JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Peristiwa mistis mewarnai karantina anggota Paskibra Kabupaten Klungkung di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Banjarangkan. Pada Minggu (11/8) malam, tujuh orang anggota Paskibra perempuan sempat mengalami kesurupan. Bahkan hingga dua jam, para remaja putri tersebut baru berhasil disadarkan. 

Peristiwa kesurupan inipun dibenarkan oleh Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta. Menurutnya, pada Hari Minggu dirinya yang juga sebagai pembina Paskibra Klungkung ini harusnya memberi pembekalan tentang disiplin Paskibra. Namun, karena sedang tidak sehat, Wabup Kasta diwakilkan oleh Asisten III Pemkab Klungkung, Wayan Sumarta. Nah, seusai pembekalan itulah, tepatnya sekitar pukul 21.00 Wita, tiba-tiba tujuh anggota Paskibra perempuan kesurupan. 

Lantaran tidak menyaksikan secara langsung, Wabup Kasta yang dihubungi pihak panitia sempat memberikan saran agar anggota yang kesurupan diperciki Tirta. Apalagi selama kesurupan yang berlangsung hingga dua jam tersebut, para anggota Paskibra tersebut perprilaku aneh. Ada yang meminta sesaji berupa permen, susu, geti geti, serta pisang emas kembar. "Saya sempat sarankan agar diperciki tirta dengan memakai tiga batang daun dadap. Agar semuanya cepat sadar,” ujarnya Senin (12/8).

Pasca peristiwa niskala tersebut, Wabup asal Desa Akah inipun menyarankan agar digelar upacara Rsi Gana di SKB. Mengingat lokasi bangunan SKB yang dinilai angker. Lantaran berada di dekat Tukad Melangit dan disekitarnya juga ada beji atau tempat mesucian.

Diberitakan sebelumnya, jelang dimulainya karantina anggota Paskibra Kabupaten Klungkung di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Banjarangkan sudah digelar Upacara Pecaruan. Upacara macaru tersebut dilangsungkan, Rabu (7/8) sekitar pukul 09.00 Wita. Aura magis sempat terasa menjelang prosesi upacara dilaksanakan. Bahkan salah satu pegawai SKB mengalami kesurupan di sebelah barat gedung aula yang dipergunakan sebagai tempat pertemuan dan kelas belajar.

Dalam kondisi kesurupan, pegawai tersebut terlihat seperti menyembah-nyembah dan berlari ke arah Pura Padmasana SKB. Situasi tersebut sempat disaksikan Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta yang sedang melakukan kunjungan ke SKB Banjarangkan.


Wabup Kasta yang hadir saat upacara macaru tersebut menyampaikan, pihaknya sempat mendapat laporan bahwa dalam kegiatan karantina sebelumnya banyak anggota Paskibra yang mengalami kesurupan. Wabup yang juga seorang penekun spiritual ini menilai banyak bangunan atau tempat dilokasi ini tidak sesuai dengan asta kosala kosali. Untuk menghindari terulang kembali ditahun ini, dilakukan Upacara Pecaruan dan Prayascita di semua ruangan. (dia)