Darmawangsa. Nah, saat para gepeng yang semuanya berasal dari Desa Tianyar Tengah, Karangasem tersebut tertidur lelap, anggota Satpo PP pun terjun melakukan penertiban. 

"Kami lakukan pengintaian tempat tidurnya,  akhirnya kami temukan di depan toko Jalan Darmawangsa. Saat mereka tidur nyenyak, kami bangunkan dan kami angkut ke kantor," jelas pejabat asal Lingkungan Pegending tersebut. 

Selanjutnya, usai diamankan di Kantor Satpol PP,  belasan gepeng tersebut akan dikembalikan ke tempat asal mareka. Tapi tentunya sebelum pemulangan, Satpol PP akan berkoordinasi dengan OPD yang membindangi, yakni Dinas Sosial Klungkung. "Besok pagi (kemarin) kita kembalikan ke daerah asalnya. Kami mohon Kadis Sosial menugaskan staf yang menangani gepeng untuk datang ke Kantor Satpol PP jam 06.00 Wita. Kemudian sama-sama kita pulangkan mereka ke Karangasem," jelas Putu Suarta. (dia).