JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography
SEMARAPURA-fajarbali.com | Setelah melalui tahapan panjang, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung akhirnya resmi menyandang status sebagai desa wisata. Aan menjadi desa wisata ke-19 di Kabupaten Klungkung. Pesona alampun menjadi objek wisata andalannya. Mulai dari air terjun hingga museum yang sudah siap untuk dikunjungi para wisatawan.

Desa Aan ditetapkan sebagai desa wisata ke-19 berdasar Peraturan Bupati Klungkung Nomor 8 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Nomor 2 tahun 2017 Tentang Penetapan Desa Wisata. SK tersebut diserahkan langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang dieterima oleh Perbekel Desa Aan, I Wayan Wira Adnyana di Balai Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan Minggu (6/6/2021).

Desa Aan memiliki beragam potensi alam. Sejumlah potensi tersebut di antaranya sumber air yang melimpah, perbukitan dengan pemandangannya yang menakjubkan, hamparan persawahan serta berbagai potensi lainnya. Selain itu ada sejumlah daerah tujuan wisata dan sarana penunjang Yakni, Museum Sukanta Wahyu, Air Terjun Celek Celek, Air Terjun Gebyug, Aan Secret Waterfall, pelukatan/pesiraman, Monumen Batu Kembar, jalur tracking di tengah persawahan, candi selamat datang, pasar UMKM, program wisata menginap di rumah warga, serta potensi wisata lainnya.

Baca Juga :
100 hari Kerja, Bupati Tamba Beberkan Capaian Program
Polantas Polres Badung Larang Gunakan Knalpot Brong


Bupati Suwirta mengakui Desa Aan memang memiliki potensi keindahan alam luar biasa. Bupati bahkan telah dua kali menjelajahi desa tersebut. Lebih lanjut Bupati Suwirta mendorong pengembangan semua potensi di masing masing-masing desa “Potensi yang luar biasa ini tidak boleh disia-siakan, dan harus dikembangkan. Selamat kepada Desa Aan, " Ujar Bupati Suwirta didamping Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, A.A Gede Putra Wedana.

Dengan ditetapkannya Desa Aan sebagai desa wisata. Maka saat ini Kabupaten Klungkung memiliku 19 desa wisata yang tersebar di empat kecamatan. Yakni di Kecamatan Banjarangkan diantaranya, Desa Wisata Tihingan, Timuhun, dan Bakas. Kemudian di Kecamatan Klungkung, Diantaranya Desa Wisata Kamasan, Tegak, Gelgel, serta Besan. Di Kecamatan Dawan, diantaranya Desa Wisata Pesinggahan, Paksebali. Selanjutnya di Kecamatan Nusa Penida, diantaranya Desa Wisata Jungutbatu, Lembonga, Ped, Batu Kandik,  Tanglad, Pejukutan, Batu Nunggul, Klumpu, serta  Suana. (dia)