JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Di kala Pemerintah Kabupaten Klungkung gencar melakukan validasi data kemiskinan di tingkat desa, fakta-fakta baru pun banyak terungkap.

Salah satunya, kisah pilu lansia Desak Putu Siji (75) yang hidup sebatang kara. Tak hanya sendirian di masa senjanya, warga Br. Kaleran Desa Satra Kecamatan Klungkung ini juga menderita patah tulang pada paha kanannya. Dengan kondisi demikian, Desak Putu Siji sehari-hari harus bertumpu pada bantuan para tetangganya.

Menindaklanjuti kondisi Desak Putu Siji yang cukup memprihatinkan, Kamis (4/4/2019) Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta pun  berkunjung ke rumah tuanya. Saat itu, Desak Putu Siji terlihat hanya mampu berbaring di atas dipan. Jangankan melakukan aktivitas sehari-hari, untuk menggerakkan tubuhnya saja nampak sangat sulit. Beruntung, ia masih memiliki sisa uang penjualan tanah warisan dan juga tetangga yang rutin menjenguk serta menyediakan makanan untuk lansia sebatang kara ini.

Lebih lanjut, Wabup Made Kasta yang juga selaku Ketua PMI Klungkung mengimbau perangkat desa yang turut hadir supaya senantiasa memperhatikan warganya. Mendata dan melaporkan warganya yang layak untuk mendapat bantuan. Sehingga tidak ada warga yang terlantar apalagi jika kondisinya seperti Desak Putu Siji.  

“Kita mendapat laporan bahwa ada lansia sakit dan kurang mampu  yang katanya tidak mendapat bantuan, untuk itu kita turun melihat langsung ke lapangan untuk memastikan kebenarannya. Mereka harus mendapat perhatian dan bantuan semua pihak.  Perbekel saya harap segera mendata warganya yang layak untuk mendapat bantuan dan selanjutnya dilaporkan ke Dinas Sosial Pemberdayaan dan Pelindungan Anak Klungkung. Sehingga kami bisa langsung tindak lanjuti,” ujar Wabup Kasta didampingi Sekertaris PMI Ngakan Made Mintu.

Agar kesehatan Desa Putu Siji pulih kembali, Wabup Kasta juga meminta agar prajuru desa mencari solusi. Sehingga ia mendapat pelayanan kesehatan dan pengobatan yang layak. Dalam kesempatan tersebut, Wabup Kasta juga menyerahkan bantuan kursi roda dan sembakau kepada Desak Putu Siji.

Sementara Perbekel Desa Satra, Dewa Putu Oka Arsana yang turun hadir dalam kunjungan tersebut menyampaikan, Desak Putu Siji sudah terdaftar sebagai anggota BPJS. Di samping itu, pihaknya pun sudah berupaya melakukan pengobatan di puskesmas dan rumah sakit. Namun, ketika Desak Putu Siji harus dioperasi di RS Sanglah, tidak ada yang menunggui sehingga Desak Putu Siji batal dioperasi.

“Sesuai perintah dari Bapak Wakil Bupati Made Kasta, kami akan berupaya mencarikan solusi sehingga Desak Putu Siji akan segera mendapat pengobatan yang layak,” ujar Dewa Arsana. (dia)