JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Sejalan dengan pesatnya perkembangan Nusa Penida, pertumbuhan akomodasi pariwisata juga seolah tak bisa dibendung.

Sayangnya, banyak penginapan, homestay, bahkan hotel yang belum mengantongi izin. Selasa (9/7), Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta pun membahas permasalahan ini bersama instansi terkait. Rencananya, untuk memudahkan pungutan pajak, Pemkab akan menerbitkan izin bersyarat kepada akomodasi bodong tersebut. 

Di tengah rapat yang melibatkan Tim Perijinan Terpadu (TPT), Bupati Suwirta menyampaikan, Nusa Penida merupakan daerah kepulauan. Oleh karena itu, Pemkab harus berani melakukan diskresi, untuk mengatasi persoalan terkait perizinan. Sehingga akomodasi pariwisata di Nusa Penida yang belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) segera bisa mengantongi izin.

"Segera akan kita berikan izin bersyarat. tentu kita mengacu pada Perda yang kita miliki serta mengacu pada peraturan menteri terkait dengan pengaturan zonasi RDTR di masing-masing Kabupaten," ujar Bupati Suwirta. 

Untuk mempercepat realisasi rencana tersebut, Bupati Suwirta menugaskan Tim Perizinan Terpadu untuk segera melakukan kajian. Utamanya, mendata penyebab banyaknya akomodasi pariwisata gagal untuk memiliki izin. Hasil kajian tersebut akan digunakan sebagai acuan untuk penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) terkait pemberian izin bersyarat tersebut. 

"Saya tugaskan tim perizinan untuk segeea melakukan semua proses pembuatan Peraturan Bupati (Perbup) mengenai pemberian izin bersyarat tersebut. Saya berikan waktu dua minggu ke depan. Tolong segera selesaikan," tegasnya dalam rapat yang dilangsungkan di kediaman Bupati di Banjar Siku, Desa Kamasan tersebut.

Menurut Bupati asal Nusa Ceningan ini, pemberian izin bersyarat kepada akomodasi pariwisata sangatlah penting. Yakni untuk mempermudah dalam pemungutan pajak. Apalagi Pemkab Klungkung juga akan menerapkan pungutan pajak hotel dan restoran (PHR) secara online. Dirinya pun berharap, dalam waktu dekat semua akomodasi pariwisata di kepulauan Nusa Penida yang menjadi kewenangan Kabupaten segera akan memiliki izin.

"Nanti segera akan ada keputusan, apakah yang bersangkutan layak diberikan izin bersyarat atau tidak. Sehingga kedepannya semua pengusaha yang ada di Nusa Penida ini, tidak saling berdalih  kenapa izin mereka belum keluar. Nanti semua akan mendapatkan kepastian izin," tegas Bupati Suwirta. (dia)