JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography
SEMARAPURA-fajarbali.com | Puluhan Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di wilayah Bukit Tengah, tepatnya di Banjar sukahati, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung amat merindukan perbaikan akses jalan menuju rumah mereka. Sayangnya, karena akses jalan yang berstatus aset milik Telkom, maka perbaikan tak bisa diupayakan melalui dana desa.

Oleh karena itu, para warga akhirnya memutuskan memperbaiki jalan sepanjang 2 kilometer tersebut dengan dana swadaya. Minggu (30/5/2021), Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta didampingi Camat Dawan, I Dewa Gede Widiantara, serta Perbekel Pesinggahan, I Nyoman Suastika terjun meninjau perbaikan akses jalan menuju Bukit Tengah tersebut.

Wabup Kasta sangat mengapresiasi semangat warga yang rela menggunakan dana swadaya untuk memperbaiki akses jalan. Selama ini perbaikan tersendat, lantaran status lahan yang merupakan milik Telkom. Sehingga dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah tidak bisa digunakan. Warga khawatir berpotensi menyalahi aturan.

Baca Juga :
Ketaatan Memilah Sampah di Perkotaan Menurun, Bupati Tegur Warga, Pelanggar Akan Disanksi Tipiring
Dukung Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019, Desa Sibetan dalam Pengelolaan Sampah


Lebih lanjut, Wabup Kasta menghimbau agar Perbekel Pesinggahan segera melakukan koordinasi dengan pihak Telkom. Sehingga kelak bisa dibuatkan perjanjian agar dana desa dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki jalan. Apalagi akses jalan tersebut merupakan akses utama yang selama ini dipergunakan oleh masyarakat yang bermukim di bukit.

Sementara, I Nyoman Suastika mengatakan jumlah warga yang bermukim di Bukit Tengah berjumlah 65 KK. Total ruas jalan yang diperbaiki sepanjang 2 kilometer, dan sampai saat ini sudah tergarap 45 persen. Untuk pendanaannya, semua dana yang digunakan bersifat swadaya. Selama ini warga bergotong-royong untuk memperbaiki jalan tersebut secara mandiri.

"Sejauh ini perbaikan jalan sudah menghabiskan semen 200 sak, koral 5 truk dan pasir 5 truk," ujarnya.

Pihaknya juga berharap, setelah akses jalan menuju Bukit Tengah tuntas diperbaiki, kelak bisa menjadi penunjang untuk mengembangkan kawasan Bukit Tengah menjadi destinasi wisata. Mengingat di Bukit Tengah tengah sedang ramai dikembangkan bumi perkemahan dengan view sunrise yang bisa disaksikan dari puncak bukit. (dia)