JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-fajarbali.com | Melihat manfaat pemasangan CCTV di ruang publik, tahun ini Pemerintah Kabupaten Klungkung berencana untuk menambah 10 buah CCTV.

Delapan diantaranya akan dipusatkan di Lapangan Puputan Klungkung. Mengingat banyak aktivitas digelar di lokasi tersebut, sehingga membutuhkan pengawasan ekstra. Ditambah lagi dengan aksi pengrusakan lampu hias di Lapangan Puputan yang terjadi beberapa waktu lalu. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Klungkung, I Wayan Parna, Minggu (27//20191) mengungkap pemasangan CCTV di ruang publik ini sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Sampai saat ini sudah ada 12 CCTV yang terpasang di sejumlah titik. Meskipun jumlahnya terbatas, namun banyak manfaat yang sudah dirasakan.

Tidak hanya oleh masyarakat, tetapi juga berperan penting dalam mengungkap sejumlah kasus laka lantas hingga kejahatan. Sehingga tak heran, bila petugas kepolisian kerap meminta rekaman CCTV tersebut. 

"Petugas kepolisian memang sering datang untuk melihat rekaman CCTV ini untuk pengungkapan kasus,” ujarnya. 

Berkaca dari banyaknya manfaat tersebut, Wayan Parna mengimbuhkan tahun ini Pemkab Klungkung akan menambah 10 buah CCTV. Yang mana 8 diantaranya akan dipasang di Lapangan Puputan Klungkung. Sedangkan 2 buah sisanya belum dipastikan. Lantaran masih menunggu persetujuan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. "Dua CCTV sisanya masih menunggu persetujuan Bapak Bupati, di mana nanti lokasi yang tepat," imbuhnya. 

Lebih lanjut Wayan Parna menyampaikan, pemusatan CCTV di Lapangan Puputan didasari oleh sejumlah alasan. Diantaranya, banyak kegiatan yang digelar di Lapangan Puputan, terutama oleh anak-anak sehingga diperlukan pengawasan ketat. Di samping itu, pihaknya juga tidak ingin peristiwa pengrusakan lampu hias oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab terulang kembali. Dengan dipasangnya CCTV di sejumlah titik, maka pengawasan akan lebih mudah dilakukan. 

Sejauh ini diakui memang ada sejumlah kendala dalam pengadaan CCTV. Utamanya tentu saja masalah keterbatasan anggaran. Di samping itu yang tak kalah penting adalah jaringan sinyal. Hal ini pula yang menjadi kendala utama dalam pemasangan CCTV di Kecamatan Nusa Penida. Sehingga sampai saat ini, hanya terpasang satu CCTV di Nusa Penida yang ditempatkan di Jembatan Kuning. "Sinyal itu penting dalam pemasangan CCTV, agar berfungsi dengan baik," jelasnya.  (dia)