JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Polres Klungkung mulai melakukan koordinasi pengamanan, jelang Hari Raya Nyepi, Kamis (7/3/2019) mendatang.

Titik-titik rawan pun dipetakan. Apalagi, sebelum Hari Raya Nyepi, juga digelar upacara melasti serangkaian Tawur Agung Panca Wali Krama dan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih yang melintasi wilayah Klungkung. Ratusan personil Polres Klungkung sudah disiapkan untuk mengamankan rangkaian upacara tersebut.

Rapat koordinasi yang dilangsungkan di ruangan monitoring center tersebut dipimpin oleh Waka Polres Klungkung, Kompol Ida Bagus Dedi Januartha. Disampaikannya, menjelang perayaan Nyepi, dipastikan banyak Umat Hindu yang melaksanakan upacara melasti di pantai-pantai yang ada di wilayah Klungkung.

"Terkait dengan itu maupun rangkaian acara lainya, kita sebagai aparat wajib waspada terhadap kehadiran banyak orang saat upacara melasti," ujarnya.

Sementara, Kabag Ops Polres Klungkung, Kompol I Nyoman Suarsika juga mengingatkan sejumlah agenda keagamanan sebelum Hari Raya Nyepi yang juga perlu mendapat pengamanan. Diantaranya, melasti dalam rangka Tawur Agung Panca Wali Krama dan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih yang dilangsungkan pada tanggal 2 Maret mendatang.

Rute yang akan dilalui dalam kegiatan melasti tersebut meliputi Pura Puseh Gembalan, Pasar Desa Celebong, Catus Pata Kerta Gosa, Catus Pata Desa Tojan, kemudian menuju Segara Watu Klotok (Ngaturang Tawur). Terakhir, kembalinya pada jalur yang semula, menuju Pura Penataran Sengguan.

Keesokan harinya, sekira pukul 04.00 wita upacara melasti serangkaian Tawur Agung Panca Wali Krama dan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih akan berlanjut menuju Pura Puseh Tubole melewati jalur Sengguan, Simpang tiga Kali Unda belok kiri menuju Satria, lanjut menuju wilayah Karangasem. "Untuk mengamankan rangkaian upacara keagamaan tersebut, Polres Klungkung menurukan 176 Personil," ujar Kompol Suarsika. (dia)