JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography
SEMARAPURA - fajarbali.com | Sambungan pipa transmisi mata air Rendang, Karangasem kembali mengalami kebocoran. Akibatnya, Minggu (15/11/2020) ribuan pelanggan PDAM Klungkung yang berada di wilayah Kecamatan Klungkung tak memperoleh distribusi air bersih. Upaya perbaikan sudah dilakukan, namun PDAM belum dapat memastikan kapan air bisa mengalir normal kembali.


"Kita usahakan hari ini (Minggu (15/11/2020) perbaikan selesai. Ini sekarang masih dikerjakan. Besok (hari ini) mudah-mudahan air bisa ngalir. Tapi masih tahap normalisasi jadi distribusi air masih belum normal, karena pipa sempat kosong," ujar Direktur PDAM Klungkung, Nyoman Renin.

Dijelaskan, kebocoran sambungan pipa transmisi mata air Rendang terjadi pada Minggu (15/11/2020) dini hari. Pemicunya, karena aliran listrik PLN sempat padam, kemudian saat listrik menyala terjadi tekanan balik. Sehingga sambungan pipa jenis High Density Polyethylene (HDPE) atau plastik yang menggunakan sistem pompa tersebut mengalami kebocoran.
"Sambungan-sambungan pipa HDPE ini memang rawan dengan kebocoran," ujarnya seraya memastikan saat ini timnya sudah terjun untuk melakukan perbaikan.

Akibat kebocoran tersebut mayoritas pelanggan di wilayah Kecamatan Klungkung yang jumlahnya mencapai 15.000 dipastikan terdampak. "Pelanggan di Kecamatan Klungkung jumlahnya ada15.000, mayoritas pelanggan di kota pasti terdampak. Kecuali beberapa sambungan rumah yang menggunakan sambungan pipa dari mata air Bajing atau sumur bor Balai Budaya," imbuhnya.

Nah, untuk memastikan kebutuhan air bersih warga tetap terpenuhi, selama proses perbaikan, PDAM Klungkung sudah melakukan droping air. Yakni dengan menggunakan 4 mobil tangki. Meliputi, satu unit mobil tangki PDAM, dibantu mobil tangki BPBD, DLHP, dan Damkar masing-masing satu unit. Sejumlah staf PDAMpun disiagakan di kantor untuk melayani jika sewaktu-waktu ada warga yang membutuhkan droping air bersih.

Tersendatnya distribusi air PDAM ini juga sempat dikeluhkan oleh warga. Apalagi hal ini bukan kali pertama terjadi. Sehingga banyak warga yang menyampaikan keluhan baik di media sosial (medsos) ataupun secara langsung. Kejadian berulang tersebut sangat disayangkan, mengingat sebelumnya, pada Minggu (5/10/2020) lalu PDAM Klungkung sudah
melakukan 'peremajaan' dengan mengganti sambungan pipa sambungan mat air Rendang di sejumlah titik. Yakni dari High Density Polyethylene (HDPE) atau plastik menjadi pipa Ductile Cast Iron Pipe (DCI) atau pipa besi. (dia).