JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Warga Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung memiliki cara unik untuk mewujudkan cita-citanya sebagai desa wisata. Minggu (24/2/2019), seluruh komponen masyarakat bergerak berburu sampah plastik.

Melalui kegiatan yang dinamakan Ketog Semprong Bersih-bersih Sampah Plastik ini, warga memungut sampah mulai dari pinggir jalan hingga ke selokan-selokan.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta juga nampak ikut bergabung dalam aksi bersih-bersih sampah plastik tersebut. Acara diawali dari depan kantor desa Besan dilanjutkan dengan penanaman pohon perindang oleh Bupati Suwirta dan Prajuru Desa. Selanjutnya ratusan peserta yang sudah melengkapi diri dengan kantong dan penjapit sampah menyebar dan berburu sampah dari jalan hingga selokan dan sungai yang kering. Begitu juga Bupati Suwirta yang datang bersama seluruh anggota keluarganya nampak tidak canggung ikut turun keselokan untuk berburu sampah plastik.

“Desa Besan dengan potensi alamnya yang indah dan aneka produk kerajinan tradisional seperti gula merah dan dodolnya sangat mungkin untuk diwujudkan menjadi Desa Wisata. Sekarang kita dan seluruh komponen masyarakat desa memulai dari hal yang paling sederhana yaitu perburuan sampah plastik, karena sampah plastik sudah merusak pemandangan alam dan mencemari setiap sudut tempat di sekitar kita,” ujar Bupati Suwirta.

Setelah bergerak hampir dua jam, peserta kembali berkumpul ke depan Kantor Desa dengan membawa plastik hasil buruannya. Tampak puluhan kantong sampah besar berhasil dikumpulkan. Sampah tersebut akan diolah di TOSS desa setempat.

“Aksi ini sangat efektif untuk mengurangi pencemaran sampah plastik. Saya harap kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan dan saya berharap desa yang lain akan tergerak untuk melakukan hal yang sama. Bayangkan jika seluruh desa mampu melakukan perburuan sampah plastik ini, pasti akan bagus sekali hasilnya,” imbuh Bupati Suwirta optimis.

Sementara, ketua panitia yang juga merupakan Ketua Pokdarwis, Nengah Supastawa mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka ulang tahun Villa Bella Kita yang ke-2 serta untuk mendukung terwujudnya objek wisata Desa Besan. Dirinya berinisiatif menggerakkan seluruh masyarakat membersikan sampah plastik yang telah banyak mencemari lingkungan Desa Besan. Selaku Ketua Pokdarwis, dirinya berupaya kegiatan ini dapat digelar secara berkelanjutan. (dia)