JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Rencana pembangunan tanggul abrasi di pesisir Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung mengundang tanda tanya.

Lantaran, tahun 2019 ini, Balai Wilayah Air Bali Penida hanya memfokuskan anggaran untuk titik tersebut. Padahal warga sangat berharap, abrasi di pantai Tegal Besar juga ditangani. Apalagi sebelumnya, tanggul pengaman yang dibangun di timur pantai Lepang tersebut belum tuntas dikerjakan.

Perbekel Negari, Gusti Agung Ngurah Agung menjelaskan, pihaknya juga tidak paham mengapa proyek pembangunan tanggul abrasi seolah 'melompat' ke pesisir Lepang. Padahal, tanggul di pesisir Pantai Tegal Besar juga belum selesai dikerjakan. Apalagi saat ini abrasi di titik tersebut juga sangat parah. Bahkan sudah mengikir tempat melasti hingga bangunan villa.

"Mungkin karena ada pihak hotel, mungkin itu yang membackup, sehingga proyek tanggul pengaman pantai dibangun di Lepang. Tapi kami juga khawatir dengan abrasi di pantai Tegal Besar. Karena mengancam tempat upacara pemelastian warga,” ungkapnya.

Di sisi lain, Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klungkung, I Made Jati Laksana menjelaskan, tahun ini pembangunan tanggul abrasi memang hanya difokuskan di sepanjang pesisir Lepang. Anggaran yang digunakan bersumber dari APBN sebesar Rp7,7 Miliar. Tanggul yang akan dibangun sepanjang 280 meter dan dikerjakan selama 134 hari kerja. Minggu (15/9) sejumlah material bangunan seperti batu dan alat berat nampak sudah ada di lokasi. "Tanggul pengaman pantai yang dibangun tahun ini sekitar 280 meter," ungkapnya.

Menurut Made Jati, ada sejumlah pertimbangan yang mendasari Balai Wilayah Air Bali Penida memprioritaskan pembangunan tanggul di pesisir Lepang. Salah satunya, mencari titik antar muara. Dengan demikian, nantinya pembangunan fisik pengaman pantai tersebut tidak terputus. Sedangkan untuk tahun-tahun mendatang, barulah pembangunan tanggul akan dialihkan ke Pantai Tegal Besar. "Tahun ini pembangunan hanya di Pantai Lepang, untuk di pantai Tegal Besar, sudah masuk pengusulan untuk penanganan selanjutnya," imbuhnya. (dia)