JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Warga Desa Nyanglan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung kini bisa tersenyum lebar. Jalan penghubung sepanjang 2,2 kilometer segera akan terbangun melalui kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-105. Mobilitas warga dipastikan semakin lancar, demikian pula dengan komoditi pertanian yang kian mudah dipasarkan. 

Rabu (10/7/2019), kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-105 tahun anggaran 2019 tersebut, secara resmi dibuka melalui upacara yang dilangsungkan di Lapangan Umum Pau, Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan. 

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta turut hadir, demikian pula Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang bertindak selaku inspektur upacara. 

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1610 Klungkung, Letkol Czi Paulus Joni Simbolon menyampaikan, program TMMD ke-105 tahun ini akan mengerjakan pembukaan jalan sepanjang 2,2 kilometer dan lebar 5 meter di Desa Nyanglan. Anggaran bersumber dari Pemkab Klungkung sebesar Rp1 Miliar dan dari KODIM 1610 sebesar Rp300 juta. Jalan baru ini nantinya akan membuka akses transportasi darat dari Desa Nyanglan menuju desa Tihingan. Selain itu, pengerjaan jalan ini juga akan membuka akses jalan menuju Air Terjun yang berhasil ditemukan dan diberi nama Air Terjun Tirta Tiyasa Udayana. Kelak, air terjun ini akan dikembangkan menjadi objek wisata. 

Kegiatan TMMD ini tidak hanya fokus pada pembangunan badan jalan, tetapi juga memberi bantuan pembuatan dua buah jamban dan bedah rumah KK miskin, yakni Nyoman Arga di desa setempat. Sebanyak 150 orang personil dari unsur TNI dikerahkan, ditambah personil POLRI dan warga sekitar. Pengerjaan akan dilangsungkan mulai 10 Juli hingga 8 Agustus 2019 mendatang. Selama kegiatan tersebut, seluruh personil TNI yang terlibat akan menginap di rumah-rumah warga. 

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengungkap, Desa Nyanglan merupakan desa yang memerlukan terobosan. Utamanya untuk membuka akses, karena lokasinya yang berada di sekitar perbukitan. Dengan pembukaan akses jalan ini, diharapkan komoditi pertanian dan mobilitas penduduk bisa seperti desa lainnya yang lebih maju. "Terkait bedah rumah yang juga dilakukan dalam TMMD ini, saya menyampaikan terima kasih karena turut serta dalam upaya Pemkab Klungkung menuntaskan Bedah rumah di tahun 2020," ujarnya. 

Sementara, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati berharap kegiatan seperti ini akan semakin banyak dilakukan. Menurutnya, program semacam ini lebih cepat dan efisien. Manfaatnya pun dapat langusng dirasakan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. (dia)