JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography
SEMARAPURA - fajarbali.com | Baru beberapa hari 'pulih' Kapal Roro Nusa Jaya Abadi secara mengejutkan kembali tidak beroperasi sejak Senin (4/1/2021).


Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung pun membantah bahwa Kapal Roro kembali mengalami kerusakan. Justru sebaliknya, saat ini kapal tersebut sedang menjalani cek mesin oleh Biro Klarifikasi Indonesia (BKI) pasca ujicoba yang dilakukan pada akhir Desember 2020 lalu.

"Bukan rusak, itu memang ada SOPnya dari BKI begitu. Habis ujicoba, dicek mesin lagi. Itu standarnya memang begitu dari BKI," bantah Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, I Nyoman Sucitra.

Ditegaskan oleh mantan Kasatpol PP Klungkung ini bahwa operasional Kapal Roro yang dilakukan sejak Rabu (30/12/2020) lalu tersebut hanya dalam rangka ujicoba saja. Nah, setelah ujicoba usai, kemudian kapal wajib menjalani cek mesin lagi oleh PT. BKI. Selama cek mesin ini akan dipastikan, kapal bantuan dari Pemprov Bali tersebut sudah benar-benar siap berlayar baik untuk trip jarak dekat ataupun jauh. "Mulai hari ini (kemarin) tidak beroperasi, istilahnya saat ini sedanf pengecekan mesin setelah ujicoba. Ujicoba memang cuma sekali cukup, tapi sekarang kan ditrip, dia d!ri jarak dekat dari jarak jauh bagaiman? Memang SOPnya begitu dari BKI," jelasnya.

Proses pengecekan mesin ini dilakukan di Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida. Namun, Sucitra tidak bisa memastikan kapan pengecekan mesin tersebut akan berakhir dan kapan Kapal Roro bisa beroperasi lagi. Dirinya juga memastikan, penyeberangan penumpang maupun barang ke Nusa Penida ataupun sebaliknya tidak akan terganggu. Meskipun belum ada kepastian mengenai jadwal Kapal Roro akan beroperasi. Lantaran untuk penyeberangan barang sudah biasa dialihkan ke kapal LCT. Sedangkan penyeberangan penumpang bisa dengan boat cepat melalui pelabuhan-pelabuhan tradisional di Kusamba.

"Sebenarnya tidak masalah, karena untuk angkutan lain, ada LCT untuk angkutan barang, dan untuk angkutan orang ada di Kusamba. Sebenarnya kalau LCT tidak ada baru bisa macet," imbuhnya.

Lebih lanjut terkait adanya keluhan masyarakat kala Kapal Roro tidak beroperasi secara mendadak, Sucitra memastikan sebelumnya pihaknya sudah membuat pengumuman. Pengumuman tersebut sudah ditandatangi sejak Minggu (3/1/2021). Kemudian diposting di media sosial, selain itu khusus di Pelabuhan Padang Bay dan Nusa Penida pengumuman itu juga sudah ditempel. Hanya saja, Sucitra menduga karena hanya selisih satu hari, sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui informasi tersebut.

"Baru kemarin (Minggu) diumumkan, Hari Minggu baru tanda tangan sehingga banyak masyarakat yang tidak tahu hari ini (Senin) Kapal Roro tidak beroperasi," ujarnya.

Sementara Kabid Angkutan dan Sarana Dinas Perhubungan Klungkung, Komang Sudiarta juga memberi penjelasan senada. Prihal tidak beroperasinya Kapal Roro ini dikarenakan sedang dilakukan perbaikan dan cek mesin setelah diujicobakan pada akhir tahun 2020 lalu. Di samping itu, tim mekanik juga melakukan pengelasan retakan-retakan pada bagian pisang-pisang kapal. Mengingat bagian tersebut sering berbenturan saat proses sandar di pelabuhan. "Nanti saya cek lagi, mudah-mudahan besok (hari ini) bisa beroperasi lagi. Karena sekarang kondisi airnya bagus jadi kita kerjakan sekarang," jelasnya.

Dipastikan pula, meski Kapal Roro masih dalam masa cek mesin, penyeberangan barang ataupun penumpang tidak akan terganggu. Bahkan sejak jauh-jauh hari pihaknya sudah membuat pengumuman. Lantas, jika masih ada keluhan dari masyarakat, diyakini hal itu muncul dari pihak-pihak yang tidak pernah menggunakan Kapal Roro. "Itu yang komplin bukan pengguna Nusa Jaya Abadi. Penumpang orang kan kebanyakan pakai boat. Selain itu kita kan sudah siapkan 2 kapal LCT untuk angkut barang. Jadi semua tetap berjalan. Kami sudah sosialisasikan," tegasnya.

Untuk diketahui, Kapal Roro Nusa Jaya Abadi sempat 'beristirahat' nyaris dua bulan di Surabaya setelah mengalami kerusakan karena dihantam gelombang. Setelah perbaikan tuntas, kemudian pada Selasa (29/12/2020) lalu, Kapal Roro tiba di Klungkung. Keesokan harinya, Rabu (30/12/2020), kapal yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung tersebut sudah beroperasi lagi. (dia).