JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Tahapan panjang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 telah berakhir. Rabu (14/8), rapat paripurna peresmian pengangkatan dan pengucapan sumpah/janji DPRD Kabupaten Klungkung periode 2019-2024 digelar.

Kegiatan yang dilangsung di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya tersebut disaksikan oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta beserta Wakil Bupati, I Made Kasta. 

Pelantikan yang dimulai pada pukul 10.00 Wita, diawali dengan prosesi mejaya-jaya. Selanjutnya, para anggota legislatif periode 2014-2019, mengakhiri masa jabatannya melalui rapat paripurna. Ketua DPRD Klungkung periode 2014-2019, I Wayan Baru mengucapkan terima kasihnya kepada masyarakat Klungkung yang telah mendukung kinerja anggota dewan selama ini. Tak lupa, dirinya juga mengucap selamat kepada para anggota dewan terpilih. Tahapan pelantikan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Sekretaris Dewan, Wayan Sudiarta. Kemudian pengucapan sumpah/janji DPRD Kabupaten Klungkung periode 2019-2024 yang dipandu oleh Ketua Pengadilian Negeri Semarapura, Ayun Kristiyanto.

Usai pengucapan sumpah/janji, langsung dilakukan pengumuman pimpinan sementara DPRD Klungkung. Wayan Sudiarta menyampaikan, hal tersebut mengacu pada Pasal 34 ayat 2 Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tatib Dewan DPRD Kabupaten/Provinsi. Dalam peraturan itu, disebutkan bahwa selama belum terbentuk pimpinan definitif, maka DPRD akan dipimpin oleh pimpinan sementara. Hal ini berlaku maksimal selama satu bulan. 

Sebagai pimpinan sementara, A.A Gde Anom dari PDIP dipilih sebagai Ketua DPRD sedangkan wakilnya dijabat oleh I Wayan Baru dari Partai Gerindra. Sedangkan terkait tugas pimpinan dewan sementara, diantaranya memimpin rapat DPRD dan memfasilitasi penyusunan tata tertib dewan. Tak ketigalan, pimpinan sementara juga wajib mengawal proses penetapan pimpinan DPRD definitif. "Pimpinan dewan sementara ini bertugas maksimal satu bulan. Tapi tergantung rapat-rapat nanti, semakin cepat semakin baik. Saya optimis seminggu atau dua minggu sudah kelar," ujar Sudiarta. 

Seusai pelantikan, Ketua DPRD Klungkung sementara, A.A Gde Anom juga menyampaikan hal senada. Pihaknya menarget selama satu bulan ke depan, sudah terbentuk pimpinan dewan definitif. Oleh karena itu, dalam waktu dekat dirinya akan menuntaskan pembentukan fraksi, komisi, serta alat kelengkapan dewan. "Satu bulan ini harus sudah selesai, jadi September atau November sudah selesai dan sudah definitif. Dua hari lagi kami akan rapat bentuk fraksi, bentuk alat kelengkapan dewan, juga komisi. Dalam minggu ini harus sudah selesai," targetnya. 

Sementara Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta juga tak ketinggalan memberi selamat kepada para anggota dewan terlantik. Dirinya mengajak para anggota dewan periode 2019-2024 untuk bersama-sama membangun Klungkung. Meskipun diyakini akan ada dinamika di tengah perjalanannya, namun hal itu dipastikan hanya disebabkan oleh pola pikir yang berbeda. Namun tujuannya sama, yakni untuk kesejahteraan masyarakat Klungkung.

"Saya mengajak bapak dan ibu anggota DPRD yang dilantik untuk bersama-sama membangun Klungkung menuju Kabupaten yang unggul dan sejahtera," ujar Bupati Suwirta dalam acara pelantikan yang turut disaksikan oleh Panglisir Puri Klungkung, Ida Dalem Semaraputra, para jajaran OPD, serta unsur Muspida tersebut. (dia)