JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA - fajarbali.com | Pergantian tahun semakin dekat, untuk memastikan semua proyek infrastruktur berjalan sesuai ketentuan, Rabu (18/12/2019) Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan sidak. Ada sejumlah proyek infrastruktur di Klungkung daratan yang didatangi. Hasilnya, bupati mendapati masih ada proyek yang belum tuntas. Bahkan untuk pembangunan pasar desa, akan dievaluasi. Mengingat, pasar desa yang dibangun di lantai dua rupanya kurang diminati oleh masyarakat. 

 

 


Dalam inspeksinya kali ini, Bupati Suwirta didampingi oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klungkung. Setelah meninjau sejumlah proyek pembangunan pasar desa, Bupati Suwirta pun menugaskan agar Kepala Dinas Koperasi segera melakukan evaluasi. Lantaran menurut bupati, sejauh ini bangunan pasar desa yang dirancang di lantai dua kurang merakyat. Banyak yang akhirnya sepi pengunjung karena dinilai terlalu tinggi ataupun jauh. 

"Khusus untuk pasar desa, saya sudah menugaskan Dinas Koperasi ke depan agar pengalokasian pasar di Desa ini benar-benar di evaluasi. Mengapa demikian, karena pasar-pasar di desa yang kita bangun di lantai dua ternyata tidak begitu diminati oleh masyarakat dengan berbagai macam alasan baik itu ketinggiannya ataupun kejauhan. Maka dari itu untuk ke depan ini menjadi evaluasi agar pasar yang kita bangun tidak hanya sekadar mengejar output tetapi nantinya akan sampai ke outcome atau manfaat yang diberikan masyarakat secara langsung terutama untuk meningkatkan kesejahteraannya," papar Bupati Suwirta. 

Untuk 'menghidupkan', para Perbekel maupun Jero Bendesa diharapkan dapat berinovasi dengan mengkolaborasikan pasar desa dengan kegiatan-kegiatan anak muda. Misalnya membuat coffe time maupun kegiatan lainnya. Langkah ini dilakukan agar generasi muda mempunyai kegiatan yang positif. 

Sementara untuk Blok A Pasar Seni Semarapura, diungkapkan saat ini pemasangan ekskalator sudah selesai dan sudah dapat dioperasikan. Bahkan di tahun 2020 mendatang, akan ditambah AC, sehingga Pasar Seni Semarapura benar-benar nyaman untuk dikunjungi. Bupati Suwirta optimis, lambat laun pasar ini bisa menjadi pasar modern bagi UMKM khas Klungkung.

Selain menyoroti infrastruktur pasar, Bupati Suwirta juga sempat meninjau pembangunan Sekolah TK Negeri Kelurahan Tengah. Yang mana, hingga saat ini, pengerjaannya belum tuntas. Progres pembangunan dikatakan molor hingga 60 persen dari waktu yang sudah ditentukan. "Oleh sebab itu, saya sudah tugaskan dinas terkait untuk kedepannya benar-benar melakukan evaluasi dan memberikan catatan khusus kepada para rekanan agar ke depan mereka bisa bekerja lebih maksimal lagi dan tidak asal-asalan," tegas bupati asal Nusa Ceningan ini. 

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Umum Kabupaten Klungkung, I Gusti Ngurah Agung menyampaikan inspeksi pembangunan proyek infrastruktur di wilayah Klungkung Daratan meliputi sejumlah lokasi. Diantaranya, pengadaan pembangunan pasar-revitalisasi Pasar Desa Tusan dengan pagu anggaran senilai Rp1.324.000.000, pembangunan Pasar rakyat Desa Bungbungan dengan pagu anggaran senilai Rp1.528.000.000, pembangunan gedung baru dan penataan halaman sekolah TK Negeri Kelurahan Semarapura Tengah dengan pagu anggaran senilai Rp 350.000.000. 

Selain itu, proyek yang sempat ditinjau adalah pemasangan eskalator dan mekanikal elektrik di Blok A Pasar Semarapura dengan pagu anggaran senilai Rp1.806.309.321, pembangunan gedung tempat olahraga yaitu revitalisasi lapangan Dawan dengan pagu anggaran senilai Rp1.415.100.000, penambahan ruang kelas baru SMP Negeri 3 Dawan dengan pagu anggaran senilai Rp4.949.800.000 dan pembangunan pasar rakyat desa Dawan Kaler dengan pagu anggaran senilai Rp1.528.000.000. 

"Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk mengetahui seberapa jauh proses pengerjaan proyek tersebut dari waktu yang sudah disepakati sebelumnya, agar nantinya bisa diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan prosedur yang berlaku," jelasnya. (dia).